Crustacea

[Crustacea][btop]

Mollusca

[Mollusca][stack]

Brackish Water

[Perairan payau][grids]

Pentingnya Mengenal Karakteristik Ikan Seebagai Dasar Untuk Kegiatan Budidaya Ikan




Dalam melakukan usaha budidaya ikan seorang petani ikan harus memiliki pengetahuan awal tentang fisiologi dan biologi ikan ikan. Dalam mengembangkan sistem budidaya ikan, pengetahuan akan fisiologi ikan yang akan dibudidayakan penting untuk dimiliki agar petani ikan dapat menentukan teknik pemeliharaan, karakteristik ikan dan jenis pakan yang akan diberikan. Beberapa jenis ikan mungkin akan memiliki kebutuhan akan jenis pakan ataupun keadaan media dan lingkungan pemeliharaan yang berbeda pula.

Pengetahuan akan fisiologi dan biologi ikan ini tentunya tidak harus mendetail atau mendalam sekali akan tetapi setidaknya petani harus memiliki gambaran pengetahuan dasar tentang jenis ikan, habitat asal, ataupun makanan alaminya. 

Kita tidak bisa begitu saja misalnya memelihara ikan air laut di air tawar atau sebaliknya memelihara ikan air tawar di air asin. Meskipun ada beberapa jenis ikan yang memiliki toleransi tinggi terhadap kadar garam di perairan sehingga bisa hidup di kedua jenis perairan ini akan tetapi itupun akan memerlukan proses adaptasi di dalamnya.

Pengetahuan dasar tentang ikan yang akan dipelihara juga akan bermanfaat dalam pemilihan jenis pakan yang akan diberikan. Ikan yang secara alami bersifat karnivora dalam arti memakan binatang air atau ikan yang lebih kecil tentunya tidak bisa begitu saja kita pelihara dan diberi makan lumut misanya.

Ikan yang bersifat tenang atau pergerakannya tidak terlalu agresif bisa saja kita pelihara dalam kolam yang dangkal. Akan tetapi ikan yang lincah dan suka melompat mesti dipelihara dalam kolam yang lebih dalam atau diberikan sedikit penutup atau penahan pada tepi kolam agar ikan tidak molompat keluar.

Dengan mengenal karakteristik ikan kita juga akan bisa menetukan metode yang tepat dalam pemeliharaan atau pengembang - biakannya. Jika ikan yang dalam pemijahannya secara alami meletakkan telur dalam suatu substrat di perairan, maka dalam budidaya ikan jenis ini kita juga mesti menempatkan suatu substrat dalam media pemeliharaan tempat mereka memijah nantinya.

Tentunya banyak hal-hal lain lagi yang bisa kita lakukan dalam melakukan budidaya ikan yang baik, jika kita mengetahui pengetahuan tentang fisiologi dan biologi ikan yang akan dibudidayakan.



No comments: