Ikan Tenggiri (Scomberomorus commersoni)

Ikan tenggiri adalah termasuk golongan ikan pelagis dan salah satu ikan berdaging putih yang disukai oleh masyarakat dunia, disebabkan oleh rasa dan baunya khas. Ikan ini termasuk dalam marga Scomberomorus dengan famili Scombridae yang juga masih kerabat dekat dengan ikan tuna, ikan tongkol, ikan madidihang, dan ikan kembung. ikan ternggiri juga dikenal pula dengan nama sapnish mackerel, namun nama tersebut berbeda-beda di setiap daerah. Orang india menyebutnya ikan anjai, di Filipina lebih dikenal dengan nama dillis, dan di Thailand akrab dengan istilah ikan thuinsi.


Mereka banyak ditemukan di perairan beriklim sedang dan tropis, sebagian besar tinggal di sepanjang pantai atau laut lepas. Banyak spesies dibatasi dalam rentang distribusi mereka dan hidup dalam populasi yang terpisah atau stok ikan berdasarkan geografi. Di Indonesia ikan tenggiri paling banyak ditemukan di Gorontalo.

Ukuran ikan tenggiri dapat mencapai panjang 240 cm dengan berat 70 kg. Usia dewasa akan tercapai setelah rentan waktu hidup 2 tahunatau ketika memiliki panjang 81 - 82 cm. Ikan tenggiri betina ukurannya dapat lebih besar dan usianya lebih panjang dibanding tenggiri jantan. Dikatakan bahwa ikan tenggiri betina dapat hidup selama 11 tahun.

Secara umum, ikan tenggiri terbagi menjadi dua bagian yaitu ikan berdaging merah/gelap dan ikan berdaging putih/terang. Selain itu, ikan ini juga memiliki kandungan senyawa yang banyak seperti lemak, glikogen, dan vitamin.


Klasifikasi Ilmiah :

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Scombridae
Genus : Scomberomorus
Species : Scomberomorus commerson

Ikan tenggiri mempunyai morfologi tubuh yang cukup unik. Di bagian samping tubuhnya terdapat garis lateral yang memanjang dari insang hingga akhir sirip dorsal kedua. Sedangkan pada punggungnya terdapat warna biru kehijauan. Garis pada bagian samping menjadi ciri khas ikan tenggiri yang berbeda dengan ikan sejenis.

Tenggiri memiliki tubuh memanjang, pipih dan kumayan kuat pada sisi-sisinya, tidak bersisik kecuali pada gurat sisinya (bidang corselet tidak jelas). Moncong meruncing dengan mulut lebar dan gigi-gigi yang tajam dan kuat di rahang atas dan bawah. Panjang moncongnya lebih pendek dari pada sisi kepala bagian belakang.


Sirip punggung tenggiri ada dua yang letaknya berdekatan dengan bagian depan yang di sokong jari-jari keras berjumlah 16-17 buah, yang belakang di sokong dengan 3-4 jari-jari keras dan 13-14 jari-jari lunak. Sirip dubur sama besar dengan sirip punggung yang belakang, dan disebelah belakangnya terdapat sirip tambahan sebanyak 9-10 buah. Sirip ekornya bercagak dua berlekuk dalam dengan kedua ujung sirip-siripnya yang panjang.

Ikan tenggiri memiliki sifat rakus ketika makan dan mencari makan seorang diri. jenis makanannya adalah ikan-ikan kecil karena tenggiri tergolong dalam hewan karnivora. Ikan kecil sejenis anchovy yang semacam ikan haring merupakan salah sau makanan utama bagi ikan tenggiri, khususnya ikan tenggiri muda. Selain itu ikan tenggiri juga memakan beberapa jenis cumi-cumi dan udang.

Sebagai ikan pemburu yang handal, tenggiri selalu mengincar keberadaan ikan-ikan kecil yang menjadi santapannya. ikan-ikan kecil seperti selar, como dan kembung yang biasanya mencari makan di daerah yang berkarang cukup luas dan dangkal. Saat tenggiri tumbuh menjadi besar ia tidak hanya tinggal di daerah yang berkarang dangkal, namun pergi mengembara ketengah lautan untuk mencari makanan.


Ikan tenggiri dewasa lebih memilih hidup secara soliter atau menyendiri dalam memburu mangsanya. mereka dalam mencari makan juga harus bersaing dengan ikan pelagis besar lainnya, seperti barakuda, marlin, dan layaran. Maka jangan heran umpan pemancing trolin di lautan dimakan juga oleh tenggiri.

Tenggiri tergolong kedalam ikan laut yang menyukai daerah laut dangkal. Bagian-bagian yang terdapat batu karang merupakan habitat yang cocok bagi ikan tenggiri. Perairan yang memiliki salinitas rendah dan kekeruhan tinggi disukai pula olehnya. Ikan tenggiri dapat menetap di suatu habitat dan terkadang bermigrasi ketemnpat yang cukup jauh. Pola migrasi ikan tenggiri sangat khas, karena bergantung kepada temperatur air laut dan musim bertelur. Jatuhnya musim ini bervariasai di setiap habitat yang ditinggali.

Reproduksi ikan tenggiri tergantung pada suhu, musim pemijahan lebih atau kerang panjang. Pemijahan ikan tenggiri terjadi di sekitar perairan pantai yang agak ketengah dan biasanya mencapai daerah spawning yang agak terlindung seperti di perairan karang. Saat memijah, telur tenggiri akan terbawa arus ke dekat garis pantai atau di sekitar muara sungai. Pada bulan Mei di perauiran Thailand diketemukan banyak ikan betina yang sudah amatang telur pada ukuran panjang standar 32.5 - 46.5 cm.


Ikan tenggiri merupakan jenis ikan yang tergolong ekonomis penting dan menjadi salah satu ikan yang digemari di dunia. Penyebaran spesies ini mencakup seluruh wilayah Pasifik Barat dari Afrika utara dan laut merah sampai ke perairan Indonesia, Australia, Fiji ke utara sampai ke perairan China dan jepang.

Potensi penyebaran ikan tenggiri di Indonesia hapir di seluruh perairan Sumatera, Jawa dan Nusa tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Irian. Iklim yang paling cocok untuk ikan tenggiri adalah iklim tropis. Perairan laut yang dimiliki Indonesia merupakan surga bagi ikan tenggiri. kedalaman laut yang cocok bagi ikan tenggiri adalah sekitar 10 - 70 m dari permukaan laut.

Referensi :
http://rhasonangansiregar.blogspot.co.id/2014/01/ekobiologi-ikan-tenggiri.html
http://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfologi-ikan-tenggiri/
http://seputarikan.com/2014/07/ikan-tenggiri-mackere.html


Tag Post : ikan tenggiri hidup di air, resep pempek ikan tenggiri, resep siomay ikan tenggiri, resep ikan tenggiri, harga ikan tenggiri, resep bakso ikan tenggiri, ikan tenggiri giling, kerupuk ikan tenggiri, gambar ikan tenggiri, resep otak otak ikan tenggiri, kerupuk ikan tenggiri, kandungan ikan tenggiri, kedalaman ikan tenggiri, kalori kerupuk ikan tenggiri, karakteristik ikan tenggiri, klasifikasi ikan tenggiri, kalori ikan tenggiri, kerupuk ikan tenggiri palembang, kuah bakso ikan tenggiri, kulit ikan tenggiri, manfaat ikan tenggiri, masak ikan tenggiri, masak ikan tenggiri kuah kuning, manfaat ikan tenggiri untuk bayi, mpasi ikan tenggiri, mpek mpek ikan tenggiri, manfaat ikan tenggiri untuk ibu hamil, manfaat telur ikan tenggiri, masak telur ikan tenggiri, masak pindang ikan tenggiri, jenis ikan tenggiri, jual ikan tenggiri giling terdekat, jurnal ikan tenggiri, jurnal kerupuk ikan tenggiri, jenis ikan tenggiri untuk pempek, jaring ikan tenggiri, jual ikan tenggiri, jurnal bakso ikan tenggiri, jurnal amplang ikan tenggiri, jurnal kandungan gizi ikan tenggiri, telur ikan tenggiri, tekwan ikan tenggiri, tepung ikan tenggiri, tumis ikan tenggiri, tim ikan tenggiri, tempura ikan tenggiri, terangkan mengenai ikan tenggiri sebagai bahan olahan, telur ikan tenggiri kolesterol, telur ikan tenggiri masak apa, togel ikan tenggiri, nutrisi ikan tenggiri, nutrisi yang terkandung dalam ikan tenggiri, nutrisi yang terkandung pada ikan tenggiri, nutrisi dari ikan tenggiri, nutrition fact ikan tenggiri, ikan tenggiri nutrition facts, manfaat dan nutrisi ikan tenggiri, kandungan nutrisi daging ikan tenggiri, jenis ikan tenggiri, jenis ikan tenggiri untuk pempek, jenis olahan ikan tenggiri, jenis masakan ikan tenggiri, jenis ikan tenggiri batang, jenis ikan tenggiri yang sedap, jenis ikan tenggiri papan, jenis ikan tenggiri konsumsi, jeruk ikan tenggiri, jenis ikan tenggiri di padang, dimsum ikan tenggiri, daging ikan tenggiri, distributor kerupuk ikan tenggiri dan cumi (khas banyuwangi), daging merah ikan tenggiri, daging merah pada ikan tenggiri banyak mengandung, daerah penghasil ikan tenggiri di indonesia, daging ikan tenggiri giling, deskripsi ikan tenggiri, daerah penghasil ikan tenggiri terbesar di indonesia, daging ikan tenggiri fillet, dunia perairan, blog dunia perairan.

Post a Comment for "Ikan Tenggiri (Scomberomorus commersoni)"





close