14 November 2012

Ikan Sepat Mutiara (Trichogaster leeri)


Ikan Sepat Mutiara merupakan salah satu jenis ikan yang di golongkan dalam kategori ikan hias dan masuk dalam anggota suku gurami (Osphronemidae). Dalam bahasa inggris disebut Pearl Gourami, Mosaic Gourami, atau Lace Gourami. Ikan ini memiliki warna yang cantik berpola bintik seperti mutiara dan garis hitam di sisi tubuhnya. Mereka hidup di perairan tawar seperti rawa-rawa di dataran rendah yang berair sedikit asam. Di Indonesia, sepat mutiara banyak tersebar di daerah seperti Sumatera dan Kalimantan. Nama ilmiahnya adalah Trichogaster leeri.

Klasifikasi Ilmiah 

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes 
Famili : Osphronemidae
Genus : Trichogaster
Spesies : Trichogaster Leeri.

Ikan sepat mutiara merupakan ikan hias air tawar yang masih mempunyai hubungan keluarga dengan ikan sepat siam yang sering di konsumsi oleh masyarakat. Perbedaannya yaitu ikan sepat mutiara memiliki warna yang lebih indah sehingga sepat mutiara lebih dipilih untuk di pelihara didalam akuarium untuk di nikmati keindahan warna dan geraknya.
Sumber : id.wikipedia.org

Ciri-ciri sepat mutiara umumnya yaitu mempunyai badan yang memanjang dan pipih dengan mulut yang kecil memoncong dan runcing. Sirip anal panjang seperti benang, Sirip sebelah belakang menonjol keluar. Warna dasarnya sawo matang, sisi badanya kelabu kadang-kadang biru kehijauan. Panjang tubuhnya dapan mencapai 12 cm. Yang paling khas dari ikan ini ialah keindahan warna tubuhnya yang menyerupai manik-manik mutiara yang terpancar dari pola warnanya yang memikat. Hal ini yang menjadikan namanya ikan sepat mutiara.

Pada kerongkongan, sirip, perut, dan beberapa bagian sirip anal memiliki warna merah. Sisi badannya terpotong secara horizontal oleh garis yang berwarna hitam memanjang mulai mulut hingga pertengahan batang ekor. Akhir dari garis ini, pada batang ekor memanjang satu bintik hitam yang terlihat lebih besar dari pada garisnya sendiri. Pada sirip punggung, memiliki warna cokelat kekuningan dan pada saat birahi, warna perut jantan menjadi oranye. 



Ikan sepat mutiara jantan memiliki sirip yang panjang dan lancip, sedangkan pada betina memiliki sirip yang mebulat dan pendek. Selain itu, jantan masih dilengkapi hiasan warna merah pada leher dan perut yang tidak terdapat pada betina. Warna merah ini akan tambah menyala pada saat dia birahi. 

Habitat ikan sepat mutiara ini banyak terdapat di perairan tawar seperti rawa-rawa di dataran rendah dengan kandungan air yang sedikit asam. Kebiasaan hidupnya senang berada dekat permukaan air hingga setengah kedalaman air. Sepat mutiara tersebar mulai dari Thailand, Malaysia, Sumatera hingga Kalimantan Indonesia.

Ikan sepat mutiara dapat hidup dan berkembang biak pada perairan yang terbatas dan tergenang. Maka ikan ini biasa ditemukan pada perairan yang kecil pada genangan air dan rawa-rawa. Sifat makannya omnivora yaitu pemakan segalanya, baik itu hewani maupun nabati. Hidup pada suhu optimal 26-28 derajat selcius, pH 6,5 - 7,0 dan kesadahan air 6-8 dH. Sepat mutiara juga tergolong ikan yang setia dalam melrawat telur-telurnya. Setelah melakukan perkawinan, sepat mutiara jantan akan mengusir betina dan telur akan dijaga oleh sepat jantan hingga menetas.

Sumber : informasi-budidaya.blogspot.com
Sumber : http://clubbing.kapanlagi.com
Saat akan melakukan perkawinan, ikan sepat mutiara ini akan membuat sarang berbetuk busa yang berada di permukaan air untuk menyimpan telur-telurnya. Siklus hidupnya, telur yang sudah dibuahi oleh sepat jantan akan menetas selama 24 jam dan akan menjadi larva ikan selama satu minggu akan menjadi burayak dan kemudian akan menjadi sepat dewasa.

Sumber : koranbergambar.blogspot.com
Ikan sepat mutiara ini umumnya hanya di budidaya dan dipelihara orang untuk dinikmati keindahan saja. Dibanding dengan kerabatnya, sepat mutiara memiliki warna yang lebih memikatdan cocok ditempatkan didalam akuarium. Karena selain tubuhnya bermanik-manik juga sifatnya yang cinta damai. Ikan ini dapat bercampur dan berbaur dengan jenis-jenis ikan lainnya, namun sebaiknya jangan di gabungkan dengan ikan-ikan yang bersifat agresif atau terlalu aktif. Juga perlu dijaga agar akuarium tidak terlalu penuh yang dapat menyebabkan sepat mutiara gelisah. Tandanya, sepat jantan dapat tiba-tiba menyerang atau menggertak ikan lain yang terasa mengganggunya.




Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sepat_mutiara
http://nirwanaaquarium.blogspot.com/2011/05/ikan-sepat-mutiara-dan-pemeliharaannya.html
http://anambasberbagi.blogspot.com/2011/11/blog-post.html

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online


4 comments:

  1. keren ikannya.. dulu masih sering nemuin sepat yg warnanya warna warni ^_^, kek pelangi. kerenn

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya,, masih ada gk gan sekarang,,
      memang cantik ini ikan,,

      Delete

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini