Mengenal 9 Jenis Ikan Gabus Yang Cantik dan Menawan Untuk Akuarium



Ikan Gabus dalam bahasa kerennya dikenal dengan nama latin channa.sp. Ikan ini hidup dipelbagai perairan tawar, seperti sungai danau, rawa-rawa dan perairan tawar lainnya. Ikan gabus diketahui memiliki banyak jenis dan dari setiap jenisnya memiliki ciri khas masing-masing. Artikel kali ini akan sedikit membahas tentang mengenal 9 jenis ikan gabus yang cantik serta menawan Akuarium.


1. Channa Barca

Channa barca adalah jenis ikan gabus hias yang memiliki harga cukup mahal. Chana barca memiliki bentuk tubuh yang unik dan memiliki warna yang menawan bila dibandingkan dengan jenis gabus lainnya. Siripnya sangat panjan menjuntai dengan warna orange pada ujungnya, warna tuubuh yang indah dan bentuk tubuh yang unik membuat ikan gabus ini menjadi spesial. Kelangkaan dan susahnya ditemukan karena habitatnya berada didaerah rawan konflik, menjadi penyebab ikan gabus ini memiliki harga yang mahal. Ikan gabus Chana barca dapat ditemukan di sungai brahmaputra di Negara Asla India dan Bangladesh. Ikan ini juga telah dinilai sebagai ikan yang terancam punah di Bangladesh oleh IUCN pada tahun 2014.


2. Channa Asiatica

Channa Asiatica memrupakan jenis gabus hias yang memiliki 2 varian yaitu biasa disebut sebagai Redspot dan Whitespot. Asiatica redspot sendiri mempunyai harga yang lebih mahal dari chana asiatica yang white spot. Habitatnya berada diperairan yang sangat beragam yaitu dari mulai area-area hutan yang tergenang, genangan-genangan air dan aliran-aliran sungai yang berarus pelan. Dihabitatnya sering ditemukan bersembunyi di akar-akar pohon, ranting-ranting dan daun-daun kering. Dan diketahui ikan ini menghindari area yang berarus sangat deras


3. Channa Aurantimaculata

Ikan gabus ini cukup populer dikalangan pecinta ikan predator atau pecinta ikan gabus karena memiliki warna tubuh yang indah dengan warna cokelat yang bercampur dengan garis garis orange vertikal. Bentuk kepala ikan gabus ini sedikit lebih kecil, sehingga sirip badan yang membentang sepanjang badannya tampak lebih besar. Kepalanya juga memiliki warna sedikit kebiruan. Diketahui pemeliharaannya cukup mudah karena ikan gabus umumnya adalah ikan yang kuat dan cukup tahan diberbagai kondisi perairan dan jika anda memelihara ikan ini bisa diakuarium tanpa perlu menggunakan filter. 

4. Channa Marulioides

Channa marulioides merupakan ikan gabus asli Indonesia yang biasa dapat ditemukan dipulau Kalimantan dan pulau Sumatera. Gabus ini dapat tumbuh cukup besar yakni dapat mencapai panjang 100cm. Dikalimantan Channa marulioides dikenal dengan beberapa nama yang diantaranya disebut dengan peyang sedang di sumatera gabus ini dikenal dengan nama jalai. Gabus jenis ini memiliki warna yang hitam pekan dengan kekuningan saat setelah dewasa.


5. Channa Stewartii

Channa stewartii merukan ikan gabus yang berasal dari Nepal dan India. Ikan ini hampir mirip dengan channa barca, bahkan dikalangan penghobi, ikan ini disebut sebagai jenis channa barca KW. 

6. Channa Pulchra

Gabus jenis channa pulchra merupakan jenis gabus yang berasal dari Myanmar dari daerah subtropis yang dimana aliran air bisa sangat dingin karena aliran air dari gunung himalaya mengalir kehabitatnya. 


7. Channa Ornatipinnis

Channa Ornatipinnis termasuk jenis ikan gabus kerdil. ikan ini hampir mirip dengan channa pulchra dimana dengan warna tubuh kebiruan dan terdapat bintik-bintik pada bagian kepala dan tubuhnya 

8. Channa Bleheri 

Channa bleheri atau therainbow snakehead adalah spesies ikan gabus kerdil yang berasal dari lembah brahmaputra di India. Ikan ini adalah salah satu jenis gabus paling berwarna dan juga merupakan spesies favorit untuk akuarium bagi para pecintanya. Gabus ini dapat tubuh hingga 17cm di panjang standar dan merupakan bagian dari kelompok yang dikenal sangat informal sebagai snakehead kerdil.


9. Channa Andrao

Channa andrao merupakan spesies gabus kecil yang berasal dari perairan yang berada di kaki gunung himalaya dan asam India. Ukuran maksimal hanya 10 - 15 cm. ikan ini cocok dipelihara pada akuarium yang tidak memiliki space luas.

Demikian artikel singkat tentang 9 jenis ikan gabus yang diambil dari sumber youtube video wawasan venus tentang 13 jenis ikan gabus hias. https://youtu.be/mN_suObWvPU. Terimakasih semoga sedikit menambah wawasan kita



No comments: