Mengenal Ikan Hias Ramirezi Cichlid Mungil Penghias Akuarium



 pasang iklan


 pasang iklan

Ikan Ramirezi (Mikrogeophagus ramirezi) merupakan ikan air tawar yang bentuk tubuhnya yang memanjang dengan badan yang agak pipih. Kepalanya berukuran agak besar dengan mata yang berwarna merah saga di bagian iris dan pupil yang berwarna hitam. Di bagian atas tubuhnya terdapat sirip yang tegak berdiri dan bergerigi di bagian ujung siripnya. Di bagian bawah insangnya terdapat dua buah sirip yang tumbuh memanjang dengan bentuk mirip sirip ikan Cupang. Selain itu, di bagian bawah perut dekat ekor terdapat juga sirip yang berukuran kecil. Ekor ikan Remirezi berukuran sedang dengan bentuk mirip kipas yang lagi dibentangkan.

BDP Pict

Mikrogeophagus ramirezi merupakan salah satu jenis ikan cichlid yang sangat cantik dan menarik namun peminatnya di Indonesia masih kurang popular. Ikan ini adalah jenis ikan omnivora dan tergolong ikan pemalu. Ikan ini sangat gemar bersembunyi di dalam lubang sehingga memerlukan tempat persembunyian dalam wadah jika ingin memelihara ikan ini. Meskipun ikan ini pada umumnya damai untuk ikan lain, ramirezi bisa sangat agresif pada ikan selain dari spesies mereka. Induk ramirezi dapat menjadi pelindung benih ikan yang sangat galak bahkan akan sering melawan ikan yang berniat untuk mengganggu yang jauh lebih besar sekalipun.

Klasifikasi Ilmiah 

Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Actinopterygii
Order : Perciformes
Family : Cichlidae
Sub Family : Geophaginae
Genus : Mikrogeophagus
Species : M Remirezi

Tubuh ikan Remirezi tampak berwarna-warni yang terdiri dari warna hitam, kuning, biru, kuning, dan merah. Variasi warna yang ada di tubuh ikan mungil ini membentuk pola vertikal yang garis tipis dan tebal dengan memanjang. Pada bagian kepala dan badannya terdapat bintik-bintik hitam berukuran lumayan besar mirip seperti ikan Sepat Siam hias. Begitu juga dengan sirip dan ekornya yang dibungkus variasi warna cerah dan terdapat pola bintik-bintik kecil dengan warna biru laut. Dengan paduan warna yang sangat cerah di tubuh ikan Remirezi membuat tampilannya sangat indah saat berenang di air jernih dan terpapar cahaya.

Jenis ikan Ramirezi bukanlah penghuni perairan tawar manapun di Indonesia sebab keberadaannya berasal dari negara Venezuela dan Kolombia. Selain itu nama ikan bermata merah ini sangatlah banyak mulai dari German Blue Ram Fish, Mikrogeophagus Ramirezi, Golden Ram, dan Butterfly Cichlid Ram Chichlid. Dikatakan bahwa ukuran tubuh ikan Ramirezi tergolong kecil dengan panjang hanya sekitar 7 cm saja. Walaupun tubuhnya tampak kecil tapi ikan ini dikenal sebagai pemakan ikan atau hewan air lainnya dengan mencarinya di dasar sungai.


Ramiresi (Apistograma ramirezi) aslinya berasal dari Venezuela dan Kolombia. Ikan ini bersifat omnivora dan tergolong ikan pemalu. Kesenangannya bersembunyi dalam lubang sehingga perlu tempat persembunyian dalam wadah pemeliharaan. Ukuran tubuh maksimal sekitar 6 cm. Warna tubuh merah tua ditutupi garis melintang warna biru yang Samar di semua tubuh. Warna sirip merah dan dilengkapi warna agak pelangi. Suhu pemeliharaan yang baik antara 27-29° C. Sementara pH airnya antara 6,5-7,0 dan kekerasan 3-7° dH.

Pemijahan dapat dilakukan secara masal dengan perbandingan jantan dan betina 1 : 1. Air untuk pemijahan, sekitar pH 6,5. Induk jantan ditandai dengan warna tubuh sangat cerah dan sirip sedikit lebih panjang. Sementara induk betina yang siap berpijah ditandai dengan perutnya tampak gendut.

Sarang dapat dibuat dari pot bunga yang dimiringkan atau potongan paralon. Telur akan disembunyikan dalam sarang melalui lubang kecil. Telur tersebut akan menetas dalam waktu 2-3 hari. Larva yang menetas akan berenang cepat. Pakan larva tersebut berupa infusoria, rotifera, ataupun kutu air halus atau saring. Larva tersebut biasanya diasuh induknya hingga 15 hari.


Setelah 15 hari, anak-anak ikan dipisahkan dari induknya. Perawatan selanjutnya dengan pemberian kutu air saring atau cacing sutera. Pakan buatan berupa pelet halus pun dapat diberikan. Ikan untuk induk harus sudah berumur enam bulan. Sementara ukuran mulai dapat dijual adalah 2,5 cm dengan waktu pemeliharaan 3-4 bulan.




Referensi :
Darti S.L dan Iwan D. Penebar Swadaya, 2006
https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengulik-keindahan-ikan-ramirezi
https://www.majalahikan.com/2016/05/cantiknya-german-blue-ram-fish-ramirezi.html



 pasang iklan


No comments: