Ikan Belanak (Mugil sp)





Ikan Belanak adalah jenis ikan laut tropis dan subtropis yang bentuknya hampir menyerupai bandeng. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai blue-spot mullet atau blue-tail mullet. Jenis-jenis ikan belanak diperairan pantai Indonesia digolongkan kedalam Genus Mugil. Ikan dari suku Mugilidae ini di dunia dikenal sebagai ikan Mullets dan mempunyai banyak nama lokal diantaranya sebagai ikan gadah, bale belana, jumpul, goru, rapang dan gadeh. Mereka biasa hidup mulai dari muara sungai, pelabuhan, dermaga dan pantai. Jarang berada terlalu jauh dari pantai. Belanak termasuk ikan bentopelagik (hidup didasar sampai permukaan air) dan bergerombol dalam jumlah banyak.


Klasifikasi Ilmiah :

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Mugiliformes
Famili: Mugilidae
Genus: Mugil
Spesies: Mugil sp.

Ikan belanak secara umum bentuknya memanjang agak langsing dan gepeng. Sirip punggung terdiri dari satu jari-jari keras dan delapan jari-jari lemah. Sirip dubur berwarna putih kotor terdiri dari satu jari-jari keras dan sembilan jari-jari lemah. Bibir bagian atas lebih tebal daripada bagian bawahnya ini berguna untuk mencari makan di dasar/organisme yang terbenam dalam lumpur. Ciri lain dari ikan belanak yaitu mempunyai gigi yang amat kecil, tetapi kadang-kadang pada beberapa spesies tidak ditemukan sama sekali.


Tubuh bagian belakang berwarna kehijau-hijauan atau abu-abu kecoklatan, pada bagian sisi dan perut berwarna keperakan; pinggiran belakang sirip ekor berwarna hitam; pada permulaan sirip dada terdapat spot biru Moolgarda delicatus. Ikan belanak bersisik cycloid atau ctenoid, bisa dengan jari-jari kecil di tepinya atau tidak, ujung rahang atas melengkung ke bawah dan terlihat pada saat mulutnya tertutup.

Ikan belanak merupakan ikan yang senang hidup bergerombol dekat pantai dan perairan yang dangkal, mempunyai kebiasaan melompat-lompat untuk menghindari predator. Ikan ini memeliki berat kurang dari 0,5 kg. Habitat ikan belanak di sekitar pantai yang termasuk payau ikan ini juga dapat hidup diair tawar.


Ikan ini dapat digolongkan pada kelompok ikan herbivore yaitu jenis ikan yang memakan bahan tumbuhan yang hidup di air atau di dalam lumpur seperti alga, hifa jamur, alga biru dll. Belanak suka memakan klekap (lumut) dan bahan organik di dasar muara sungai.

Belanak tersebar di perairan tropis dan subtropis dan mereka merupakan ikan yang suka bergerombol 20-30 ekor di pantai sekitar 1,5 meter dan memasuki laguna serta estuaria untuk mencari makanan. Ikan ini terdistribusi pada semua perairan terutama di daerah estuari (coastal) dan laut di daerah tropis dan subtropis yaitu di Indo-Pacific, Filipina, dan Laut Cina Selatan, hingga Australia. 
 
Ikan belanak merupakan jenis ikan pelagis (benthopelagic) yang bersifat katadromus hidup di perairan tawar seperti sungai, estuari, dan laut dengan kedalaman sampai 120 meter, temperatur antara 8-24ÂșC. Estuaria adalah perairan muara semi tertutup yang merupakan tempat pencampuran antara air sungai dan air laut

Di Amerika Utara, “mullet” dengan sendirinya biasanya mengacu Mugilidae. Di Eropa, kata “mullet” biasanya memenuhi syarat, yang “ikan belanak abu-abu” yang Mugilidae dan “ikan belanak merah” atau “surmullets” menjadi Mullidae, terutama anggota genus Mullus, para ikan belanak merah. Di luar Eropa, Mullidae sering disebut “goatfish”. 
 
 
 
 
Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Belanak
http://www.seputarikan.com/2015/06/ikan-belanak-mugil-cephalus.html
http://kurniawanprastyo.blogspot.co.id/2011/08/makalah-ikan-mugil.html





No comments: