Ikan Bawal Air Tawar (Collossoma macropomum)

Ikan Bawal merupakan ikan yang bersal dari sungai Amazon Brazil. Ikan ini sangat mirip penampilannya dengan ikan piranha Dengan badan yang pipih dan bulat dan warna kulit keperak – perakan, memiliki lubang hidung yang besar, dan warna ujung sirip berwarna merah atau kuning. Ikan bawal termasuk jenis ikan carnivora sama halnya dengan Piranha. Ikan bawal biasa hidup bergerombol dalam jumlah yang kecil, makanannya adalah udang, siput, katak, dan ikan-ikan kecil.

Ikan Bawal Air tawar

Ikan bawal merupakan jenis ikan yang cukup poluper di pasar ikan konsumsi. ikan bawal tawar memiliki poluparitas yang tidak kalah baiknya diantara ikan tawar lain. Budidaya ikan bawal menjadi pilihan banyak petani karena beberapa hal antara lain: pemeliharaan yang mudah, cepat besar dan mudah dipasarkan. Di Brazil, bawal banyak ditemukan di sungai Amazon dan sering juga ditemukan di sungai Orinoko, Venezuela. Hidupnya bergerombol di daerah yang aliran sungainya deras dan ditemukan pula di daerah yang aliran sungainya tenang, terutama saat benih.


Klasifikasi Ilmiah

Filum : Chordata
Kelas : Pisces
Ordo : Cypriniformes
Famili : Characidae
Genus : Colossoma
Spesies : Colossoma macropomum

Dari arah samping tubuh bawal tampak membulat ( oval ) dengan perbandingan antara panjang dan tinggi 2 : 1. Bila dipotong secara vertikal, bawal memiliki bentuk tubuh pipih (compresed) dengan perbandingan antara tinggi dan lebar tubuh 4 : 1. Bentuk tubuh seperti ini menandakan gerakan ikan bawal tidak cepat seperti ikan lele atau grass carp, tetapi lambat seperti ikan gurame dan tambakan.

Sisiknya kecil berbentuk ctenoid, dimana setengah bagian sisik belakang menutupi sisik bagian depan. Warna tubuh bagian atas abu-abu gelap, sedangkan bagian bawah berwarna putih. Pada bawal dewasa, bagian tepi sirip perut, sirip anus, dan bagian bawah sirip ekor berwarna merah. Warna merah ini merupakan ciri khusus bawal sehingga oleh orang Inggris dan Amerika disebut red bally pacu.


Dibanding dengan badannya, bawal memiliki kepala kecil dengan mulut terletak di ujung kepala, tetapi agak sedikit ke atas. Matanya kecil dengan lingkaran berbentuk seperti cincin. Rahangnya pendek dan kuat serta memiliki gigi seri yang tajam. 

Bawal memiliki 5 buah sirip (pinnae), yaitu sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip anus, dan sirip ekor. Sirip punggung tinggi kecil dengan sebuah jari-jari agak keras, tetapi tidak tajam, sedangkan jari-jari lainnya lemah. Berbeda dengan sirip punggung bawal laut yang agak panjang, letak sirip ini pada bawal air tawar agak ke belakang. Sirip dada, sirip perut, dan sirip anus kecil dan jari-jarinya lemah. Demikian pula dengan sirip ekor, jari-jarinya lemah, tetapi berbentuk cagak. 

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa bawal tergolong omnivora pada masa kecilnya (larva), namun setelah besar bawal lebih bersifat karnivora. Jenis hewan yang paling disukai adalah crustacea, cladocera, copepoda, dan ostracoda. 
Sumber : http://bangkittani.com


Pada umur dua hari setelah menetas, mulut larva mulai terbuka, tetapi belum bisa menerima makanan dari luar tubuh, makanannya masih dari kuning telurnya. Umur empat hari, kuning yang diserap oleh tubuh sudah habis dan pada saat itulah larva mulai mengonsumsi makanan dari luar. Apabila diamati kebiasaan makannya, bawal tergolong ikan yang lebih suka makan di bagian tengah perairan. Dengan kata lain, bawal bukanlah ikan yang biasa makan di dasar perairan (bottom feeder) atau di permukaan perairan (surface feeder). 

Membedakan bawal jantan dan betina pada saat masih kecil memang sulit. Beberapa tanda yang bisa dilihat adalah bawal betina memiliki tubuh yang lebih gemuk, sedangkan bawal jantan selain lebih langsing, warna merah pada perutnya lebih menyala. Apabila sudah matang gonade, perut betina akan terlihat gendut dan gerakannya lamban. Adapun bawal jantan selain agresif juga akan mengeluarkan cairan berwarna putih susu bila dipijat ke arah anus. 

Seperti ikan lainnya, bawal pun biasanya memijah pada awal dan selama musim hujan. Di Brazil dan Venezuela, kejadian itu terjadi pada bulan Juni dan Juli. Adapun di negara-negara lainnya, bawal dapat mengikuti musim yang ada, misalnya di Indonesia kematangan gonad bawal terjadi pada bulan Oktober sampai April. 

Sebelum musim pemijahan tiba, induk yang sudah matang akan mencari tempat yang cocok untuk melakukan pemijahan. Daerah yang paling disukai adalah hulu sungai yang biasanya pada musim kemarau kering, sedangkan pada musim hujan tergenang. Daerah yang seperti ini memberikan rangsangan dalam memijah.

Benih ikan bawal
Sumber : https://kabartani.com/
Dalam bak budidaya saat pemijahan berlangsung, induk jantan akan mengejar induk betina. Induk betina kerap kali akan membalas dengan cara menempelkan perut ke kepala induk jantan. Apabila telah sampai puncaknya, induk betina akan mengeluarkan telur dan induk jantan akan mengeluarkan sperma. Telur yang telah keluar akan dibuahi dalam air (di luar tubuh). 

Ikan bawal merupakan ikan budi daya yang masih cukup baru diperkenalkan di industri perikanan Indonesia, namun karena hasil penyebarannya mendapat respon dari para petani ikan, jumlahnya konsumsi ikan bawal semakin hari semakin meningkat. Ikan bawal memiliki rasa daging yang gurih dan enak, meski cukup banyak duri pada dagingnya. 

Sebagai ikan konsumsi ikan ini sekarang menjadi alternative baru. Bahkan beberapa petani ikan yang sebelumnya memelihara ikan Nila dan Ikan Mas beralih memelihara ikan bawal, karena potensi ekonomi yang lebih menguntungkan. Hal ini yang telah dilakukan para pembudidaya Keramba Jaring Apung (KJA) di waduk Cirata. 

 waduk cirata
Sumber : http://www.trobos.com


Referensi :
http://bimomix.wordpress.com/mengenal-ikan-bawal/
http://gemawirausaha.blogspot.com/2012/01/bisnis-ikan-bawal.html
http://pemancing.com/ikan-bawal

bibit ikan bawal

Tag Post : ikan bawal air tawar, ikan bawal air laut, ikan bawal air tawar atau laut, ikan bawal air tawar enaknya dimasak apa, ikan bawal air, ikan bawal air payau, ikan bawal air tawar terbesar, ikan bawal air tawar vs piranha, ikan bawal air apa, ikan bawal air fryer, kandungan gizi ikan bawal air tawar, klasifikasi ikan bawal air tawar, khasiat ikan bawal air tawar, kebiasaan makan ikan bawal air tawar, kolam ikan bawal air tawar, karakteristik ikan bawal air tawar, kelebihan ikan bawal air tawar, harga ikan bawal air tawar per kg, harga ikan bawal air tawar 1 kg, cara budidaya ikan bawal air tawar di kolam terpal, makanan ikan bawal air tawar, makanan favorit ikan bawal air tawar, manfaat ikan bawal air tawar, masakan ikan bawal air tawar, morfologi ikan bawal air tawar, mengenal ikan bawal air tawar, masak ikan bawal air tawar, masa panen ikan bawal air tawar, resep masak ikan bawal air tawar, ukuran maksimal ikan bawal air tawar, pertumbuhan ikan bawal air tawar, pakan ikan bawal air tawar, penyakit ikan bawal air tawar, pemeliharaan larva ikan bawal air tawar, pembenihan ikan bawal air tawar pdf, pemijahan ikan bawal air tawar, pakan alternatif ikan bawal air tawar, padat tebar ikan bawal air tawar, pengepul ikan bawal air tawar, perbedaan ikan bawal air tawar dan ikan bawal air laut, jenis ikan bawal air tawar, jurnal ikan bawal air tawar pdf, jual bibit ikan bawal air tawar, jual ikan bawal air tawar, jurnal ikan bawal air tawar, jurnal pembenihan ikan bawal air tawar pdf, jual benih ikan bawal air tawar, umpan jitu ikan bawal air tawar, umpan jitu untuk ikan bawal air tawar, harga ikan bawal, harga ikan bawal per kg, harga ikan bawal 1 kg, harga bibit ikan bawal, harga ikan bawal laut per kg, habitat ikan bawal, harga ikan bawal per kg 2021, harga ikan bawal putih, harga ikan bawal bakar, harga ikan bawal per kg 2022, budidaya ikan bawal, bumbu oles ikan bawal bakar, bumbu ikan bawal bakar, bumbu ikan bawal goreng, bibit ikan bawal, bumbu ikan bawal bakar sederhana, bumbu pesmol ikan bawal, bibit ikan bawal terdekat, bumbu pepes ikan bawal, budidaya ikan bawal tanpa ganti air biota dunia perairan, blog dunia perairan.

Post a Comment for "Ikan Bawal Air Tawar (Collossoma macropomum)"





close