Crustacea

[Crustacea][btop]

Brackish Water

[Perairan payau][grids]

Mengenal Jenis jenis Pakan Pelet Untuk Budidaya Pembesaran Ikan Lele



Pelet merupakan pakan buatan yang biasanya diproduksi oleh pabrik, komposisi pelet terdiri dari berbagai macam tepung seperti; (tepung terigu, ikan, daging, dll) dedak halus, bekatul, bungkil kelapa dan berbagai macam vitamin tambahan.


Referensi dari situs talitakumindonesia.blogspot.com, umumnya pelet terbagi kedalam dua jenis, yaitu terapung dan tenggelam. Kedua pelet ini memiliki kandungan protein yang berbeda-beda.

Pelet Terapung

Dari segi harga pelet terapung lebih mahal dibandingkan pelet tenggelam. Ukuran pelet terapung bervariasi mulai dari bentuk serbuk sampai dengan bentuk butiran.

Kandungan protein pada pelet terapung lebih besar bila dibandingkan jenis pelet tenggelam. Semakin tinggi kandungan protein pada pelet maka semakin tinggi juga harga nya, oleh karena itu pada umumnya peternak lele biasanya mengkombinasikan pemberian pakan pelet.

Biasanya pemberian pakan pelet pada lele disesuaikan dengan ukuran dan tahapan. Pada tahap awal (bibit) lele ukuran 5-6 biasanya diberikan pelet terapung sampai bibit lele tersebut berusia 2 bulan.

Pakan pelet yang diberikan pada tahapan bibit harus memiliki kandungan protein yang lebih tinggi bila dibandingkan pada tahapan pembesaran. 

Hal ini dikarenakan bibit ikan membutuhkan asupan protein dalam jumlah banyak daripada ikan berukuran besar. Dengan kandungan protein yang lebih tinggi maka pertumbuhan benih lele akan lebih cepat berkembang.

Pelet Tenggelam

Kandunganprotein pada pelet tenggelam lebih kecil bila dibandingkan pelet terapung, itu sebabnya banyak peternak lele menggunakan pelet tenggelam pada saat ikan memasuki masa panen.

Pada saat memasuki masa panen biasanya peternak lele lebih konsen untuk meningkatkan bobot/berat ikan. Semakin besar ikan maka kadar protein yang diberikan akan semakin menurun.

Jenis-Jenis Pakan Pelet Yang Biasa Diberikan Pada Bibit Ikan. 

~PF 800

PF yang dimaksud adalah bukan sebuah nama merek melainkan kode untuk menyebutkan besaran/ukuran diameter pelet tersebut.

PF 800 merupakan pelet dengan ukuran diameter 0.8 mm - 1 mm. Pelet ini biaa diberikan pada ikan berumur 30-45 hari atau dengan ukuran 2cm-3cm.

~PF 1000

PF 1000 adalah ukuran pelet dengan diameter 1 mm - 2 mm, pada ikan berumur 45-60 hari atau ukuran 4 cm-7cm.

Jenis-Jenis Pakan Pelet Yang Biasa Diberikan Pada Pembesaran Ikan 

~Pelet 781

781 merupakan nama merek dagang yang dikeluarkan oleh PT. Central Pangan Pratiwi. Pelet ini sangat umum dan hampir dijumpai disetiap toko pakan ternak. Umumnya ada 3 jenis pakan 781 yang dikenal yaitu 781-1, 781-2 dan 781-3.

Semakin besar angka, maka semakin besar diamter pelet tersebut. Biasanya pelet ini diberikan sesuai dengan masa petumbuhan ikan. 781-1 (diameter 2-2,3 mm) diberikan pada masa awal tebar, 781-2 (diameter 2,4-3 mm) diberikan pada saat masa pertumbuhan atau pertengahan, sedangkan 781-3 (diamter 3,2-4 mm) diberikan pada saat memasuki masa panen atau pada indukan lele.

~ Pelet LP

Lp merupakan merek dagang yang dikeluarkan oleh PT. Matahari Sakti. Biasanya pelet jenis LP digunakan setelah pemberian pelet jenis PF 1000.

Kandungan protein LP lebih tinggi bila dibandingkan pelet jenis PF 781. Bagi sebahagian petani berpendapat perbedaaan protein ini mempengaruhi pertumbuhan bibit ikan, namun ada juga yang tidak mempermasalahkan, karena itu tergantung tehknik management pakan yang baik.



Keterangan

Fat : Kadar Lemak

Fiber : Kadar Serat

Ash : Kadar Abu

Moisture : Kadar Air 

Demikian artikel tetang Mengenal Jenis jenis Pakan Pelet Untuk Budidaya Pembesaran Ikan Lele, semoga bermanfaat!!!



No comments: