28 February 2017

Kuda Laut (Hippocampus spp)


Kuda laut adalah jenis ikan yang hidup di laut dari genus Hippocampus dan familia syngnathidae. Hewan dengan ukuran yang bervariasi antara 16 mm sampai 35 cm ini dapat ditemukan di perairan tropis dan menengah di seluruh dunia. Kuda laut merupakan spesies satu-satunya spesies yang pejantannya dapat hamil. Kuda laut merupakan hewan yang telah mengalami evolusi sejak 40 juta tahun yang lalu. Diistilahkan kedalam genus Hippocampus yang berasal dari bahasa Yunani (hippos = kepala kuda dan campus = binatang laut) yang berarti binatang laut berbentuk kepala kuda. 

Kuda laut termasuk jenis ikan, bernafas dengan insang. Ukuran mereka bervariasi dari sekitar 4 sampai 30 cm, dan mereka biasanya tingggal disepanjang pantai diantara ganggang laut dan tumbuhan laut lainnya. Ia memiliki semacam baju zirah dari tulang yang melindungi dari segala jenis bahaya. Baju zirah ini begitu kuat sehingga tidak mungkin menghacurkan kuda laut yang sudah mati dan mengering dengan hanya menggunakan tangan. 


Kuda laut tidak pernah berenang jauh-jauh dari karang yang merupakan kebiasaan mereka agar terhidar dari bahaya. Mereka sering berdiam diri dan menambatkan ekornya pada karang-karang atau celah bebatuan. Biasanya kuda laut akan berenang perlahan-lahan dalam posisi berdiri. 

Tubuh keda laut cukup indah berwarna-warni (merah, kuning, hijau, dan hitam) namun bisa berubah sesuai banyak sedikitnya sinar matahari yang menyinari tubuhnya, atau tergantung dengan keadaan tubuhnya sendiri. Mereka memiliki mata yang unik, dimana masing-masing mata kuda laut bisa melihat dua buah benda yang berbeda pada waktu yang bersamaan.




Klasifikasi Ilmiah : 

Kingdom : Animalia
Fillum : Chordata
Sub Fillum : Vertebrata
Class : Pisces
Sub Ordo : Teleostomi
Ordo : Gasterosteiformes
Familly : Syngnathidae
Genus : Hippocampus
Species : Hippocampus spp.

Kuda laut termasuk kedalam jenis ikan yang memiliki penampilan khusus, berbeda dengan jenis ikan lainnya. Mereka memiliki bentuk kepala segitiga yang menyerupai kuda, mulutnya panjang dan runcing membentuk sudut 90o dari badannya, ekornya panjang dan meruncing dibagian ujung. Ekornya memiliki fungsi untuk mengaitkan tubuhnya pada suatu substrat seperti rumput laut, terumbu karang, atau benda-benda lain yang berada dilingkungan hidupnya.



Kuda laut adalah biota perairan laut yang unik dengan posisi tubuhnya yang tegak, kepala di atas den ekor di bawah. pergerakannya cukup lambat karena hanya dilakukan dengan menggunakan sirip dorsal yang ada dibagian punggung, sedangkan sirip dadanya (pectoral fin) digunakan untuk keseimbangan. Ekor kuda laut digunakan sebagai jangkar, yaitu alat untuk mengaitkan tubuhnya. Apabila terancam, kuda laut akan membengkokkan tubuhnya hingga kepalanya mendekati bagian ekor.

Kuda laut juga memiliki alat kamuflase atau penyamaran, yaitu berupa kemampuan merubah warna tubuhnya dalam beberapa menit untuk menyerupai atau menyamai lingkungannya. Bahkan kuda laut terkadang mampu merubah warna tubuhnya untuk menghindari pemangsa (predator). Mereka juga dapat menyebarkan semacam filament yang menyerupai kumpulan algae yang menempel pada rumput laut.



Kuda laut termasuk hewan karnivora, mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Makanannya adalah segala jenis hewan hidup berukuran kecil seperti larva ikan, udang-udangan, dan invertebrate kecil lainnya. Kuda laut tidak memiliki gigi dan perut, mangsanya langsung ditelan secara utuh dan langsung masuk ke sistem pencernaannya. Dengan kemampuannya untuk berkamuflase, memungkinkan kuda laut untuk menjadi predator. 

selain sebagai predator, kuda laut juga merupakan sasaran predator lainnya yang berukuran lebih besar. Hewan laut yang dapat menjadi pemangsa kuda laut antara lain adalah kepiting dan ikan-ikan pelagis yang berukuran lebih besar dari kuda laut itu sendiri.

Pada musim repoduksi, kuda laut jantan dengan kantong telur yang kosong siap melakukan pemijahan. Kuda laut jantan maupun kuda laut betina menggunakan ekornya untuk menggapai pasangannya dalam pemijahan. Proses pemijahan diawali dengan masuknya sirip dubur betina kedalam kantong telur pada kuda laut jantan. Selanjutnya sel telur betina disemprotkan kedalam kantong telur untuk selanjutnya dibuahi oleh kuda laut jantan. Bila saatnya telur-telur itu menetas, maka larva dan anaknya di asuh dalam kantong induk jantannya sampai dianggap kuat dan keluar dari kantong.


Kuda jantan mengerami telur selama 10 - 14 hari dalam kantong pengeraman yang dilengkapi semacam placenta untuk suplai oksigen. Anakan kuda laut yang menetas, stelah mencapai ukuran antara 6 - 12 mm dan dirasa telah kuat oleh induk jantannya, mereka akan dilepas keperairan sebagai juana dengan bentuk seperti kuda laut dewasa. Para juana kuda laut tersebut masih amat mudah dimangsa oleh predator. 

Setelah berumur lebih dari 30 hari mereka akan berkembang menjadi benih kuda laut dan ekornya mulai dapat dililitkan. Selanjutnya pada umur 90 hari organ reproduksinya mulai berkembang dan benih kuda laut tersebut mulai memasuki fase dewasa.

Sebagian besar spesies kuda laut seperti Hippocampuu abdominalis, Hippocampus comes, Hippocampus erectus, Hippocampus fuscus, Hippocampus cuthulatus, hippocampus whitei diperkirakan matang telur pada umur 6 - 12 bulan. Sedangkan untuk Hippocampus zostera matang telur pada usia yang sangat pendek yaitu sekitar 3 bulan. Sebagian besar kuda laut menghasilkan telur sekitar 100 - 120 butir, bahkan ada yang mencapai 1.000 butir.



Perbandingan kuda laut jantan dan betina di alam pada umumnya memiliki jumlah yang seimbang. Untuk juvenil masih sulit dibedakan antara jantan dan betinanya, namun setelah dewasa dapat dibedakan dengan jelas. Kuda laut jantan memiliki kantong telur pada bagian abdomennya, sementara kuda laut betina tidak memiliki. Suatu hal yang unik dari kuda laut adalah bahwa proses pengeraman telur dan perawatan larva dilakukan oleh kuda laut jantan.
  
Kuda laut dapat dijumpai hampir di seluruh perairan  dunia, mulai dari kawasan beriklim tropis hingga beriklim sedang. Habitat kuda laut terutama berada di sepanjang pesisir pantai, tepian laut, teluk-teluk dangkal, mendiami tempat-tempat yang banyak terdapat terumbu karang, hutan mangrove dan padang lamun. 

Dari sejumlah spesies anggota kuda laut, Hippocampus kuda  memiliki distribusi paling luas, terutama di sepanjang perairan tropis indo-pasifik. Wilayah persebaran kuda laut ke barat hingga Selat Inggris, ke timur hingga pulau Hawaii, ke utara hingga laut Jepang dan sampai ke selatan Pantai Australia. Pada referensi, dikatakan bahwa ada sembilan jenis kuda laut yang tersebar dan dapat di temukan secara luas di perairan indonesia.
  1. Hippocampus pontohi 
  2. Hippocampus barbouri
  3. Hippocampus bargibanti
  4. Hippocampus comes 
  5. Hippocampus histrix
  6. Hippocampus kellogi
  7. Hippocampus kuda 
  8. Hippocampus spinosissimus
  9. Hippocampus trimaculatus
Populasi kuda laut tebesar terdapat di perairan indo-pasifik. Kuda laut ditemukan di Australia sebanyak 10 spesies, Asia tenggara ditemukan 7 spesies, Jepang ditemukan 7 spesies, sebelah barat Amerika (pasifik selatan) 1 spesies, sedangkan disebelah barat Atlantik, Karibia ditemukan 3 spesies hidup disebelah selatan laut Amerika. Atlantik selatan juga mempunyai beberapa spesies dimana 3 spesies terdapat di Afrika barat.
 

Kuda laut umumnya hidup diperairan dangkal hingga kedalaman 20 meter. Beberapa spesies ditemukan pada kedalaman lebih dari 50 meter. Spesies kuda laut dari Hippocamus capensis mampu hidup di estuarine dengan salinitas yang berfluktuasi, biasanya jenis kuda laut ini akan mengalami kematian jika ada banjir air tawar. Pada spesies kuda laut H. whitei, H. barbouniensis, H. erectus, H. guttulatus, dan H. zosterae hidup di perairan hangat dan daerah tropis diantara hamparan padang lamun atau rumput laut. Kuda laut juga hidup di dasar laut yang ditumbuhi bunga karang lunak dan dijumpai pula diantara karang di daerah tropis.




Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kuda_laut
http://sitiropiahsirop.blogspot.co.id/2012/10/kuda-laut.html
https://saungozy.wordpress.com/2009/02/15/habitat-tingkah-laku-dan-reproduksi-kuda-laut/
http://www.tapike.com/2014/03/makalah-tentang-kuda-laut-hippocampus.html
https://fauzimsp.wordpress.com/2010/10/04/klasifikasi-dan-morfologi-kuda-laut-hippocampus-sp/

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online


No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini