08 October 2012

Jenis Jenis Ikan Maskoki



Ikan Maskoki (Carassius auratus), semenjak pertama kali ditemukan hingga dipelihara orang, sampai sekarng terdapat kurang lebih 15 macam maskoki yang telah dikenal dan digemari oleh masyarakt. Tentu saja ini belum termsuk jenis-jenis persilangan baru yang dianggap belum waktunya untuk dipasarkan. Untuk mengenali jenis-jenis maskoki, berikut penjelasan singkat 15 jenis maskoki : 

1. Pearl Scale (Sisik Mutiara)
kuliah-ikan.blogspot.com
Penggemar ikan hias sering menjuluki maskoki ini dengan sebutan Pear Scale dengan alasan lebih universal. Sisik di tubuh maskoki ini berwarna putih, muncul ke permukaan, dan bergerigi, sehingga tampak seperti mutiara (pearl). Maskoki mutiara mudah dikenali karena bentuknya tubuhnya berbentuk bulat sebesar bola pingpong. Siripnya berjumlah enam buah. Maskoki mutiara umumnya berwarna dasar merah atau jingga dengan sisik berwarna kuning putih bebercak hitam atau kuning keemasan. Maskoki jenis ini terbagi dua tipe; pertama tipe maskoki yang berjambul dan biasa disebut mutiara berjambul, dan tipe kedua adalah maskoki yang tidak berjambul atau populer dengan julukan koki bola pingpong. Di Indonesia saat ini dikembangkan maskoki sisik mutiara berjambul hasil persilangan.


2. Calico (Kaliko)


budidayanews.blogspot.com
Maskoki kaliko cukup banyak penggemarnya karena kombinasi warna tubuhnya menarik. Umumnya kombinasi warna tersebut tampak berpadu secara acak. Oleh sebagian hobiis, maskoki kaliko dianggap paling baik sehingga harganya lebih tinggi dibandingkan dengan maskoki yang berwarna tunggal. Semakin lengkap dan serasi campuran warnanya, harganya juga akan semakin mahal. Maskoki kaliko dengan berbagai warna ini dinamakan kaliko pancawarna. Tubuh kaliko agak bundar dan memiliki kepala relatif kecil dengan mulut sedikit runcing. Sirip ekor dan sirip punggungnya cukup panjang sehingga tampak indah saat berlenggak-lenggok. Ciri khas dari kaliko yang sangat digemari terutama adalah kombinasi warna pada tubuhnya yang terdiri atas hitam, putih, kuning emas dan merah.

3. Lion Head (Kepala Singa)
anismerahku.wordpress.com
Keindahan dan keunikan maskoki jenis ini terletak di kepalanya yang berjambul berwarna oranye sehingga ia tampak seperti singa (lion). Jambul maskoki lion head umumnya berwarna jingga kemerahan, sementara sisik tubuhnya berwarna kuning keemasan. Tubuh maskoki lion head tampak gemuk, bulat, pendek, dan sedikit bungkuk. Jenis ini tidak memiliki sirip punggung. Yang ada hanya sirip dada, sirip perut, dan sirip ekor yang beukuran relatif pendek. Variannya yang juga cukup dikenal bernama lion head slayer. warna tubuhnya mirip dengan lion head, yakni kuning agak keemasan, namun yang membedakannya adalah sirip ekornya sedikit lebih panjang.

4. Ranchu (Koki Ganteng)
kuliah-ikan.blogspot.com
Maskoki Ranchu ditemukan di Jepang sekitar tahun 1784. Dengan demikian, maskoki ini termasuk jenis yang cukup tua. Di Jepang maskoki ini paling disenangi sehingga disebut ranchu (koki ganteng). Beberapa hobiis berpendapat maskoki ranchu merupakan salah satu varian dari maskoki lion head. Sepintas bentuk tubuhnya mirip dengan maskoki tersebut. Perbedaannya adalah gelembung dikepala maskoki ranchu lenih luas hingga mencapai pipinya. Di sinilah letak nilai jual maskoki ranchu. 

5. Sukiyu/Pompon
budidayanews.blogspot.com
Sukiyu sering disebut juga dengan Pompon oleh pengusaha maupun konsumen ikan hias. Bentuk tubuhnya agak mirip dengan lion head. Ciri utama yang membedakannya dengan lain adalah adanya jaringan seperti lumut di hidung yang mirip kumis. 

6. Spencer (Oranda)
ikanhias47.blogspot.com
Bentuk tubuh maskoki pencer juga mirip lion head. Jambulnya berwarna jingga hingga merah. Tubuhnya berwarna kuning keemasan. Ciri maskoki pencer adalah terletak pada sirip dada dan sirip ekornya yang lebih panjang dibanding dengan maskoki lion head. Disamping itu, maskoki pencer memiliki sirip punggung, tidak seperti maskoki lion head. Maskoki ini di luar negeri lebih dikenal dengan nama Oranda. Sebagian besar pengusaha dan penggemar berpendapat bahwa maskoki lion head adalah hasil perkembangan dari maskoki pencer.

7. Tosa (Si Ekor Rumbai)

maskoki.comze.com
Jenis Tosa ini paling sering dijumpai pada setiap pedanggang dan peternak maskoki. Tubuhnya agak bundar dengan sirip punggung, dada dan perut serta ekor yang relatif panjang. Tosa atau kokitosa ini jika tumbuh dengan baik, panjang sirip ekornya dapat melebihi panjang tubuhnya. Ketika berenang, ekor yang panjang ini akan bergerak-gerak mengikuti gerakan arus air sehingga di luar negeri disebut veil tail (ekor rumbai).  


8. Bubble eye (Mata Balon)
kaskus.co.id

Maskoki ini disebut mata balon karena di bawah kedua matanya menggantung gelembung mirip balon. Gelembung tersebut sebenarnya menyulitkan dirinya untuk melihat dan bergerak leluasa. Karena itu, gerakan maskoki yang pada dasarnya sudah tidak lincah ini semakin terlihat lamban. Jika maskoki ini sedang bergerak, gelembung udara dimatanya akan bergoyang-goyan.



Bentuk maskoki mata balon sebenarnya hampir sama dengan maskoki lainnya. Namun, maskoki ini tidak memiliki sirip punggung. Dari perkawinan silang yang dilakukan oleh penangkar muncul maskoki mata balon yang bersirip punggung. jenis ini harganya justru lebih mahal dibandingkan dengan maskoki mata balon lainnya karena daya tahan hidupnya saat burayak sangat rendah. Persentase hidup saat burayak hanya sekitar 0.7 %.

 

Tubuh maskoki mata balon berbentuk bulat dan dilengkapi dengan sirip ekor yang mekar dan bercabang empat. Berdasarkan warnanya, dikenal tiga jenis maskoki mata balon yakni berwarna hitam pekat, jingga dan kombinasi antara merah, jingga, hitam dan putih. Keunukan maskoki mata balon adalah perubahan warna yang terjadi pada gelembung udara di bawah matanya. Ini terjadi seiring dengan perkembangan umurnya. Saat maskoki masih muda, gelembung tersebut berwarna kehijauan. Setalah dewasa, akan berubah menjadi hitam kekuningan. Sempurna tidaknya penampilan maskoki mata balon dilihat dari bentuk dan keseimbangan gelembung udara yang ada di bawah matanya. Maskoki mata balon bisa dinilai dari bentuk gelembung udaranya (bulat penuh), kekencangan, dan keseimbangan antara kiri dan kanan. Jika gelembung udaranya cacat, misalnya ukuran tidak seimbang atau salah satunya tampak kisut, harga jualnya akan turun.

9. Red Head 

maskoki.comze.com



Maskoki ini dijuluki red head (kepala merah) karena adanya sebagian warna merah tepat di atas kepalanya. Warna merah ini tampak indah jika dipandu dengan warna lain seperti kuning. Bentuk tubuh maskoki red head mirip dengan maskoki lion head, namun tubuhnya berwarna putih. Selain itu, ekor maskoki red head juga lebih panjang dan lebar dari pada maskoki lion head. Di kalangan petani ikan hias lebih mengenalnya dengan julukan maskoki resket.

10. Teleskop (Mata Teropong)

maskoki.comze.com

Maskoki ini dijuluki mata teropong karena matanya menonjol mirip teropong bintang atau teleskop. Bentuk tubuhnya sepintas mirp dengan maskoki kaliko. Tubuhnya ada yang berwarna hitam pekat atau terdiri atas paduan berbagai jenis warna yang indah.


11. Bulldog
intanpurnama.web.id

Julukan bulldog disandang karena raut wajah maskoki ini mirip anjing jenis bulldog. Ciri-cirinya mirip dengan maskoki teleskop, tetapi matanya tidak menonjol. Tubuh dan siripnya lebih mirip dengan maskoki spencer.

12. Black Moor
donifatar.blogspot.com
Bentuk tubuh maskoki black moor merupakan perpaduan dari maskoki tosa dan maskoki red head. Bagian kepala maskoki ini mirip dengan maskoki bulldog, tetapi sirip punggung dan ekornya lebih panjang. sesuai dengan julukannya, maskoki ini berwarna hitam pekat.

13. Celestial (Star Gazer)
informasi-budidaya.blogspot.com

Celestial juga merupakan salah satu jenis maskoki yang memiliki bentuk tubuh seperti lion head. Perbedaannya, mata maskoki jenis ini selalu mengarah ke atas seperti sedang melihat langit. Karena itu, maskoki ini dijuluki satar gazer atau si penonton langit. Keunikan maskoki ini juga tidak memiliki sirip punggung seperti halnya maskoki lion head.


14. Fan Tail (Si Ekor Kipas)
maulanams.multiply.com

Maskoki ini dijuluki si ekor kipas karena ekornya pendek mirip dengan kipas (fan tail). Bentuk dan warna tubuhnya mirip dengan maskoki tosa namun ukuran sirip punggung dan sirip ekornya lebih pendek.


15. Tosakin
archive.kaskus.co.id


spesialisfishcompany.blogspot.com

Keistimewaan maskoki ini terletak pada warna ekornya yang meriah mirip warna ekor burung nerak. Namun, bentuk dan warna tubuhnya tidak jauh berbeda dengan maskoki tosa."wah rasanya ingin memiliki semuanya ya,, cakep-cakep"




 
Referensi :

Ir. Evi Liviawaty dan Ir. Eddy Afrianto, Maskoki, Budidaya dan Pemasarannya, Yogyakarta: Kanisius, 1990
Ir.Yusuh Bachtiar, Mencagah Maskoki Mudah Mati, Jakarta: Agromedia Pustaka, 2005
http://budidayanews.blogspot.com/2011/02/jenis-jenis-ikan-mas-koki.html
http://maskoki.comze.com/jenis.html


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online


5 comments:

  1. Ikan ikannya Unik
    Komment Back : http://devilhackersquad.blogspot.com/2012/10/cara-deface-web-sekolah-schid-dengan.html

    ReplyDelete
  2. Ikan maskoki emang lucu-lucu gan.
    bagus banget kalo dipelihara di akuarium, sayangnya agak gampang mati kalo gak diberi sirkulasi air yang baik.
    Kunjungi blogku juga ya di Bagus Blog of Fisheries :D

    ReplyDelete
  3. All that we are is the consequence of what we have estimation. Wait… Has anyone exhorted dissertation for you. Keep the articles progressing !heathrow to w2 | minicab in w2

    ReplyDelete
  4. cantik2 euy ikan <a href="http://kuyahejo.com/jenis-ikan-koki-tercantik/>mas kokinya</a>

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini