Crustacea

[Crustacea][btop]

Mollusca

[Mollusca][stack]

Brackish Water

[Perairan payau][grids]

Budidaya Ikan Air Tawar Sebagai Peluang Usaha




Budidaya ikan air tawar merupakan usaha yang menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Kita dapat melihatnya dari budidaya ikan nila, ikan mas dan ikan lele sangat menjanjikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan ikan air tawar lainnya. Ikan nila, ikan mas dan ikan lele dapat dipasarkan dalam keadaan hidup maupun mati dan dapat dibekukan dengan es balok. Budidaya ikan air tawar lebih mudah daripada budidaya ikan air laut maupun ikan air payau. Itu disebabkan oleh ikan air tawar mudah beradaptasi terhadap lingkungan sangat tinggi. Karena itu ikan mas, ikan nila dan ikan lele menjadi primadona dalam bidang budidaya ikan air tawar. 

Keberhasilan dalam budidaya ikan air tawar ditentukan oleh faktor lingkungan. Tanah liat atau lempung sangat baik untuk pembuatan kolam. Tanah yang baik adalah tanah yang dapat menahan masa air yang besar dan tidak bocor. Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap cita rasa ikan, misalnya bau tanah atau lumpur. Hal lain yang sangat penting diperhatikan adalah mutu air. Sumber air bisa berasal dari air sungai, hujan atau air tanah serta air yang digunakan tidak boleh tercemar oleh bahan kimia, minyak atau limbah pabrik. 

Kendala utama budidaya ikan air tawar adalah diperlukan waktu dan biaya yang cukup tinggi. Komponen biaya meliputi: persiapan kolam, pemilihan induk, pemijahan, penetasan, dan pendederan. Biaya lain yang dianggap cukup tinggi adalah untuk pakan dan pemeliharaan terhadap hama dan penyakit ikan. Namun, ikan merupakan bahan pangan yang sangat mudah mengalami kerusakan. Berbagai jenis bakteri dapat menguraikan komponen gizi ikan menjadi senyawa-senyawa berbau busuk dan anyir, seperti indol, skatol, H2S, merkaptan, dan lain-lain.

Keuntungan kita dari budidaya ikan air tawar adalah kita dapat membuat usaha pengembangan atau budidaya bersifat rumah tangga. Selain bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga, juga dapat memenuhi kebutuhan orang lain. Budidaya ini dapat dibuat dengan menggunakan kolam terpal ataupun membuat kolam-kolam kecil. Hal ini dapat menambah pendapatan dan meningkatkan perekonomian masyarakat serta menciptakan lahan pekerjaan.

Usaha budidaya ikan air tawar sangat menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Jenis-jenis ikan yang yang banyak dibudidayakan untuk usaha diantaranya adalah ikan nila, ikan mas dan ikan lele. Ikan-ikan ini memiliki daya tahan yang sangat tinggi terhadapa perubahan lingkungan, sehingga sangat mudah untuk dibudidayakan. Keuntungan lainnya, ikan-ikan ini dapat dipasarkan dengan keadaan hidup maupun mati, dengan cara dijual dalam keadaan segar, dibekukan dengan es balok serta memasukkan oksigen kedalam kantong plastik. Ikan-ikan ini dapat dipasarkan ke rumah-rumah makan, restoran dan para ibu rumah tangga banyak yang mengonsumsinya. Hal ini terjadi karena harga dari ikan-ikan ini sangat terjangkau.



No comments: