20 March 2017

Ikan Barakuda (Sphyraena)


Barakuda
Ikan Barakuda adalah ikan dalam kelas Actinopterygii yang dikenal berwujud menyeramkan dan dapat mencapai ukuran tubuh begitu besar, yaitu sampai panjang enam kaki dan lebar satu kaki. Tubuhnya panjang dan ditutupi oleh sisik yang halus. Ikan ini dapat ditemukan di samudra tropis dan subtropis di seluruh dunia. Barakuda adalah anggota genus Sphyraena, satu-satunya genus dalam familia Sphyraenidae. Ikan barakuda juga merupakan salah satu predator yang paling sengit diperairan tropis. Mereka akan melingkari ikan-ikan kecil hingga ikan-ikan kecil tersebut membentuk sebuah kelompok dan membuat ikan-ikan kecil tersebut ketakutan, pada saat yang bersamaan ikan barakuda akan menyelam kedalam gerombolan ikan-ikan kecil lalu barakuda akan memangsa ikan-ikan kecil tersebut yang sedang berada dalam ketakutan.
Barakuda adalah ikan yang mempunyai kemampuan beradaptasi di air tawar maupun air asin. Ikan yang masih kecil biasanya berada di sekitar sungai dekat muara, sedangkan ikan yang besar berada di laut. Barakuda merupakan ikan yang berasosiasi dengan daerah karang karena mencari ikan – ikan untuk makanannya di sekitar terumbu karang. Dan biasa hidup di pantai karang (tebing karang di tepi pantai).

Morfologi Ikan barakuda

Klasifikasi Ilmiah :

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Sub-filum : Vertebrata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Subordo : Sphyraenoidei
Famili : Sphyraenidae
Genus : Sphyraena
Scientific name : Sphyraena jello
Nama Inggris : Banded Barracuda
Nama Lokal : Ikan Barracuda

Ikan barakuda memiliki mulut yang panjang dan mempunyai gigi yang besar dan tajam seperti pisau.tubuhnya yang kuat dan ramping membantu barakuda untuk memungkinkan memburu mangsanya dengan mudah. Sirip punggung pertama memiliki 5 duri, yang kedua 10 duri. Sirip pertama dari sirip dorsal dan anal kedua mencapai atau melampaui ujung sirip terakhir, ketika sirip mengalami depresi. Ada sekitar 75~90 sisik sepanjang garis lateral. Insang ikan barakuda hampir berbentuk bulatan. Rahang lebih pendek dari pada rahang bawah. Seekor ikan Barakuda besar dewasa memiliki bercak hitam yang tidak beraturan pada sisi bawah perutnya, terutama yang didekat ekor. Ini adalah satu-satunya spesies barakuda yang memiliki bercak-bercak hitam.

penyebaran ikan barakuda

Ikan barakuda besar memiliki rahang yang kuat dengan didukung sederetan gigi-gigi yang panjang meruncing dan tajam, sanggup memutuskan jari-jari manusia, untuk itu berhati-hatilah dalam menangkap atau memegang ikan barakuda besar. Jauhkan tangan anda dari mulutnya, karena ikan barakuda besar sangatlah agresif atau suka menyerang manusia apabila ikan barakuda besar merasa terancam keselamatannya. Ikan barakuda besar juga termasuk dalam kategori ikan perenang cepat, terutama pada permukaan air laut.

Seekor ikan Barakuda besar memakan apapun yang tersedia dihabitatnya, seperti ikan tembang, ikan kembung, ikan selar, cumi-cumi, dan yang lainnya. Cumi-cumi adalah makanan favorit kesukaannya, karena ikan barakuda besar adalah predator yang bekerja siang dan malam hari. Pada malam hari ikan barakuda besar akan mencari titik cahaya penerangan untuk berburu mangsa untuk santapan malam harinya. Sehingga suka terlihat disekitar dermaga yang ada cahaya lampu penerangannya atau pada bagan tancap maupun bagan apung.

siklus ikan barakuda

Ikan barakuda terdapat dihampir semua lautan tropis kecuali Samudera Pasifik Timur. Banyak ditemukan pada lepas pantai dan perairan pantai sekitar karang, dermaga, bangkai kapal tenggelam, Gosong Pasir dan Padang Lamun. Terkadang anakan ikan barakuda suka terlihat mengumpul menjadi satu dengan kumpulan anakan ikan kecil yang laingnya, dimana ada kawanan ikan kecil berkumpul disitulah anakan ikan barakuda suka terlihat bergerombol. Ikan Barakuda yang besar hampir selalu menyendiri.

Ikan barakuda banyak ditemui didaerah perairan dangkal pada selat-selat, semenanjung dan teluk-teluk dipantai, Terdapat dihampir semua lautan tropis dan subtropis kecuali Samudera Pasifik Timur. Penyebarannya banyak ditemukan di lepas pantai dan perairan pantai sekitar karang, dermaga, bangkai kapal tenggelam, Gosong Pasir dan Padang Lamun. Beberapa spesies yang cukup besar, seperti barakuda Eropa, barracouta atau SPET (S. sphyraena), ditemukan di Laut Mediterania dan timur Atlantik, barakuda India (S. jello) dan commerson barakuda (S. commersoni), terdapat di lautan India dan Semenanjung Melayu dan Nusantara.




Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Barakuda
http://www.semuaikan.com/morfologi-dan-klasifikasi-ikan-barakuda/
http://dyannurlina.blogspot.co.id/2014/12/ikan-barakuda-sphyraena-barracuda.html
https://sangiangsea.wordpress.com/2013/11/18/ikan-barakuda-besar/

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online


No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini