17 April 2017

Ikan Oscar (Astronotus ocellatus)

BitMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software

Biota Dunia Perairan
Ikan Oscar adalah ikan air tawar dari keluarga cichlid. Ikan ini dikenal dengan berbagai nama seperti burung merak cichlid, walnut cichlid, harimau Oscar, beludru cichlid atau cichlid marmer. Ikan Oscar pada dasarnya berasal asli dari Amerika Selatan, tetapi juga dapat ditemukan di daerah lain termasuk Australia, Cina, dan Amerika Serikat. Habitat Oscar biasanya banyak di temui mendiami sungai yang bergerak lambat dan danau di wilayah Amazon. Ikan Oscar adalah salah satu jenis ikan hias legendaris yang sering dipelihara didalam aquarium dan seolah-olah dari masa kemasa tidak pudar kepopulerannya. Sejarahnya ikan ini telah ditemukan di Amerika Selatan dan pada umumnya memiliki warna kombinasi hitam dan merah yang terlihat sangat elok dan indah ketika meliuk-liuk didalam akuarium. Selain itu juga ada yang berwarna putih pucat dengan corak agak merah ke kuningan yang beberapa orang lebih mengenalnya sebagai Oscar Albino. Oscar juga dikenal sebagai ikan yang setia kepada pasangannya dan juga memiliki tingkat kecerdasan yang cukup baik dibanding dengan beberapa ikan hias lainnya.

Ikan oscar adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari oleh kalangan hobi'is, karena ikan ini memiliki komposisi warna yang menarik sehingga dalam pemeliharaannya, ikan ini memerlukan makanan dan perawatan khusus. Bercak warna indah yang menempel pada tubuhnya tidak akan muncul apabila ikan ini mengalami stres. Terjadinya stres dapat merupakan satu langkah awal terserang nya ikan ini oleh organisme penyebab penyakit.

Ikan Oskar (Astronotus ocellatus) merupakan anggota dari super kelas Pisces. Memiliki nama lokal yaitu ikan Oscar. Ikan Oscar ini juga termasuk ke dalam kelas Osteichtyes karena pertulangannya berupa tulang sejati. Tubuhnya terbagi atas caput, truncus, dan caudal. Tubuhnya tertutup atau terlindungi oleh sisik yang bertipe ctenoid. Warna dari tubuh atau sisik bervariasi warnanya. Memiliki linea lateralis yang berbentuk lurus ke belakang. Memiliki alat gerak yang berupa sirip.


Biota Dunia Perairan


Klasifikasi Ilmiah :

Kingdom : Animalia
Fillum : Chordata
Super kelas : Pisces
Kelas : Osteichthyes
Ordo : Percamerphi
Famili : Cichlidae
Genus : Astronotus
Species : Astronotus ocellatus 

Ikan Oscar memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan nila, memiliki kepala yang besar dengan mulutnya lebar, bergerigi, agak meruncing, dan terletak di tengah (terminal). Sirip punggung (dorsal fin) berbentuk lebar yang ujungnya berseberangan dengan sirip dada (pectoral fin), serta ujung sirip punggung dan sirip anus meruncing agak tumpul. Sirip ekornya berbentuk bulat (rounded).

Tubuhnya dilapisi warna dasar bervariasi, akan tetapi lebih sering ditemukan Oscar yang memiliki warna dasar hijau zaitun gelap atau coklat tua dengan coretan dan bintik-bintik tidak beraturan di bagian sisi yang berasal dari sisik yang berwarna kuning keemasan atau kemerah-merahan. Spesies ini dikenal dapat mengubah warna, yang merupakan sifat alami yang memfasilitasi perilaku teritorial dan tempur. Oscar muda berbeda dalam warna dengan yang dewasa. Mereka bergaris, dengan warna bergelombang putih dan oranye.

Ikan jantan osacar mempunyai beberapa tanda merah menyala pada tutup insang dan dekat daerah perut di samping. Kecerahan warna ikan ini sering berganti-ganti tergantung pada kondisi ikan. Ikan ini memiliki pergerakan yang gesit karena ditunjang dengan bentuk badan yang langsing, pipih ke samping (compressed). 


Biota Dunia Perairan

Ikan Oscar memiliki tipe mulut terminal, yaitu terletak di antara dorsal dan vental pada bagian anterior. Memiliki anus sebagai alat pengeluaran. Habitat di perairan tawar atau sungai. Sistem pencernaan dengan rahang yang bergigi untuk mengunyah makanan. Terdapat lidah kecil pada dasar ruang mulut yang membantu pernapasan. Faring dengan insang pada kedua sisinya. Makanan masuk terus ke faring menuju ke esofagus, terus ke lambung. Lambung dari usus dipisahkan oleh sebuah katup, sehingga jalur pernapasan dan makanan tidak bercampur. Sistem sirkulasinya dengan memiliki jantung beruang dua yang terletak di bawah faring dalam ruang perikardial. Darah masuk ke sinus venosus lalu ke aurikel terus ke ventrikel, terus ke konus anterior lalu ke aorta ventral terus ke cabang-cabang arteri aferen lalu ke kapiler-kapiler dalam filamen-filamen panjang dan mendapat oksigen.

Sistem respirasi dengan menggunakan sepasang insang pada kedua sisinya yang terlindung oleh operkulum. Insang terdiri dari 2 baris filamen insang. Tiap filamen mempunyai kapiler-kapiler diantara cabang-cabang arteri aferen dan eferen. Sistem ekskresi berupa organ ginjal 2 buah, berwarna hitam yang terletak diantara gelembung udara dan vertebrae. Pengeluaran hasil ekskresi melalui saluran kloaka. Sistem reproduksi dimana pembuahan terjadi secara internal serta memiliki kelamin yang terpisah.


Biota Dunia Perairan

Ikan Oscar bersifat karnivora dan memakan beberapa jenis daging. Pada habitat aslinya ikan ini sering memangsa ikan kecil, moluska, dan binatang tidak bertulang belakang atau bisa dibilang sebagai ikan predator. Makanan yang biasa diberikan pada ikan oscar yang dipelihara di akuarium oleh hobiis sangat variatif seperti ikan-ikan kecil, jentik nyamuk, ataupun potongan-potongan ikan lainnya. Untuk menghasilkan ikan oscar yang memiliki kualitas warna yang baik dalam pemeliharaan di akuarium, makanan yang diberikan pada ikan ini biasanya adalah makanan yang mengandung zat chitine. Jenis makanan yang mengandung zat chitine kebanyakan adalah makanan alami berupa hewan-hewan yang memiliki cangkang seperti kutu air, udang kali, rayap, dan lain-lain.


karakteristik ikan oscar yang dipelihara diketahui toleran pada hampir segala kondisi air. Meskipun toleran pada berbagai kondis air, namun umumnya dipelihara pada kondisi suhu 26° - 30° C. Oscar dapat mencapai ukuran 35 cm, akan tetapi rata-rata ikan ini berukuran maksimal 30 cm. Oscar termasuk ikan cerdas dan memiliki kepribadian. Mereka dapat belajar dengan cepat mengenai jadwal makannya. Hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan makanannya dapat direkam dengan baik oleh ikan ini. Apabila dilatih, Oscar dapat menerima pakan langsung dari tangan pemiliknya.

Mereka dapat melompat hingga ketinggian 15 cm agar dapat meraih pakan dari tangan si pemilik. Oscar merupakan ikan predator. Mereka akan memangsa ikan lain yang ukurannya lebih kacil dari setengah ukuran badannya. Meskipun demikian Oscar dapat menerima hampir semua jenis pakan seperti flake, pellet, cacing, jangkrik, ikan mas kecil dan lain-lain. Oscar merupakan ikan predator. 



Dalam ranah budidaya, Ikan oscar dapat dipijahkan setelah mencapai ukuran panjang 15 cm dengan lebar 10 cm. Telur hasil pemijahan akan ditempatkan oleh induk oscar pada substrat yang memiliki permukaan licin seperti kaca, porselin, ataupun pecahan genting, dan selanjutnya akan dijaga oleh induk sampai telur tersebut menetas. Ikan oscar dapat bertelur setiap 10 hari sekali dengan jumlah telur sekitar 1000-3000 butir per induk. Sepasang induk oscar dapat dipijahkan sampai 5 musim pemijahan atau sampai berumur 7 tahun. Semakin tua umur ikan oscar, maka kuantitas telur yang dihasilkannya pun akan semakin menurun.





Referensi :
https://juraganmumut.com/ikan-oscar-dan-keindahannya/
http://kiostips.blogspot.co.id/2012/11/tentang-ikan-oscar-dan-budidayanya.html
http://www.sikpas.com/2015/09/morfologi-ikan-oskar-dan-sejarahnya.html
http://komunitaspenyuluhperikanan.blogspot.co.id/2013/10/pembenihan-ikan-oscar.html
http://faktasekitarkita.blogspot.co.id/2014/05/taksonomi-danidentifikasi-ikan-oscar.html

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online


No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini