Ikan Rainbow Boesemani Pelangi Cantik Akuarium



 pasang iklan


 pasang iklan

Ikan rainbow boesemani merupakan salah satu ikan hias air tawar yang memiliki warna yang cemerlang. Ikan yang berasal dari Thailand ini merupakan jenis ikan omnivora atau ikan pemakan segala. Pada habitat aslinya ikan ini biasa hidup pada pH 7-8 dengan suhu air 22-25 derajar celcius. Ikan rainbow boesemani dewasa dapat hidup hingga mencapai panjang 10 cm. Dikalangan masyarakat ikan rainbow biasa disebut ikan pelangi disebabkan warna ikan ranbow kurumoi berwarna seperti pelangi. Warna pelangi tersebut menjadi daya tarik bagi masyarakat penikmat ikan hias.


Ikan rainbow boesemani jantan mempunyai ciri khusus yakni memiliki warna kepala ungu yang memudar menjadi posterior orange dan kuning. Berbeda dengan ikan jantan, ikan betina tidak mempunyai warna se-indah ikan jantan tetapi warna perak yang dimiliki ikan betina memiliki keindahan tersendiri. Warna ikan rainbow ini semakin indah jika dimasukkan kedalam akuarium aquascape yang mempunyai latar belakang tanaman hias atau bisa juga dimasukkan di akuarium hardscape.

Klasifikasi Ilmiah :

Phylum : Chordata
Sub phylum : Vertebrata
Class : Osteichthyes
Subclass : Actinopterygii
Ordo : Atheriniformes
Family : Melanotaeniidae
Genus : Melanotaenia
Spesies : Melanotaenia boesemani
Nama lokal : ikan kaskado, boesman’s rainbowfish

ikan rainbow memiliki bentuk tubuh yang khas yaitu bentuk mulut yang agak panjang, tubuh pipih, sirip punggung dan sirip perut berbentuk simetris mendekati ekor, bentuk sirip ekor agak bercagak, memiliki sirip punggung ganda, sirip punggung pertama lebih kecil dibandingkan sirip punggung kedua yang letaknya berdekatan, sedangkan bentuk kepala untuk ikan jantan lebih kecil dari ikan betina.

Rainbow boesemani pada bagian kepala hingga pertengahan badan terdapat kombinasi warna biru muda kehijau–hijauan sampai gelap metalik. Pada pangkal ekor, berwarna kuning emas. Garis tengah badan (linea lateralis) yang membujur dari tutup insang sampai pangkal ekor berwarna hitam. Kombinasi dari beberapa warna di atas sisik yang keperak–perakan. letak sirip punggung dan anus yang agak kebelakang. Posisi seperti itu memungkinkan boesemani melesat cepat sewaktu berenang

Ikan rainbow jenis ini juga mempunyai keistimewaan lain dibandingkan dengan ikan rainbow jenis lain, yakni mempunyai mata yang besar dan sirip dorsal ganda. Seperti anggota keluarga Melanotaeniidae yang lain, Ikan rainbow boesemani juga menawarkan karakteristik warna hitam keperak-perakan pada sisik yang berbentuk latl dari insang ke ekor.

Ikan rainbow boesemani termasuk ikan damai dan merupakan ikan yang memyukai akuarium besar dengan mempunyai banya ruang untuk berenang. Penggunaan warna substrate gelap seperti kerikil atau pasir malang dapat membantu warna ikan ini semakin terang.

Jenis jenis Ikan Rainbow

Walau ikan ini mempunyai bentuk mulut yang lumayan besar, tetapi bentuk leher mereka cenderung lebih kecil sehingga untuk faktor pemberian makan ikan ini termasuk sedikit. Karena ikan rainbow boesemani termasuk ikan omnivora maka harus diberi makanan diet campuran seperti cacing beku, pelet atau makan hidup jenis lainnya.

Ikan rainbow tergolong dalam famili melanotaenidae yang terdistribusi di Irian Jaya, Papua New Guinea, dan Australia dengan habitat kebanyakan air bersih pada ketinggian di bawah 1500 meter, baik di sungai, danau,dan rawa. Ikan rainbow bersifat endemik di Danau Aitinjo dan Danau Ajamaru, Irian Jaya. Ikan ini aktif pada siang hari (diurnal) untuk mencari makan dan beraktifitas




Referensi :
https://www.mediamaya.net/ikan-rainbow/
http://akuariumhias.blogspot.com/2015/06/ikan-rainbow-boesemani.html
https://elfianpermana010.wordpress.com/2016/12/09/laporan-pembenihan-ikan-rainbow-boesemani/



 pasang iklan

No comments: