20 September 2012

Ikan Arwana Genus Osteoglossum & Clupisudis



Ikan Arwana tersebar luas dari kawasan Asia (Asia Tenggara), Australia, Afrika (Mesir, Nigeria, Afrika Barat), hingga Amerika (Amerika Utara, Brasil, Kolumbia, dan Sungai Amazon). Arwana dengan genus Sclerophages banyak tersebar di Asia dan Australia, sedangkan arwana dari genus Osteoglossum banyak tersebar di Amerika, dari Brazil hingga negara-negara di Amerika Utara. Pada arwana dengan genus Clupisudis banyak dijumpai di sungai nil.

Genus Osteoglossum 

Osteoglossum bicirrhosum (Arwana Silver)

Arwana denga spesies Osteoglossum bicirrhosum banyak ditemukan di Sungai Amazon, Amerika Selatan. Kendatipun demikian, negara asal arwana ini adalah brazil. Karenanya arwana ini lebih dikenal dengan nama arwana brasil. Warna tubuh arwana brasil yang keperak-perakan akan tampak lebih indah memesona saat diterpa cahaya matahari atau lampu akuaium. Bentuk tubuhnya yang pipih, memanjang, dan tidak terlalu lebar menyebabkan arwana ini menyerupai naga. kareananya, arwana ini juga dijuluki arwana naga perak.

Sumber : aqua-fish.net
Sumber : seriouslyfish.com
Warna dan bentuk tubuh arwana silver akan berubah seiring dengan pertambahan usia. Saat masih kecil warna sisik tubuhnya terlihat kebiru-biruan dengan bentuk tubuh meruncing kebelakang. Begitu dewasa warnanya berubah menjadi perak kehijauan dan merata di sekujur tubuh. Demikian juga dengan bentuk tubuh terlihat lebih ideal dan proposional. Warna sirip punggung, sirip bawah, dan sirip ekor arwana silver merupakan kombinasi dua warna, yakni merah muda dan hijau toska. Pada tahun 2003, harga satu ekor arwana silver berukuran 15-20 cm sekitar 100-150 ribu.


Jam Tangan Unik Slapia 

Osteoglossum ferreira (Black Brazil/Black Arwana)

Sesuai dengan namanya, arwana black brazil juga berasal dari brazil. penampilan fisik arana ini serupa dengan arwana silver. Perbedaanya hanya pada warna sisiknya. Sebenarnya julukan Black (hitam) yang disandangnya ternyata tidak selaras dengan warna sisiknya. Warna hitamnya lebih dominan saat arwana ini masih kecil hingga menjelang remaja. Setelah dewasa warna sisik arwana black brazil berubah menjadi perak kekuningan. Kemudian, warna hitam ini akan menghilang dengan sendirinya. Sisa-sisa warna hitam hanya akan tampak transparan di bagian perut dan sirip.

Sumber : aquariaveldhuis.nl
Sumber : forums.waterwolves.com
Ciri lain arwana black brasil yaitu pada sirip punggung dan sirip perutnya tampak menyatu dengan sirip ekor. Sirip-sirip ini berwarna biru muda hingga biri tua dan di bagian tepinya berwarna merah. Sisik tubuh arwana black brazil memancarkan kilauan sinar putih perak semburat biru. Karena itu, arwana hitam sesungguhnya lebih tepat disebut dengan arwana biru karena tubuhnya disominasi semburat biru. Arwana black brazil ini menurut para hobiis lebih indah dibandingkan dengan arwana silver dan harganya pun lebih mahal. Awal tahun 2003, seekor arwana black brazil ukuran 12-15 cm harganya Rp250-350 ribu.

Genus Clupisudis

Clupisudis niloticus atau Herotus nilotic (Nile Arowana)

Arwana Clupisudis niloticus atau Herotus nilotic dikenal juga denga sebutan africian bonytongued. Arwana ini banyak dijuampai di Sungai Nil, sehingg sering disebut dengan arwan nil (nile arwana). Arwana nil ini memiliki bentuk tubuh gepeng dan mulut kecil. Warna sisik tubuhnya akan berubah seiring denga bertambahnya usia. saat kecil warna sisik tubuh arwana ini kuning kemrahan dengan kombinasi kehitam-hitaman dan setelah dewasa berubah menjadi cokelat susu.
Sumber : bloggang.com
Sumber : global.rakuten.com
Di habitat aslinya, panjang tubuh arwana ini bisa mencapai 90 cm. Sementara, jika dipelihara di akuarium ukuran tubuhnya hanya 40-50 cm. Uniknya arwana ini tidak mengerami telur di dalam mulutnya, tetapi membangun sarang busa di dasar sungai untuk menyimpan telur hingga menetas. 



Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Silver_arowana / Terjemahan Meitri Setiyo
http://en.wikipedia.org/wiki/Black_arowana / Terjemahan Meitri Setiyo
Emilia, SP, "Arwana si Ikan Naga", Jakarta, AgroMedia Pustaka, 2002
Apin, "memilih Anakan & Meningkatkan Kualitas Arwana", Jakarta : AgroMedia Pustaka, 2004


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online


2 comments:

  1. wahhhh mantap infonya ! emang raja laut ni blog !! maju terus perairan indonesia

    ReplyDelete
  2. wah ini dia ikan yang banyak di gandrungi para pecinta ikan hias hehehe,,,makasih gan infonya salam

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini