Ikan Louhan (Amphilophus trimaculatus) Primadona Ikan Hias Tahun 2000an



 pasang iklan


 pasang iklan

Ikan Louhan atau dalam bahasa inggris disebut dengan Flowerhorn adalah salah satu jenis ikan hias yang cukup populer dan banyak dipelihara untuk disimpan kedalam akuarium dan tentu salah satu tujuannya adalah untuk memperindah teras, halaman depan rumah atau sekitar ruang tamu. Ikan tersebut sempat booming pada tahun dua ribuan, Jadi tidak heran jika nama atau sebutan ikan louhan tidak begitu asing bagi masyarakat indonesia.


Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan hias yang pertama kali muncul di Negara Malaysia pada tahun 1993. Istilah ikan louhan itu sendiri berasal dari kata “hua louhan” yang berarti “dewi pelindung”. Bagi masyarakat tertentu ikan louhan ini dipercaya sebagai pelindung bagi siapa saja yang memeliharanya. Kecantikan warna sisik dan keunikan bentuk dahinya membuat banyak orang yang menyukai ikan hias yang satu ini. Satu hal yang paling unik dan fenomenal dari ikan louhan ini adalah sisiknya yang terkadang terdapat motif berupa huruf latin/mandarin/angka yang unik. Tak heran motif-motif unik ini dijadikan dasar kepercayaan bahwa ikan louhan ini tak lain adalah ikan pembawa “hoki” bagi si pemiliknya.

Klasifikasi Ilmiah :

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Cichlidae
Genus: Amphilophus
Spesies: Amphilophus trimaculatus

Ada ciri khas yang terdapat pada ikan louhan yaitu pada bagian tubuh memiliki varian warna yang cerah, menarik dan juga beberapa keunikan pada corak tubuhnya, serta terdapat benjolan (benjol kelam) pada bagian kepalanya. Habitat aslinya berada di negara malaysia dan juga taiwan, Namun dengan banyaknya penggemar ikan hias di seluruh dunia, Maka semakin menyebar lah ikan lou han. Di Indonesia sendiri terbilang tidak terlalu sulit untuk menemukan atau mungkin hanya ingin sekedar melihat ikan louhan di beberapa toko-toko ikan hias yang ada.


Ciri-Ciri Khusus Ikan Louhan :
  • Ciri paling khas dan umum dari ikan louhan adalah terdapat benjolan atau gundukan di bagian kepalanya dan benjolan ikan louhan jenis jantan lebih besar jika dibandingkan yang betina.
  • Seluruh tubuhnya terdapat bintik-bintik kecil dan tampak seperti mutiara dan ukuran sirip nya juga cukup lebar. Ia memiliki beberapa bagian sirip yaitu, Sirip punggung, dada, perut, bawah dan sirip ekor.
  • Ikan louhan identik dengan warna sisik yang beragam dan juga cerah , Serta pada bagian tengah tubuh atau kulit ikan louhan, Umumnya mereka memiliki sisik yang berwarna hitam memanjang (Horizontal)
  • Ukuran kepalanya tampak kecil serta bibir terlihat monyong atau manyun dan agak tebal, Sekilas mirip dengan bibir ikan mas.
  • Mata ikan louhan umumnya terlihat berwarna merah, cukup besar, jelas, dan juga tampak bulat dan dahinya sedikit menonjol kedepan dan secara umum ekornya lebar dan tampak seperti ekor yang ada pada ikan mujair.
  • Berdasarkan makanannya, Ikan Louhan adalah ikan cichlid (Siklid) dan termasuk dalam kategori ikan karnivora atau pemakan daging.
  • Ikan louhan berkembang biak dengan cara bertelur (Ovipar)

Ikan Louhan merupakan jenis ikan yang agresif dan teritorial (mempertahankan daerah kekuasaannya), sehingga ikan ini acap kali berkelahi dengan ikan lain yang ditempatkan dalam satu wilayah dengannya. Meskipun demikian, louhan termasuk ikan yang mudah di ternakan. Untuk dapat melakukan pemijahan, diperlukan louhan betina berukuran minimal 10 cm dan louhan jantan yang lebih besar.

Perbedaan antara louhan jantan dan betina dapat dilihat dari kedekatan genetiknya. Untuk louhan keturunan Cichlasoma trimaculatum jika pada sirip punggungnya terdapat bintik hitam maka louhan tersebut berjenis kelamin betina. Apabila pembedaan secara fisik sulit dilakukan maka pembedaan jenis kelamin dapat dilakukan dengan cara yaitu mengamati organ kelamin louhan yang bersangkutan.

Awal kemunculan ikan louhan sekitar tahun 1993an, setahun setelah itu kelahiran ikan louhan ditandai dengan di datangkannya hasil hibrida parrot cichlid dari taiwan ke malaysia dan genus Amphilophus (iblis merah Cichlid) yang didatangkan dari Amerika Tengah ke Malaysia kemudian kedua jenis ikan tersebut dibesarkan secara bersamaan.


Perkawinan silang dilakukan lebih lanjut dengan jenis Human Face Red God of Fortune pada tahun 1995, hasil persilangan ini menghasilkan jenis baru yang diberi nama Five Colors God of Fortune. Keindahan warna louhan jenis ini sangat mempesona sehingga lebih cepat populer ke seantero jagad.

Sampai sekitar tahun 1998an persilangan demi persilangan dilakukan secara selektif guna menghasilkan jenis yang lebih sempurna, hibrida flowerhorn Hua Lou Han merupakan generasi pertama yang diperkenalkan yakni hasil persilangan ikan dari taiwan Jin Gang Blood Parrot dengan ikan yang di impor dari Amerika Tengah Greenish Gold Tiger (Seven Colors Blue Fiery Mouth) setelah itu flowerhorn jenis berikutnya mulai diperkenalkan.

Saat ini terdapat 5 jenis ikan louhan lokal Indonesia, ke-5 jenis ikan louhan yang berhasil di budidayakan oleh peternak indonesia yakni louhan cencu, louhan kamfa, louhan SRD, louhan kemalau dan louhan bonsai. Namun jumlah jenis ikan louhan lokal tidak menutup kemungkinan akan semakin bertambah, hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya breeder yang terus bereksperimen mengawin-silangkan louhan untuk mendapatkan louhan jenis baru dengan kualitas unggulan.




Referensi :
http://sikpas.blogspot.com/2015/10/morfologi-dan-klasifikasi-ikan-lou-han.html
https://www.ciri-ciri.id/2018/03/ciri-ikan-louhan.html
https://www.majalahikan.com/2016/03/ikan-louhan-asal-muasal-dan-ciri.html
https://ikan-ikan.com/jenis-ikan-louhan/



 pasang iklan


No comments: