Ikan Hias Galaxy Rasbora (Danio margaritatus)



 pasang iklan


 pasang iklan

Ikan Galaxy Rasbora umum di kenal dengan Celestrial Pearl Danio adalah ikan cyprinidae kecil yang berasal Myanmar tepatnya di danau Inle. Ikan ini benar-benar mini dengan panjang standard 1, 5 – 2 cm, dan memiliki wujud fisik serta rutinitas yang sama juga dengan spesies danio yang lain. Galaxy rasbora memiliki warna badan yang cerah dengan tunjukkan sebagian sexual dimorphism. Pejantan memiliki warna background badan biru cerah (betina condong biru – hijau pucat) dengan badan yang umumnya memiliki ukuran semakin besar di banding betina. Badan ikan ini ditaburi dengan adanya banyak titik – titik mutiara kecil dengan warna sirip yang strip hitam - merah. Ikan betina memiliki warna perut yang kekuningan dengan sirip berwarna merah atau orange muda.


Meski memiliki ukuran tubuh yang terbilang sangat kecil dan mini, ikan Galaxy Rasbora dapat memikat hati masyarakat, khususnya para pecinta ikan hias, dengan warnanya yang cerah menawan. Uniknya, cara membedakan jenis kelamin Galaxy Rasbora, apakah ikan tersebut jantan atau betina adalah dengan melihat perbedaan warnanya. Hal tersebut dikarenakan ikan Galaxy Rasbora merupakan jenis ikan hias yang memiliki sexual dimorphism. 

Ikan Galaxy Rasbora jantan biasanya berwarna biru cerah, sedangkan warna biru pada tubuh ikan betina terlihat lebih pucat. Selain itu, ukuran tubuh Galaxy Rasbora jantan lebih besar jika dibandingkan dengan betinanya. Pada tubuh Galaxy Rasbora jantan, ditemukan bintik-bintik yang terlihat seperti titik, menyerupai mutiara yang berukuran kecil, dengan siripnya yang berwarna hitam merah berpola strip. Sedangkan pada ikan betina, memiliki perut yang berwarna kekuningan serta siripnya yang dihiasi dengan warna merah muda atau oranye muda.

Klasifikasi Ilmiah :

Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Actinopterygii
Order : Cypriniformes
Family : Cyprinidae
Genus : Danio
Species : Danio margaritatus

Ikan Galaxy Rasbora adalah jenis ikan yang menyukai perairan yang berarus di mana terdapat berbagai macam tanaman air. Pengaturan suhu untuk Galaxy Rasbora adalah sekitar 20 sampai 26 derajat Celsius, dengan pH sekitar 6.5 sampai 7.5. Ikan hias asal Myanmar ini gemar hidup di perairan yang dangkal dengan kondisi suhu yang hangat pada saat musim panas tiba. 


Ikan Galaxy Rasbora tergolong jenis ikan omnivora, ia gemar memakan hewan-hewan invertebrate yang ukuran tubuhnya kecil, ganggang(algae), dan zooplankton. Pada saat dipelihara di dalam akuarium, ikan hias ini dapat diberikan pakan berupa makanan kering, artemia, dan daphnia supaya mampu melakukan reproduksi dengan lebih optimal. Untuk proses reproduksi dapat dengan meletakkan ikan Galaxy Rasbora ke dalam akuarium dengan ukuran 30 x 20 x 20 cm.

Karena ikan hias ini ikan yang sangat kecil, maka pembenihannya tidak memerlukan area yang sangat luas. Selain itu, tidak terlalu diperlukan filtrasi atau pengaturan pencahayaan. Hanya saja, bila ada dan memungkinkan sebaiknya dilengkapi dengan aerasi. Biasanya setelah perkawinan terjadi, telur-telur ikan betina akan menetas dalam kurun waktu sekitar 3 sampai 4 hari.

Di habitat aslinya, ikan ini tempati kolam – kolam kecil yang dangkal serta bersuhu hangat waktu musim panas. Galaksi rasbora berbentuk omnivora dengan mengonsumsi invertebrata kecil, alga serta zooplankton yang lain. Di aquarium juga direferensikan selalu untuk berikan pakan hidup seperti Daphnia, Artemia serta sebagian dryfood. Pemberian pakan hidup akan mendorong ikan untuk lakukan breeding/reproduksi. Breeding bisa dikerjakan di aquarium dengan sediakan tangki memiliki ukuran 30 x 20 x 20 cm serta berisi sebagian tanaman seperti wool mops serta java moss, serta terus disiapkan area yang cukup untuk berenang. Tangki tak membutuhkan ada pencahayaan serta filtrasi, cukup alat gelembung hawa bila ada.


Sepasang ikan dewasa diletakkan ke dalam setiap tangki breeding, hal semacam ini mempunyai tujuan untuk kurangi kemungkinan jantan supaya tak mengonsumsi telur mereka. Sesudah sistem bertelur usai, pisahkan ikan dewasa lantaran mereka bakal mengonsumsi apa pun yang ada serta juga untuk memulihkan keadaan betina. Bila setting breeding dikerjakan dengan meletakkan satu jantan serta sebagian betina maka yang dipindahkan yaitu telurnya memakai pipet. Telur bakal menetas sesudah 3 – 4 hari serta anakan ikan itu bisa mengonsumsi paramaecium, artemia naupli serta microworm, atau apa pun yang memiliki ukuran 5 – 50 micron. Jika Pembaca sekalian ingin berkomentar silahkan pada kolam komentar dibawah. Saya juga sudah upload video untuk jenis ikan ini, silahkan dilihat dibawah ini.




Referensi :
http://akuariumhias.blogspot.com/2014/06/ikan-galaxy-rasbora.html
http://glowsilver.blogspot.com/2017/01/keunikan-ikan-galaxy-rasbora.html



 pasang iklan


No comments: