Breaking

22 July 2017

Ikan Seluang (Rasbora sp.)


Ikan Seluang adalah jenis ikan air tawar berukuran kecil yang banyak terdapat di sungai-sungai di daerah asia tenggara, termasuk Malaysia, Brunei, dan Indonesia. Ikan ini bersisik seperti ikan lampam tetapi berbentuk tirus seperti anak Jelawat. Ikan seluang juga biasa dimanfaatkan oleh masyarakat baik sebagai ikan hias maupun konsumsi. Dikarenakan manfaatnya yang berlimpah, membuat ikan ini memiliki nilai ekonomis yang cukup baik. Nama latin ikan ini adalah Rasbora. Di Indonesia memiliki banyak nama seperti ikan Bad (Sumatera) atau ikan paray atau wader (Jawa), sedangkan di kalimantan menyebutnya dengan beberapa nama, yaitu Enselui, ikan panjut, seluang dan beberapa nama lokal lainnya.




Klasifikasi Ilmiah :

Kingdom : Animalia
filum : Chordata
kelas : Astinopterygii
ordo : Cypriniformes
famili : Cyprinidae
genus : Rasbora
spesies : Rasbora Argyrofaenia Blkr.

Ikan seluang memiliki bentuk tubuh pipih memanjang dengan sisik tipis. pada seluang yang masih kecil memiliki warna putih keperakan dan di dua sisi tubuhnya terdapat garis berwarna kehitaman. di saat mereka telah tumbuh dewasa, warna ini memudar digantikan warna putih kekuning-kuningan. 


Ikan ini mampu bertahan hidup sekitar 3-6 tahun dengan ukuran tubuh berkisar antar 5-17 cm. Termasuk dalam keluarga Cyprinidae, ikan ini merupakan bagian dari genus Rasbora. Selain jenis ini, dari genus yang sama di Indonesia juga ditemukan Rasbra bankanensis, yang juga merupakan seluang dari Pulau Bangka.

Habitat ikan seluang adalah rawa berair atau sungai yang berarus tenang di hutan pedalaman di kawasan Benua Afrika dan Asia Tenggara. Secara alami mereka hidup secara berkelompok di permukaan perairan hingga bagian tengah.




Jika ingin menemukan ikan seluang di tempat hidupnya yang asli, cukup mudah. Ikan ini suka berenang sampai permukaan air khususnya saat permukaan air sungai atau rawa meningkat, dan ketika curah hujan meninggi. Pada waktu seperti ini, mereka berenang ke permukaan untuk mengejar makanan. Saat musim kemarau tiba, atau suhu lingkungan meningkat, ikan ini lebih suka untuk berteduh dan berkumpul di bawah pohon. Suhu lingkungan yang paling baik bagi ikan ini sekitar 22 hingga 26°C.

Ikan seluang bersifat omnivora. Makanan mereka beragam mulai dari zooplankton, lumut, crustacea kecil (seperti kutu air), telur ikan (termasuk telur dari jenis mereka sendiri), serangga, hingga cacing tanah.

Saat berkembang biak, ikan seluang akan melekatkan telur-telurnya pada tumbuhan air. Ikan seluang yang masih berukuran kecil bercorak putih keperakan dengan garis-garis kehitaman yang membentang di kedua sisi tubuhnya. Namun saat membesar, warnanya akan memudar menjadi putih kekuningan.

Ikan seluang mengadakan pemijahan biasanya pada saat musim hujan pada daerah perairan yang lebih dalam hingga ke rawa-rawa. Ikan ini tergolong heteroseksual. Ikan seluang mencapai matang gonad setelah mencapai ukuran panjang di atas 330 mm dan berat di atas 7 gram.

Ada beberapa jenis seluang umum diketahui dan beberapa beberapa seluang dimanfaatkan sebagai ikan hias. Jenis ikan rasbora ini banyak ditemukan di Indonesia. Masing-masing ikan memiiliki keunikan tersendiri. 


Silver rasbora (Rasbora argryotaenia)

Red-tail rasbora (Rasbora borapetensis)

Rasbora bankanensis

Elegant Rasbora (Rasbora elegans) 

Harlequin rasbora (Trigonostigma heteromorpha) 

Fire rasbora (Rasbora vaterifloris)

 



Referensi :
https://blogs.uajy.ac.id/journey2015/2016/04/03/kriuknya-ikan-seluang/
https://adearisandi.wordpress.com/2011/11/07/ikan-seluang-batanglunjar-padi/
http://www.ikanhias-yuli.org/2014/10/ikan-seluang-ikan-kecil-kaya-kalsium.html
http://borneochannel.com/ikan-seluang/
http://relasi-bisnis.blogspot.co.id/2010/05/ 

No comments:

Post a Comment