10 November 2013

Ikan Neon Tetra (Paracheirodon innesi)


Ikan Neon Tetra merupakan ikan hias air tawar yang maasuk dalam keluarga Characin (famili characidae, orde characiformes). Jenis tetra dari genus Paracheirodon merupakan ikan-ikan asli dari perairan Amerika Selatan yaitu perairan dalam di Tenggara Kolumbia, Peru Timur dan Brazil Barat, termasuk anak Sungai Solimoes yang memiliki suhu perairan antara 20 dan 26 derajat celcius. Neon Tetra memiliki warna yang cerah dan dari warnanya tersebut membuat ikan ini dapat terlihat pada perairan sungai pedalaman yang gelap dan hal ini merupakan salah satu sebab populernya ikan ini sebagai ikan hias.

Klasifikasi Ilmiah : 

 Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Actinopterygii
Orde : Chariciformes
Famili : Characidae
Genus : Paracheirodon
Spesies : Paracheirodon innesi

Sumber : ikanituindah.blogspot.com
Neon Tetra memiliki warna tubuh yang spektakuler dan bercahaya ditandai dengan garis biru horizontal disepanjang sisi tubuh dari hidung hingga sirip ekor serta garis warna merah yang dimulai pada pertangahan tubuh dan meluas ke posterior dasar sirip ekor. Pada punggungnya dihiasi warna hijau lembut dan untuk siripnya memiliki warna yang transparan. Ukuran tubuh maksimalnya hanya mencapai 3 cm.

Ikan ini dapat beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan namun cukup rentan apabila terjadi perubahan lingkungan secara drastis. Di alam neon tetra mendiami perairan yang sedikit asam dan kesadahan rendah dengan suhu berkisar antara 20 - 26 derajat celcius. umur ikan ini dapat mencapai 5 hingga 10 tahun.

Sumber : aquariumhias.blogspot.com
Ikan neon tetra sangat mudah untuk dipelihara di akuarium dengan air yang memiliki pH sekitar 5,0 - 7,0 dengan suhu menyerupai suhu di alamnya yaitu antara 20 - 26 derajat celcius. Karena ukurannya yang kecil sebaiknya apabila memelihara neon tetra di dalam akuarium tidak dipelihara bersama ikan yang berukuran besar atau ikan yang agresif.

Neon tetra bersifat omnivora pemakan segalanya baik dari bahan hewani maupun nabati diantaranya seperti makanan berupa flake food, udang-udang kecil, daphnia, bloodworms atau cacng darah beku dan kering, cacing tubifek serta dapat diberi makan pellet berukuran kecil.


Sumber : ikan-tetra.blogspot.com
Ikan neon tetra jantan dan betina dapat dibedakan dengan jelas melalui ciri-ciri dari bentuk dan warna pada tubuhnya. Pada ikan jantan garis berwarna biru pada tubuhnya berbentuk lurus horizontal serta betuk tubuhnya lebih ramping, sedangkan pada ikan betina garis birunya agak melengkung serta bentuk tubuh lebih pendek, perutnya cenderung lebih besar dari jantan.

perkembangbiakan ikan neon tetra dilakukan secara alami yaitu betina mengeluarkan telur dan diikuti jantan yang mengeluarkan sperma dan pembuahan telurpun terjadi di luar tubuh betina. Pemijahan Neon tetra berlangsung dengan suasana gelap yang umumnya kan terjadi pada malam hari. 

Neon Tetra Pictures


predatoryfishes.blogspot.com
akuariumhias.blogspot.com
pitarafishfarm.itrademarket.com

collectibles.lintas.me
Google Pict



Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Neon_tetra / 
http://pondokair.com/ikan_neontetra.html
http://fish-aquascape.blogspot.com/2012/11/budidaya-ikan-neon-tetra-paracheirodon.html
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online


6 comments:

  1. saat aku masih punya aquarium..aku pernah pelihara ikan neon tetra ini, tapi sekarang aquarium sudah nggak ada lagi..alias pecah berantakan :-)

    ReplyDelete
  2. ikannya cantik2 cantik yah, :)
    tapi saya belum punya akuarium nih

    ReplyDelete
  3. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan betta carotine untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini