14 April 2017

Ikan Sapu-Sapu (Hypostosmus sp)


ikan sapu sapu
Ikan sapu-sapu biasa disebut juga dengan placo, adalah sekelompok ikan air tawar yang berasal dari Amerika tropis yang termasuk dalam famili Loricariidae, namun tidak semua anggota Loricariidae adalah sapu-sapu. Ikan ini dikenal sebagai pemakan alga (lumut) dan sangat populer sebagai ikan pembersih. Perdagangan ikan internasional ia dikenal sebagai plecostomus atau singkatannya, plecos dan plecs. Di Malaysia orang menyebutnya ikan bandaraya karena fungsinya seperti petugas pembersih kota (bandar). Di Indonesia, analogi yang sama juga dipakai tetapi alatnya yang dipakai sebagai nama (sapu). Ikan ini nyaris dapat hidup bersama dengan ikan akuarium apa saja dan diperdagangkan dalam ukuran kecil atau sedang. Meskipun demikian, ia bisa tumbuh sepanjang 60 cm dan menjadi kurang aktif dan kurang bersahabat.

Ikan sapu-sapu merupakan jenis ikan yang tahan banting, termasuk kemampuannya mendominasi sungai tercemar di mana ikan lain sudah angkat tangan entah kabur atau mat ikarena kualitas air yang buruk. Ikan ini banyak dijual sebagai ikan hias, atau tepatnya sebagai ikan pembersih kaca akuarium. Karena mulutnya yang menempel pada kaca dan sering disebut ikan pembersih kaca. Beberapa menyebutnya ikan sakarmut (dari katasucker mouth yang artinya memakan dengan cara menghisap), karena harganya murah ikanini sering dibuang begitu saja kesunggai sehingga berkembang pesat di sungai.

Sebenarnya ikan sapu-sapu mencakup banyak jenis anggota Loricariidae, meskipun yang paling umum dikenal adalah Hypostomus plecostomus. Karena banyaknya impor berbagai macam sapu-sapu, dan banyak sekali yang belum diidentifikasi secara benar, disusunlah suatu daftar sapu-sapu yang disebut nomor-L (L-number) untuk mencirikannya secara sementara.

ikan sapu sapu

Klasifikasi Ilmiah :

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Kelas : PiscesOrdo : Siluridea
Famili : Loricarinae
Genus : Hypostosmus Hyposarcus
Spesies : Hypostosmus sp

Ikan Sapu-sapu termasuk ke dalam suku catfish dan famili Loricariidae yang ditandai dengan tubuh yang tertutup oleh kulit yang mengeras dengan bentuk mulut cakram. Kepala serta tubuh ikan sapu-sapu melebar dan membentuk seperti panah. Batang ekor memanjang dan sirip punggung lebar. Pada semua siripnya kecuali sirip ekor selalu diawali oleh duri keras. Terdapat juga adipose fin yang terletak dekat dengan ujung batang ekor yang ditutupi oleh kulit yang mengeras. Ikan sapu-sapu dapat mencapai panjang maksimum 50 cm. Ikan ini berasal dari perairan air tawar Amerika Selatan dan bagian utara Amerika Tengah hingga Nikaragua.

Ikan sapu-sapu memiliki 2 alat pernafasan. Alat pernafasan yang pertama adalah insang. Insang digunakan oleh ikan sapu-sapu saat berada di air yang jernih. Alat pernafasan ikan sapu-sapu yang kedua adalah labirin. Labirin adalah alat pernafasan binatang lumpur atau air yang keruh. Karena memiliki 2 alat pernafasan, Ikan sapu-sapu dapat hidup di air dan di lumpur. Jadi, kita tidak perlu menguras air sapu-sapu terlalu sering. Pada pleco jenis Flah pleco, memiliki morfologi coklat hitam ke hitaman pekat dan diselingi oleh strip lurus vertikal warna putih dan kekuningan yang tipis yang dimulai dari bagian tubuh paling atas ke bagian tubuh paling bawah.

Pada pleco jenis Brushmouth pleco yaitu pada ikan sapu-sapu eksotik yang satu ini memiliki dua variant warna yaitu black (original) dan albino. Juga memiliki dua jenis berbeda di jenis ekornya ada yang berekor pendek dan berekor panjang (slayer). Ikan sapu-sapu ini dapat tumbuh hingga berukuran 15 cm dan akan memiliki semacam tanduk-tanduk halus di atas wajahnya bagi yang berkelamin jantan, dan hanya ada sedikit tanduk bagi yang berkelamin betina. Pada umumnya ikan brushmouth pleco ini dipelihara sebagai partner dari ikan hias arowana.

ikan sapu sapu

Di habitat hidupnya, ikan sapu-sapu biasa mengkonsumsi alga yang melekat pada bebatuan, tumbuhan air, dan detritus. Sapu-sapu juga mengkonsumsi bangkai ikan dan hewan-hewan lain yang tenggelam di dasar perairan, sehingga Ikan Sapu-sapu digolongkan ke dalam kelompok omnivora. Jika diamati cara makan ikan sapu-sapu, gerakannya yang lambat dan cenderung menetap di dasar perairan, dengan kemampuan hidup yang kuat, ikan ini cenderung memiliki kandungan logam berat yang hampir sama dengan lingkungan tempat hidupnya. Bila perairannya bersih, maka ikan ini aman untuk dikonsumsi demikian juga sebaliknya. Berdasarkan ususnya yang panjang dan tersusun melingkar seperti spiral, ikan sapu-sapu dapat dikelompokkan ke dalam jenis ikan herbivora. Sedangkan berdasarkan relung makannya yang luas maka ikan sapu-sapu dikelompokkan ke dalam jenis eurifagik (ikan pemakan bermacam-macam makanan).

Ikan ini bersifat omnivora (pemakan segala) tapi biasanya mencari sisa-sisa tumbuhan air di malam hari. Ikan yang hidup di dasar permukaan ini adalah ikan yang tidak agresif terhadap ikan lain, namun hanya sedikit memperebutkan daerah kekuasaan dengan sesama jenisnya. Lebih dari satu jenis pleco yang seukuran dapat disatukan bersamaan asalkan adanya penambahan tempat persembunyian bagi pleco-pleco tersebut. Leopard frog pleco dapat dipelihara bersama dengan ikan barb berukuran medium, ikan rainbow, dan hampir semua jenis dari ikan tetra, dan rasboras.

Habitat asli ikan sapu-sapu adalah sungai dengan aliran air yang deras dan jernih, tetapi dapat juga hidup di perairan tergenang seperti rawa dan danau. Ikan sapu-sapu dapat hidup di perairan dengan kadar oksigen terlarut yang rendah, dimana hanya sedikit spesies lain yang dapat bertahan hidup dengan kondisi perairan tersebut. 

ikan sapu sapu

Berikut beberapa jenis ikan pleco yang biasa di pelihara dalam aquarium ataupun dijual pada toko-toko ikan hias

1. Hypancitrus Zebra
Hypancitrus Zebra atau zebra ditemukan di Sungai Amzon. Ikan ini memiliki corak tubuh berwarna hitam dan putih menyerupai zebra. Corak hitam hypancitrus zebra berbentuk lingkaran penuh yang menyelubungi insang dan mulut. Corak putihnya melintang horizontal pada setengah bagian tubuhnya, dari pangkal ekor hingga insang. Ikan placo jenis ini merupakan yang paling mahal. Ikan sapu-sapu hias eksotik yang dapat tumbuh dengan ukuran panjang 7,5cm dan merupakan bagian dari family loricariidae, yaitu keluarga ikan penghisap dan memiliki nomor urut ke 46 dalam daftar klasifikasi L-number.

2. Scarlet
Sama halnya dengan pleco jenis hypancitrus zebra, ikan ini dinamakan sesuai dengan bentuk warna fisik ikan. Scarlet berarti merah tua atau merah sedikit orange. Warnna ini sesuai dengan warna ekor dari ikan jenis scarlet. Ikan pleco ikan ini ditemukan di sungai-sungai Negara Brazil.

3. Leopard
Leopard atau Pseudacanthicus CF Leopardus ditemukan di Rio Negro, Brazil. Pleco ini disebut leopard karena memiliki corak tubuh yang hamper sama dengan leopard. Yaitu bertotol-totol hitam besar di atas dasar putih kekuningan. Leopard dewasa panjangnya 25-30 cm.

4. Leopard Frog Pleco
Leopard frog pleco dapat ditemukan di Sungai Tapajos. Leopard frog pleco memiliki corak tubuh seperti katak liar yang terdapat di Amazon. Leopard frog Pleco merupakan Pleco yang berukuran sedang, karena panjang tubuhnya ketika dewasa hanya berkisar 10-15 cm. sekilas ikan pleco ini mirip dengan hypancitrus Zebra hanya saja ikan ini memiliki garis kuning mirip pleco leopard.

5. Royal Pleco
Royal Pleco dengan nama latinnya Panaque Nigroliatus dapat ditemukan di dasar Sungai Teles Pires, Brazil. Tubuh royal pleco berwarna kebiruan dengan corak guratan hitam memanjang dari sungut hingga ekor. Royal pleco termasuk pleco berukuran besar, karena ketika dewasa panjangnya dapat mencapai 30-40 cm.

6. Golden Royal Line Pleco
Golden royal line pleco ditemukan di Venezuela. Corak tubuh ikan ini berupa garis horizontal berwarna coklat yang menyelubungi seluruh tubuhnya kecuali pada bagian sirip punggung. Golden royal line pleco memiliki ujung sirip ekor transparan. Ketika dewasa, ika ini panjangnya berkisar 15-20 cm.

7. Broken Line Royan Pleco
Penampilan fisik ikan ini menyerupai golden royal line pleco. Perbedaanya terletak pada corak horizontalnya yang berwarna kebiruan dan tampak terputus-putus sementara pada golden royal line pleco memiliki corak yang tersambung. Corak dasar tubuh ikan ini berwarna biru dengan sirip ekor transparan. Broken royal line pleco dewasa dapat mencapai panjang 30-40 cm.

8. Para Pleco
Para Pleco atau Hypostomus sp berasal dari Rio de Para, Brazil. Para pleco memiliki ocrak tubuh bertotol-totol hitam di atas dasar putih kekuningan. Totol yang dimiliki ikan ini semakin ke belakang semakin besar. Panjang tubuh para pleco dewasa dapat mencapai 20-25 cm.

9. King Tiger Pleco
King teigr pleco atau peckoltia sp berasal dari Rio Xingu dan memiliki corak seperti harimau. Corak tubuh ikan ini berwarna putih dan hitam. King tiger pleco termasuk ikan sapu-sapu kecil, karena king tiger pleco dewasa hanya berukuran 10-15 cm.

10. Small Spotted Cat
Small spotted cat atau Chaestoma sp berasal dari Sungai Amzon yang melintas di Venezuela. Corak tubuhnya biru kehitaman dengan totol putih dari kepala hingga sirip punggung. Small spotted cat dewasa panjangnya hanya 10-12 cm.

11. Big Spot Hypostomus
Big Spot Hypostomus memiliki corak dasar warna kuning abu-abu, ikan ini disebut big spot karena memiliki totol-totol besar yang menyelimuti seluruh tubuhnya.
12. Xingu Peppermint Pleco
Xingu peppermint pleco atau parancitrus sp dapat ditemukan di Rio Xingu, Brazil. Corak tubuh ikan ini berwarna hitam dengan totol kecil berwarna putih di sekujur tubuhnya. Panjang Xingu peppermint pleco dewasa sekitar 25-30 cm.

13. Xingu Baryancitrus
Xingu baryancitrus atau bayancitrus sp berasal dari Rio Xingu, Brazil. Corak tubuhnya dihiasi totol-totol kuning dengan warna tubuh yang semakin pekatke arah sirip punggung. Panjang tubuh xingu baryancitrus dewasa mencapai 20-25 cm.

14. Violet Red Pleco
Violet red Bruno ditemukan di sepanjang aliran sungai Amazon. Ikan ini memiliki pupil berwarna kebiruan. Corak tubuh ikan ini berwarna ungu atau violet yang semakin terang pada bagian sirip tubuhnya. Pada tubuhnya terdapat corak berwarna kehitaman pada sirip punggung.

15. Red Fin Cactus Pleco
Nama latin ikan ini adalah Pseudacanthicus serratus, habitat asli ikan ini adalah Rio Tocantis, Brazil. Ikan ini memiliki cirri khas sirip punggung berwarna merah. Sisik-sisik tubuhnya yang berwarna biru kecoklatan dan menonjol seperti duri pohon kaktus memanjang dari pangkal insang hingga pangkal ekor. Red fin cactus dewasa panjangnya mencapai 60 cm.

16. Flash Pleco
Ikan dengan sebutan ilmiah panaque ini dapat tumbuh hingga berukuran 13 cm dan memiliki pola warna yang unik. Dengan coklat hitam ke hitam pekat dan diselingi oleh strip lurus vertikal warna putih dan kekuningan yang tipis yang dimulai dari bagian tubuh paling atas ke bagian tubuh paling bawah. Ikan berpola makan si pemakan kayu ini harus lebih banyak mendapat asupan sayur-sayuran seperti mentimun, wortel rebus.

17. Golden Nugget Pleco
Gold nugget pleco dapat ditemukan di Rio Xingu, Brazil. Tubuh gold nugget pleco dipenuhi oleh totol-totol berwarna keemasan di atas dasar tubuh berwarna coklat dan hitam. Panjang tubuh gold nugget dewasa mencapai 30-35 cm.





Refernsi :
http://dokumen.tips/documents/makalah-ikan-sapu-sapu.html
https://elfianpermana010.wordpress.com/2016/02/23/makalah-budidaya-ikan-sapu-sapu/
http://sumberpdf.blogspot.co.id/2016_05_01_archive.html

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online


No comments:

Post a Comment

Partisipasi anda akan terus menambah semangat kami berbagi lebih banyak lagi :) "tinggalkan komentar"!!