27 February 2017

Ikan Kembung (Rastrelliger Spp)


Ikan Kembung adalah jenis ikan laut yang masuk ke dalam genus Rastrelliger dengan famili scombridae yang mana kembung juga masih satu kerabat dengan ikan Tenggiri, Tongkol, Tuna, dan Madidihang. Ikan kembung juga memiliki nama lain tergantung dari wilayah seperti di Ambon, ikan ini dikenal sebagai ikan lema atau tatere, di Makasar dikenal dengan sebutan banyar atau banyara. Kembung juga termasuk ikan pelagis yang memiliki nilai ekonomis cukup penting bagi para nelayan yang ada di Indonesia. Biasanya masyarakat mengolahnya menjadi dendeng, pindang, masakan peda, dan yang tidak kalah nikmat yaitu di olah menjadi ikan asin kering dan juga basah.

Klasifikasi Ilmiah :

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Ordo : Perciformes
Famili : Scombridae
Genus : Rastrelliger
Spesies : Rastrelliger brashysoma (Kembung Perempuan), 
Rastrelliger kangurta (Kembung Lelaki),
 dan Rastrelliger faughni (Kembung)


Secara umum, ikan kembung ini memiliki bentuk tubuh ramping dan panjang seperti torpedo. Bagian tubuh ditutupi dengan sisik halus dan sokselet dibagian belakang sirip dada, dan terdapat selaput lemak pada kelopak bagian mata. Lapisan insang tampak terlihat jelas bila mulut dibuka dengan jumlah mencapai 30-46 buah, sisik pada rusuk berjumlah 120-15- buah. Sirip punggung kedua berjari-jari keras dengan jumlah 10 buah dan sirip punggung berjari-jari lemah berjumlah 11-12 buah serta sirip dubur berjari-jari lemah juga berjumlah 11-12 buah.

Ikan kembung ini memiliki warna kebiruan kehijauan dibagian atas atau punggung dan bagian bawah atau perut memiliki warna putih kekuningan. Memiliki dua garis hitam dibagian punggung, satu garis hitam dekat sirip dada, bagian badan berwarna gelap memanjang diatas garis rusuk. Bagian sirip punggung memiliki warna abu-abu kekuningan, sirip ekor dan dada berwarna putih kekuningan. Panjang maksimum ikan kembung bisa mencapai 35 cm dan rata-rata panjang ikan umumnya mencapa 20-25 cm.

Ikan kembung merupakan jenis ikan yang aktif di siang hari (diurnal) yang banyak terdapat pada lapisan pelagis yaitu lapisan yang paling banyak terdapat cahaya matahari. Ikan - ikan pelagis umumnya muncul kepermukaan sebelum matahari terbenam dan biasanya mereka membentuk kelompok.


Penyebaran ikan kembung berdasarkan ruang dan waktu berhubungan erat dengan pencarian makanan dan pemijahan. Salah satu makanan utama ikan kembung yaitu dari jenis zooplankton, sehingga penyebaran ikan kembung mengikuti pergerakan horizontal dan vertikal dari plankton tersebut. 

Arah arus dapat menjadi penghalang bagi penyebaran jenis ikan tertentu, tetapi untuk jenis ikan lainnya arah arus menjadi bantuan bagi penyebarannya. Ikan-ikan perenang bebas seperti ikan kembung, ikan terbang, ikan tongkol, tengiri dan lain-lain dapat bergerak melawan arus, sehingga arus tidak menjadi penghalang melainkan membantu penyebarannya.

Kedalaman kelompok ikan-ikan pelagis banyak ditentukan oleh susunan suhu secara vertikal. Dengan pengertian bahwa ikan pelagis akan berenang sedikit ke sebelah dalam pada saat suhu permukaan lebih tinggi dari pada biasanya. Ikan kembung merupakan ikan pelagis, epipelagis dan neritik serte menyukai daerah yang memiliki suhu minimum 17 derajat celcius dan suhu optimum 20  – 30 derajat celcius.



Distribusi ikan kembung lelaki secara geografis sangat luas, kecuali bagian selatan perairan pantai Australia, bagian barat laut merah, dan bagian timur Jepang. Ikan kembung lelaki daerah penyebarannya hampir terdapat di seluruh perairan Indonesia dengan konsentrasi terbesar di Kalimantan Timur (Tanjung Satai), Kalimantan Selatan (Pagetan), Laut Jawa, Selat Malaka, Sulawesi Selatan dan Arafuru.

Ikan kembung lelaki merupakan iken kembung pelagis yang sering ditemukan dalam bentuk kelompok besar dipermukaan. Makanannya adalah mikroorganisme dari jenis plankton, terutama crustacea.

Ikan kembung perempuan penyebarannya meliputi laut Andaman (Indonesia), Thailand, Philipine, dan bagian utara kepulauan Fiji. Di Indonesia sendiri penyebarannya meliputi perairan pantai Sumatera Barat, Laut Jawa, Selat Malaka, Sulawesi Tenggara (Muna buton), Laut Arafuru. Kembung perempuan juga hidup berkelompok dalam jumlah yang besar pada perairan pantai dengan kedalaman antara 10 - 15 meter.




Referensi :
http://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfologi-ikan-kembung-rastelliger-spp/
http://arsal-gudangilmu.blogspot.co.id/2015/01/penyebaran-distribusi-ikan-kembung-rastrelliger.html
http://fe-fenanlampir.blogspot.co.id/2011/10/reproduksi-ikan-kembung-scomber.html

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online


No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini