Mengenal Beberapa Jenis Fitoplankton Beserta Klasifikasinya



Fitoplankton adalah sekelompok dari biota tumbuh-tumbuhan autotrof, mempunyai klorofil dan pigmen lainnya di dalam selnya dan mampu untuk menyerap energi radiasi dan CO2 untuk melakukan fotosintesis. Biota tersebut mampu mensintesis bahan-bahan anorganik untuk dirubah menjadi bahan organik (yang terpenting yaitu karbohidrat).


Seluruh plankton dari golongan fitoplankton memiliki warna, dimana sebagian berwarna hijau karena mengandung berbagai jenis pigmen klorofil, yaitu klorofil a sampai klorofil d. Meskipun demikian, penamaan atau penggolongan algae berdasarkan kepada dasar warna, meskipun kandungan pigmen terdiri dari beberapa pigmen.

Klasifikasi Jenis Jenis Fitoplankton :

Klasifikasi Pediastrum sp. :

Division : Chlorophyta
Class : Chlorophyceae
Ordo : Chlorococcales
Famili : Hidrodictyaceae
Genus : Pediastrum
Species : Pediastrum sp.

Ciri-ciri sel dan koloni tanpa selabung gelatin yang mencolok, sel membentuk seperti piring datar melingkar, sel tubuh dalam bentuk poligonal, dengan tanduk menyerupai tonjolan.

Klasifikasi Chlorococcum sp. :

Domain : Eukaryota
Kerajaan : Plantae
Divisi : Chlorophyta
Kelas : Chlorophyceae
Ordo : Chlorococcales
Famili : Chlorococcaceae
Genus : Chlorococcum
Spesies : Chlorococcum sp.

Chlorococcum sp. adalah ganggang hijau bersel tunggal yang hidup di air tawar, berkembangbiak secara vegetatif dan generatif. Perkembangbiakan Chlorococcum secara vegetatif adalah dengan membentuk zoospora. Tiap sel Chlorococcum dewasa yang tidak berflagel, inti dan plasmanya dapat membelah dan menghasilkan delapan sampai dengan enam belas zoospora. Tiap zoospora berflagel sepasang. Perkembangbiakannya secara generatif terjadi dengan konjugasi zoospora. Hasil konjugasi berupa zigospora. Setelah zigospora masak, dindingnya akan pecah dan menghasilkan beberapa zoospora. Selanjutnya, setiap zoospora akan menanggalkan flagelumnya dan tumbuh menjadi individu dewasa.

Klasifikasi Closterium sp. :

Kingdom : Plantae
Divisi : Charophyta
Class : Zygnemophyceae
Ordo : Desmidiales
Family : Closteriaceae
Genus : Closterium
Speseies : Closterium sp. 

Bentuknya mirip seperti sabit memanjang, melengkung dan meruncing di bagian ujungnya, memiliki kloroplast sehingga dapat berfotosintesis, memiliki banyak vakuola di bagian ujung. Reproduksi dengan aseksual yaitu dengan pembelahan biner, sedangkan dengan seksual yaitu dengan konjungasi untuk membentuk sebuah hypnozyngote, habitat Closterium sp yaitu pada daerah-daerah perairan.Sangat penting dalam ekosistem perairan karena merupakan produsen primer yaitu dapat sebagai penghasil oksigen dan zat organik.

Klasifikasi Plectonema sp. :

Domain : Bakteri
Phylum : Cyanobacteria
Kelas : Cyanobacteria
Order : Oscillatoriales
Family : Oscillatoriaceae
Genus : Plectonema
Spesies : Plectonema sp.

Plectonema palsu bercabang, biasanya biru-hijau, einzellreihige benang dengan diameter 0,7-22 mikron. Silinder mereka sel mengandung, seperti itu dari semua bakteri, baik inti maupun plastida . Setiap thread di selubung agar-agar tipis. Plectonema palsu bercabang terjadi pertumbuhan kabisat, sedangkan lingkaran terbentuk dalam thread, meledak dari selubung agar-agar, biasanya setelah kematian sel. Cabang-cabang lateral yang dihasilkan masing-masing selubung agar-agar bentuk baru.

Klasifikasi Golenkinia sp. :

Domain : Eukaryota
Kingdom : Plantae
Division : Chlorophyta
Class : Chlorophycae
Order : Chlorococcales
Family : Micractiniaceae
Genus : Golenkinia sp.
Golenkinia sp. merupakan alga hijau uniseluler.

Klasifikasi Coelastrum sp. :

Kingdom : Plantae
Devisio : Chlorophyta
Classis : Chlorophyceae
Ordo : Chlorococcales
Familia : Coelastraceae
Genus : Coelastrum
Spesies : Coelastrum sp.

Merupakan tumbuhan talus,dengan 1 inti yang mengandung kloroplas dengan membentuk koloni,hidup di perairan tawar ,tembok dan kulit pohon yang lembab,bersifat autotrof dan ada pula yang bersimbiosis dengan organisme lain,pekembangbiakan dengan vegetatif membentuk zoospore sedangkan generatif dengan isogami.

Klasifikasi Coelastrum microporum :

Kingdom : Plantae
Phylum : Chlorophyta
Class : Chlorophyceae
Order : Sphaeropleales
Family : Scenedesmaceae
Genus : Coelastrum
Species : Coelastrum microporum

Struktur halus dari Coelastrum microporum dijelaskan berkaitan dengan organisasi sitologi nya. Dinding sel organisme ini double layered. Lapisan dinding ini banyak proyeksi pendek, disebut "papila," yang bersama-sama dengan bahan agar-agar tertentu muncul untuk mengikat sel-sel coenobium bersama Inti membelah sebuah sel vegetatif menunjukkan disposisi perifer dan berisi satu berlokasi nucleolus Ribosom yang umumnya terkait dengan membran luar selubung nukleus.

Klasifikasi Arcella sp. :

Kingdom : Protista
Phylum : Protozoa
Kelas : Hulea 
Ordo : Arcellenida 
Family : Arcellideae
Genus : Arcella
Spesies : Arcella sp

Acrella memiliki ciri kerangka luar dan berada diperairan tawar

Klasifikasi Penium spirostriolatum :

Divisi : Chlorophyta
Kelas : Chlorophyceae
Bangsa : Zygnematales
Suku : Desmidiaceae
Marga : Penium
Jenis : Penium spirostriolatum

Ciri-ciri Bentuknya seperti pita. Silinder Placoderm, ujung tumpul, unicell, dinding Laterl dalam berbagai spesies adalah datar atau nodular. Habitat air tawar di perairan tergenang.

Klasifikasi Gomphonema sp. :

Kingdom : Diatomea
Phylum : Bacillariophytina
Kelas : Bacillariophyceae
Ordo : Cymbellales
Famili : Gomphonemataceae
Genus : Gomphonema
Spesies : Gomphonema sp.

Ghomphonema sp. merupakan jenis diatom epilitik yang mampu hidup pada kondisi lingkungan dengan UVR (ultraviolet radiation) tinggi. Keberadaan Ghomphonema sp. juga mengindikasikan bahwa telah terjadi pencemaran sedang pada perairan tersebut. Gomphonema angustatum adalah toleran dan mampu hidup pada perairan yang tercemar sedang

Referensi : Academia.edu, Laporan praktikum "Pengenalan Jenis-jenis Plankton".



No comments: