02 May 2013

Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus)


Ikan Kerapu (Epinephelus fuscoguttatus) tergolong dalam famili serranidae, tubuhnya tertutup sisik-sisik kecil. Kebanyakan tumbuh didaerah terumbu karang dan sekitarnya, ada pula yang hidup disekitar muara sungai. Menurut Menurut Nontji (1987), nama kerapu biasanya digunakan untuk empat genus anggota famili serranidae yaitu Epinephelus, Variola, Plectropomus dan Cromileptes. Sebagian besar Geus anggota famili serranidae hidup diperairan relatif dangkal dengan dasar terumbu karang, tetapi beberapa jenis diantaranya dapat ditemukan dikedalaman sekitar 300 meter.

Kerapu macan termasuk kelompok ikan kerapu yang berharga tinggi. Jenis kerapu ini merupakan ikan yang hidup tersebar di berbagai perairan yang berkarang di Nusantara dan penyebarannya meliputi perairan di wilayah Indo-pasifik. 


Sumber : www.konsumenreview.com
Klasifikasi Ilmiah :

Phylum : Chordata 
Class : Teleostomi
Sub class : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Sub Ordo : Percoidae
Famili : Serranidae
Sub famili : Epinephilinae
Genus : Epinephelus
Spesies : Epinephelus fuscoguttatus

Identifikasi kerapu macan pertama kali dilakukan oleh Webwr dan Beaufort (1931), keduanya mendeskripsikan ikan tersebut mempunyai bentuk badan yang memanjang gepeng (Compressed) atau agak membulat, mulut lebar serong keatas dengan bibir bawah menonjol keatas. Rahang bawah dan atas dilengkapi dengan gigi geratan berderet dua baris, lancip dan kuat serta ujung luar bagian depan adalah gigi terbesar.

Sirip ekor umumnya membulat (rounded), sirip punggung memanjang dimana bagian jari-jarinya yang keras berjumlah kurang lebih sama dengan jari-jari lunaknya. Jari-jari sirip yang keras 6-8 buah, sedangkan sirip dubur berjumlah 3 buah, Jari-jari sirip ekor berjumlah 12-17 dan bercabang dengan jumlah 13-15. 

Warna dasar sawo matang, perut bagian bawah agak keputihan dan pada badannya terdapat titik berwarna merah kecoklatan serta tampak pula 4-6 baris warna gelap yang melintang hingga keekornya. badan diitutupi oleh sisik kecil, mengkilat dan memiliki ciri-ciri loreng.


Daerah penyebarannya dimulai dari Afrika Timur, Kepulauan Ryukyu (Jepang selatan), Australia, Taiwan, Mikronesia, dan Polinesia (Katayama, 1960). Di Indonesia ikan kerapu macan terdapat hampir diseluruh wilayah perairan seperti Teluk Banten, ujung Kulon, Kepulauan Riau, Kepulauan Seribu, Kepulauan Karimunjawa, Maduran, Kalimantan, dan Nusa Tenggara (Sugama dkk, 2001). 

Sumber :id.wikipedia.org
Dalam siklus hidupnya kerapu muda hidup diperairan karang pantan dengan kedalaman 0,5-3 meter, selanjutnya menginjak masa dewasa beruaya keperairan yang lebih dalam antara 07-40 meter. Biasanya perpindahan ini berlangsung pada siang dan seja hari. 

Telur dan larva bersifat pelagis sedang kan kerapu muda dan dewasa bersifat demersal (Tampubolon dan Mulyadi, 1989). habitat favot=rite larva dan kerapu muda adalah perairan pantai dekat muara sungai dengan dasar pasir berkarang yang banyak ditumbuhi padang lamun.

Ikan kerapu macan merupakan jenis ikan karnivora yang memangsa ikan-ikan kecil, kepiting dan udang-udangan. Di alam ikan kerapu macan makan sambil berenang di antara batu-batu karang, lubang atau celah-celah batu yang merupakan tempat persembunyiannya. 

Reproduksi ikan kerapu macan bersifat hemaprodit protogini, yakni pada tahap perkembangan mencapai dewasa (matang gonad) berjenis kelamin betina kemudian berubah menjai jantan setelah tumbuh besar atau ketika umurnya bertambah tua.  


Sumber : genuardis.net



Referensi :
http://bbpbl.djpb.kkp.go.id/index.php/profil/68-kerapu-macan.html
http://pande-artana.blogspot.com/2012/01/kerapu-macan.html
http://erren03.blogspot.com/2012/08/morfologi-kerapu-macan.html


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online


6 comments:

  1. Postingan menarik dan sangat membantu untuk memberikan pengetahuan yg sangat berguna terima kasih banyak sudah berbagi sobat

    ReplyDelete
  2. hiiii kayak monster ya ikannya....takutttt...hahayyyy.... jadi tahu jenis ikan langka2 nih saya bang

    ReplyDelete
  3. Ikan kerapu ternyata banyak jenisnya ya bang?

    ReplyDelete
  4. .. ikan preman nich. udah bertato pluz giginya menyeramkan lagi. huhh ..

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini