Breaking

09 September 2018

Jenis Jenis Ikan Air Tawar Yang Paling di Gemari


Ikan merupakan sumber protein hewani yang baik bagi tubuh. Selain itu ikan juga kaya akan kandungan lemak tak jenuh, yang tidak akan membuat kolesterol menumpuk di tubuh. Meskipun kandungan lemak tak jenuh ikan laut lebih tinggi, namun ikan air tawar juga memiliki kelebihan unggul yang membuat orang lebih memilihnya. Yaitu bebas dari zat kimia merkuri, yang biasa terkandung pada ikan laut akibat pencemaran air laut. Sehingga ikan air tawar lebih aman dikonsumsi bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak balita.

Berikut adalah beberapa jenis ikan air tawar yang paling populer dikalangan masyarakat untuk di konsumsi.

1. Ikan Gurame


harga ikan gurame cenderung lebih mahal dan ikan air tawar jenis ini biasanya banyak disajikan di restoran. Namun harga yang dipatok sesuai dengan ukurannya yang besar dan dapat dinikmati beramai-ramai hingga 4-6 orang. Dengan bentuk pipih dan lebar serta warna cokelat muda, ikan gurame memiliki daging sangat padat. Durinya berukuran besar dan hanya terdapat di tengah atau pinggir badannya, sehingga tidak sulit untuk memilah dan membuang ketika kita menyantapnya. Salah satu resep paling populer untuk ikan ini adalah gurame asam manis, yang lengkap dengan potongan nanas dan saus tomatnya yang berlimpah. Nikmatnya tiada dua, apalagi dinikmati bersama-sama keluarga ataupun kerabat.

2. Ikan Lele


Lele disukai banyak orang karena selain rasanya yang gurih, harganya juga relatif murah dibanding ikan air tawar lainnya. Tubuh ikan lele licin dan panjang yang semakin mengecil ke arah ekor, lele memiliki ciri khas tersendiri yakni kumis yang panjang. Selain digoreng dan disajikan bersama sambel menjadi pecel lele, ikan ini juga dapat dimasak menjadi mangut lele atau dibakar dengan bumbu kecap.

3. Ikan Nila


Ikan nila hampir mirip dengan ikan mujair, memiliki tubuh berukuran sedang dengan panjang maksimal 30 cm, dan berwarna hitam keabuan. Ikan ini paling mudah dibudidayakan sebab pertumbuhannya sangat cepat. Fakta unik dari ikan nila setelah kawin adalah ia (induk betina) memiliki kebiasaan mengulum telur-telur yang telah dibuahi di dalam rongga mulutnya. Perilaku ini disebut mouth breeder (pengeram telur dalam mulut).

4. Ikan Mas


Ikan mas dikenal juga dengan ikan karper mulai dipelihara sekitar tahun 1920-an di Indonesia. Ikan mas yang dipelihara pertama kalinya di Indonesia dibawa dari Tiongkok, Taiwan, Jepang, dan Eropa. Ikan mas ini ada yang dikategorikan sebagai ikan hias dan ada pula yang dikonsumsi. Bentuknya tegak pipih, bersisik normal, dan sirip memanjang. Tapi hati-hati ketika mengkonsumsi ikan ini. Meskipun rasanya sangat gurih dan lezat, namun membutuhkan ketelitian yang tinggi untuk memisahkan duri-durinya yang sangat halus, yang berjumlah banyak di bagian tubuhnya. Gulai kepala ikan mas dapat menjadi referensi olahan yang sangat nikmat atau pepes ikan masyang juga jadi olahan favorit untuk ikan ini.

5. Ikan Bawal


Ikan Bawal memiliki warna campuran antara hitam dan oranye, yang membuat ikan berbentuk pipih dan lebar ini nampak berbeda dari ikan lainnya. Harganya juga cukup terjangkau. Namun hati-hati bila mengonsumsinya, sebab ia memiliki banyak duri halus di tubuhnya. Ikan bawal dapat dinikmati dengan dibakar bumbu kecap atau tumis bumbu tauco dengan irisan banyak cabai yang akan menambah sensasi pedas pada sajian ini.



No comments:

Post a Comment