Beragam Manfaat dan Khasiat Rumput Laut Untuk Kesehatan Tubuh Manusia



 pasang iklan


 pasang iklan

Rumput laut adalah salah satu jenis seafood yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Selain bisa dijadikan bermacam-macam produk olahan, rumput laut juga menawarkan kandungan protein yang cukup tinggi. Di Indonesia, rumput laut kini sudah mulai serius di budidayakan, mengingat permintaan pasar dalam maupun luar negeri semakin meningkat. Selain itu, perairan di wilayah Indonesia memang sangat luas serta didukung iklim yang cocok sehingga potensial untuk membudidayakan jenis ganggang ini. Di dalam negeri sendiri, rumput laut biasanya diolah menjadi beberapa jenis makanan, seperti keripik rumput laut, campuran es buah, dodol rumput laut dan sebagainya. Rumput laut masuk ke dalam kelompok algae dan terdiri dari beberapa tipe seperti alga cokelat, alga merah, dan alga hijau. Makanan yang disajikan dengan rumput laut ini rata-rata berasal dari Asia. Namun, tahukah Anda bahwa rumput laut bukan saja lezat, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan.



Rumput laut rendah kalori dan serat, tetapi mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral termasuk magnesium, mangan, kalsium, folat, zat besi, yodium, kalium, sodium, dan tembaga, dalam jumlah yang cukup tinggi.Selain itu, rumput laut juga mengandung antioksidan, vitamin A, C, E, K, kolin dan fosfor meski dalam jumlah sedikit.

Rumput laut disebut juga sayuran laut, atau marine vegetables. Kita tahu bahwa sayuran memiliki kalori yang rendah. Semangkuk rumput laut mentah atau rumput laut wakame memiliki mengandung kurang dari 20 kalori. Mau tahu apa saja manfaat rumput laut bagi kesehatan? Simak berikut ini:

Membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan
Beberapa jenis rumput laut, seperti rumput laut cokelat, mengandung pigmen fucoxanthin, yang dapat membantu metabolisme tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Food Chemistry, ditemukan bahwa alginat (serat alami yang terdapat pada rumput laut cokelat) dapat membantu sekitar 75% untuk menghalangi penyerapan lemak pada usus.

Membantu mempercepat penyembuhan luka

Manfaat rumput laut yang tak kalah penting adalah membantu luka agar cepat sembuh. Rumput laut kaya akan vitamin K, dan vitamin ini berkoordinasi dengan trombosit – jenis sel yang dapat membentuk gumpalan/pembekuan darah. Vitamin K akan mengirim sinyal kimia di mana trombosit mengumpulkan darah dan membekukannya, sehingga saat Anda terluka, luka tersebut akan berhenti mengalir. Anda bisa memilih jenis rumput mana pun, namun perlu diketahui bahwa wakame memiliki kandungan vitamin K yang lebih sedikit.

Menguatkan tulang dan gigi
Rumput laut juga mengandung kalsium. Jika Anda alergi terhadap susu sapi pertimbangkan makanan lain yang mengandung kalsium. Rumput laut, dan wakame terdiri dari 60 mg kalsium, sekitar 6 % dari kebutuhan kalsium harian. Kurangnya kalsium dapat berdampak pada otot, dan sel yang berkoordinasi dengan sistem saraf.

Meningkatkan energi
Kandungan lainnya yang terdapat pada rumput laut adalah zat besi. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari zat besi adalah memproduksi energi yang butuh untuk dibakar oleh tubuh saat melakukan aktivitas harian. Kurangnya zat besi dapat menyebabkan anemia, sehingga Anda menjadi mudah lemah dan lesu. Anda bisa menambah asupan zat besi dengan memakan rumput laut. Semangkuk rumput laut menyediakan 1,1 atau 0,8 mg zat besi. Memasukkan rumput laut ke dalam makanan sehari-hari dapat membantu Anda mencapai kebutuhan 8 mg zat besi harian pada laki-laki, atau 18 mg zat besi untuk perempuan.

Baik untuk penderita diabetes dan kolesterol
Rumput laut juga mengandung omega-3 asam lemak. Selembar rumput laut memiliki kandungan omega-3 asam lemak yang sama dengan dua alpukat. Fungsi dari omega-3 asam lemak adalah meningkatkan kolesterol baik atau HDL, serta mengurangi kolesterol jahat atau LDL.

Terhindar dari pembengkakan kelenjar tiroid

Kandungan yodium yang ada pada rumput laut ini merupakan sesuatu yang cukup jarang ditemukan pada makanan lainnya. Mengonsumsi level yodium yang sehat penting untuk mempertahankan tiroid yang sehat. Tiroid yang bermasalah dapat menyebabkan beberapa gejala seperti rasa lemah, otot pun melemah, kolesterol tinggi, bahkan pada kasus yang parah dapat menyebabkan kondisi medis yang serius seperti gondok, jantung berdebar-debar, serta memori yang terganggu.

Melawan penyakit
Vitamin yang terkandung pada rumput laut memang banyak, seperti magnesium, copper, zinc, riboflavin, niacin, thiamin, vitamin A, B12, B6, dan C. Beberapa nutrisi tersebut adalah antioksidan. Selain mengandung flavonoid, rumput laut juga mengandung antioksidan tinggi lainnya seperti karotenoid. Antioksidan sendiri berfungsi untuk mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas, serta baik untuk kesehatan kardiovaskular.

Memperlambat penyebaran kanker payudara
Penelitian baru-baru ini menemukan sayuran laut dapat mengatur kadar estrogen, sehingga risiko terkena kanker payudara pun berkurang. Namun, bukan berarti rumput laut ini digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit, atau menjamin perlindungan terhadap penyakit.

Sumber baik dari serat dan polisakarida
Rumput laut memiliki kandungan serat dalam jumlah tinggi, yang diketahui dapat menunjang kesehatan saluran cerna. Selain itu, polisakarida pada rumput laut juga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang terdapat pada saluran cerna.

Sumber vitamin dan mineral yang baik
Masing-masing jenis rumput laut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda-beda. Menambahkan sedikit rumput laut dalam menu makanan sehari-hari tidak hanya menambahkan cita rasa dan tekstur pada makanan Anda, namun juga merupakan cara yang baik untuk menambah asupan vitamin dan mineral.

Rumput laut mengandung vitamin A, C, E, dan K, serta asam folat, zink, natrium, kalsium, dan magnesium. Selain itu, rumput laut juga dapat menjadi sumber yang baik untuk lemak omega-3 dan vitamin B12. Protein yang terkandung pada beberapa jenis rumput laut, seperti spirulina dan chorella, juga mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Melancarkan sistem pencernaan tubuh
Rumput laut bisa memberikan efek yang bagus bagi sistem pencernaan tubuh. Jika Anda mengonsumsi rumput laut setiap hari, maka Anda bisa meningkatkan fungsi dari sitem pencernaan. Rumput laut memiliki kandungan serat dalam jumlah tinggi, yang diketahui dapat menunjang kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, polisakarida pada rumput laut juga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang terdapat pada saluran cerna. Dengan terjaganya sistem pencernaan maka Anda juga lebih mudah untuk mengendalikan berat badan.

Menjaga kadar hormon
Rumput laut juga kaya akan kandungan vitamin K sehingga jika Anda mengonsumsinya setiap hari, maka Anda bisa mendukung kelenjar adrenal dalam tubuh sehingga hormon di dalam tubuh pun menjadi lebih seimbang dan membuat banyak organ tubuh yang bekerja dengan normal.

Meningkatkan libido
Khasiat rumput laut juga dipercaya bisa meningkatkan kadar libido dalam tubuh. Disamping membuat gairah bersama pasangan menjadi lebih baik, rumput laut juga diklaim mampu membuat tingkat kesuburan seseorang meningkat dengan signifikan.

Mencegah kerusakan sel
Manfaat rumput laut lainnya adalah menurunkan reaktivitas dari radikal bebas. Produksi radikal bebas yang berlebih merupakan penyebab terjadinya beberapa jenis penyakit tertentu. Jika Anda rutin mengonsumsi rumput laut, kemungkinan terjadinya kerusakan sel menjadi lebih rendah. Flavonoid dan karotenoid, dua komponen yang terdapat pada rumput laut diketahui dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menjaga kesehatan jantung
Dengan kandungan serat larut, asam lemak omega-3 dan antioksidan, rumput laut bermanfaat untuk kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan gizi dalam rumput laut mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL), menurunkan tekanan darah serta mencegah pembekuan darah. Namun, hasil penelitian masih diperlukan studi lanjutan untuk memperkuat bukti ini.

Menstabilkan gula darah
Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat, yang bisa didapat dari sayur, buah, dan rumput laut, dapat membantu memperbaiki kadar gula darah. Senyawa fucoxantin dan alginat dalam rumput laut diyakini dapat mengurangi resistensi insulin dan menstabilkan kadar gula darah, serta mencegah diabetes tipe 2.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sejumlah penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dan anti-alergenik dalam rumput laut memiliki kemampuan untuk melawan berbagai virus, seperti herpes dan HIV, dengan menghalanginya masuk ke dalam sel tubuh. Namun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan efeknya pada manusia.

Meningkatkan kesehatan usus
Kandungan serat dalam rumput laut dapat membantu mencegah sembelit dan memastikan pencernaan berjalan lancar. Rumput laut juga mengandung prebiotik yang menguntungkan untuk usus dan mengurangi risiko infeksi bakteri tertentu yang berbahaya.

Menurunkan risiko kanker tertentu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat rumput laut yang rutin dikonsumsi dapat menurunkan risiko kanker payudara. Serat larut yang ditemukan dalam rumput laut juga dipercaya dapat membantu menekan perkembangan kanker usus besar. Namun, penelitian lanjutan masih diperlukan untuk membuktikan hal ini.




Rumput laut merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sering dikonsumsi di beberapa negara Asia. Berbagai dampak positif bagi kesehatan seperti di atas bisa Anda dapatkan bila mengonsumsi rumput laut secara rutin. Meski baik untuk kesehatan, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi rumput laut yang kaya yodium ini. Kelebihan yodium dapat mendatangkan masalah kesehatan berupa risiko perdarahan, gangguan tiroid, dan masalah ginjal. Rumput laut juga mengandung zat logam, seperti merkuri, timbal, dan cadmium, yang bisa berbahaya bagi tubuh. Karena itu, disarankan untuk membatasi asupan rumput laut sebanyak 4 gram per hari dan sebaiknya dikombinasikan dengan sumber makanan sehat lainnya untuk mendapatkan manfaat yang optimal.



Referensi :
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-rumput-laut/
https://doktersehat.com/rumput-laut-yang-sangat-baik-bagi-tubuh/
https://www.alodokter.com/mari-kita-nikmati-manfaat-rumput-laut
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3598822/5-manfaat-rumput-laut-untuk-kesehatan



 pasang iklan


No comments: