Crustacea

[Crustacea][btop]

Mollusca

[Mollusca][stack]

Brackish Water

[Perairan payau][grids]

Ikan Piranha Predator Sungai Amazon



Ikan Piranha adalah jenis ikan air tawar yang hidup di sungai-sungai di bagian timur dan barat laut di Amerika Selatan. Sepintas perawakannya terlihat sangat mirip dengan ikan bawal namun ternyata berbeda. pada umumnya Ikan piranha dikenal sebagai ikan ganas pemakan daging. Beberapa dokumen baik itu berbentuk sebuah video maupun tulisan seringkali memperlihatkan keganasan ikan piranha yang suka memakan hewan lainnya secara sadis dan bergerombol. Hal tersebut diperkuat oleh beberapa film hollywood yang kerap memperlihatkan keganasan ikan piranha yang sebenarnya ikan ini tidaklah sebuas dalam beberapa film tersebut. Banyak masyarakat disekitar kawasan habitat ikan piranha ini yang bersinergi dengan ikan piranha di sungai-sungai yang menjadi tempat beraktifitas masyarakat sekitar. Ikan ini pun telah banyak dibudidayakan dan selain dijadikan ikan konsumsi, ikan piranha juga banyak dipelihara sebagai ikan hias peliharaan pada aquarium.

Di Venezuela, ikan piranha disebut sebagai caribes, mereka dikenal dengan ikan yang bergigi runcing dan rakus dengan santapannya terutama pada makanan mereka yang berupa daging. Ikan ini termasuk dalam keluarga Serrasalmidae yang mencakup 16 Genus dengan banyak spesies. Untuk catatan genus yang termuat antara lain; Acnodon, Catoprion, Colossoma, Metynnis, Mylesinus, Myleus, Myloplus, Mylossoma, Ossubtus, Piaractus, Pristobrycon, Pygocentrus, Pygopristis, Serrasalmus, Tometes dan Utiaritichthys. Namun semua genus hanya 5 yang termasuk kedalam suku piranha, antara lain Catoprion, Pristobrycon, Pygocentrus, Pygopristis dan Serrasalmus. Ukuran tubuh normal piranha dewasa sekitar 14 hingga 26 cm tergantung spesiesnya.

Piranha memiliki tubuh perak yang ditutupi dengan tambalan merah yang berfungsi sebagai kamuflase di perairan berlumpur yang mereka tinggali. Ikan ini juga dikenal memiliki rahang yang kuat. Walaupun piranha bergigi silet dan berkelompok namun mereka masih memiliki musuh yang bisa memangsa mereka di antaranya yaitu : ikan lumba-lumba, buaya dan kura-kura.


Masa perkawinan ikan piranha berlangsung selama musim hujan pada bulan April dan Mei. Betina bisa mencapai 5.000 butir telur. Karena kedua jantan dan betina merawat telur, 90% telur bertahan sampai menetas. Mereka hidup sampai 25 tahun di alam liar dan 10-20 tahun di penangkaran.

Ikan Piranha berukuran kecil sampai sedang dengan panjang kisaran 5,5 - 17 inci . hidup di sungai-sungai di Amerika Selatan . Beberapa piranha dapat ditemukan di danau dan sungai yang hangat di Amerika Utara dan di Danau Kaptai di Bangladesh. Kata piranha berarti "gigi ikan" dalam bahasa asli Amazon.

Selama ini kita mengenal ikan piranha sebagai ikan terganas dan buas yakni pemakan daging (karnivora), ditambah dengan adanya film-film Holywood yang menggambarkan bagaimana sifat buas ikan piranha membuat ikan piranha dikenal sebagai ikan terganas.

Seperti yang diketahui ikan piranha adalah penghuni asli perairan sungai amazon namun sebenarnya Mitologi keganasan ikan piranha tidak sepenuhnya benar seperti yang didengar atau dilihat dalam film-film. diperkirakan 20an jenis ikan piranha di Amazon adalah omnivora yaitu tidak saja memakan daging tapi juga biji-bijian dari tanaman yang tumbuh di sungai-sungai Amazon.

Tanpa kita ketahui ikan piranha adalah ikan yang enak di konsumsi, penduduk sungai amazon sudah mengetahui tanda-tanda bahaya atau tempat dimana ikan piranha diam, sehingga tidak ada ketakutan penduduk sungai amazon untuk memancing ikan atau bahkan mandi di sungai amazon tersebut. Mereka menangkap ikan Piranha untuk dimakan dagingnya. Gigi-giginya yang tajam juga dapat mereka pergunakan sebagai gunting.

Ikan piranha terbilang ikan yang mudah takut dan stress apabila dipelihara di aquarium. Mungkin beberapa jenis ikan piranha mempunyai temperamen yang berani dan akan menggigit apa saja yang masuk ke dalam aquarium, termasuk jari tangan si pemelihara. Tapi itu lebih karena didorong oleh insting teritorialnya. 


Piranha jenis red bellied nattereri (Pygocentrus Nattereri) adalah yang umum dipelihara sebagai ikan hias. Jenis ini banyak tersedia karena mudah di kembang-biakan. Nattereri biasa hidup berkelompok dan akan menjadi mudah stress atau takut kalau dipelihara hanya single saja di dalam aquarium. 

Di alam tempat hidupnya, makanan utama piranha yaitu dari jenis ikan-ikan kecil seperti jenis cichlid dan catfish. Waktu ukuran kecil, piranha memakan cacing, serangga juga sisik dan sirip ikan yang lebih besar. Ikan piranha kecil ini mendekati dengan cara diam-diam ikan yang di incar dan dengan cepat menggigit sisik ataupun sirip ikan tersebut kemudian lari.

Di Amerika Serikat, ikan Piranha pernah diperjual belikan sebagai ikan hias. Pada tahun 1961 pemerintah Amerika Serikat melarang pemasukan jenis ikan buas ini ke wilayahnya.

Ikan Piranha sudah banyak mengilhami beberapa Sutradara yang membuat Film tentang keganasan ikan Piranha seperti film-film James Bond, film Piranha II, dan game Tomb Raider III. Piranha ini mampu menggigit dan mencabik-cabik daging seorang manusia dalam hitungan menit. Gambaran mentalnya adalah, anda berubah dari manusia yang penuh dengan daging menjadi tulang belulang dalam sekejap. Bahkan mantan presiden AS, Teddy Roosevelt, setelah perjalanan ke Brazil tahun 1913 menulis bahwa piranha merupakan “Ikan yang paling ganas di dunia".




Referensi :
http://www.cianjurupdate.com/2017/05/ikan-piranha-pemakan-daging-dari.html
http://mesyamelantikas.blogspot.co.id/2013/11/ikan-piranha.html
http://ikanhias-id.blogspot.co.id/2017/11/jenis-jenis-ikan-piranha-ikan-pemangsa.html
http://www.asikbelajar.com/2014/09/mengenal-piranha-alias-ikan-harimau.html
Sumber Gambar : Search google picture



No comments: