Breaking

10 September 2018

Pentingnnya Usaha Budidaya Ikan



Indonesia memiliki sumber daya perikanan yang sangat besar. Kita memiliki banyak laut yang berisi ribuan ikan. Lalu kenapa kita harus melakukan budidaya ikan? Apa pentingnya budidaya perikanan itu? Tidak bisakah kita lakukan penagkapan ikan saja tanpa mesti bersusah payah memeliharanya? 

Pernahkah pertanyaan - pertanyaan tersebut terlintas di benak anda? Jika iya mungkin ada baiknya kita lanjutkan lagi membahas hal ini.

Budidaya perikanan menjadi penting karena beberapa hal seperti:

Kebutuhan akan ikan yang semakin meningkat, Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk maka kebutuhan akan makanan termasuk ikan juga akan semakin meningkat. Apalagi dengan semakin meningkatnya pengetahuan masyarakat akan kelebihan ikan sebagai sumber protein yang baik bagi kesehatan peningkatan permintaan akan ikan juga akan semakin besar

Penangkapan ikan secara alami semakin menurun pada spesies tertentu. Pada beberapa jenis ikan, keberadaanya di alam semakin berkurang bahkan ada yang nyaris punah sehingga mesti dilindungi dengan undang undang. Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak bisa sepenuhnya mengandalkan sumber daya ikan hasil penangkapan saja.

Kontinuitas ikan tidak terjamin jika hanya mengandalkan hasil tangkapan dari alam. Hasil produksi perikanan dari sektor perikanan tangkap tidak bisa memberikan jaminan atas kontinuitas produksi. Produksi ikan dari hasil penangkapan di alam akan sangat tergantung pada keadaan cuaca. Jika cuaca buruk maka neelayan tidak berani melaut sehingga pasokan akan ikan juga akan terhenti. Hal ini tentunya tidak akan terjadi pada budidaya perikanan karena ketergantungan akan cuaca akan relatif lebih sedikit.

Untuk mencari keuntungan. Budidaya perikanan tentunya tidak akan dilakukan jika tidak memberi keuntungan. Apalagi jika usaha yang dilakukan ternyata lebih mudah atau resikonya lebih kecil jika dibandingkan dengan melakukan penangkapan ikan

Penangkapan ikan secara terus menerus akan mengakibatkan over fishing. Jika kita hanya melakukan penangkapan saja maka akan terjadi over fishing yang berarti ikan yang ditangkap jauh lebih besar dari kemampuan reproduksi ikan di alam. Sehingga jumlah ikan akan terus berkurang hingga pada akhirnya stok ikan di alam akan habis

Akan tetapi pengembangan budidaya perikanan juga sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung. Faktor yang berpengaruh pada pengembangan budidaya perikanan diantaranya:

1. Faktor sumberdaya alam meliputi, lokasi budidaya, organisme budidaya.
2. Faktor sumberdaya Manusia, kebiasaan masyarakatnya, Kemampuan menerapkan teknologi budidaya.
3. Faktor ilmu Pengetahuan dan Teknologi ilmu rekayasa, ilmu pakan,
4. Faktor sarana dan prasarana pendukung budidaya.
5. Faktor ekonomi, keterjangkauan biaya.

No comments:

Post a Comment