Kerupuk Amplang Ikan Cemilan Khas Dari Kalimantan



 pasang iklan


 pasang iklan

Amplang adalah kerupuk khas kalimantan yang saat ini sangat di sukai dan dapat menjadi oleh oleh apabila berkunjung ke luar daerah. Bentuk dan warnanya tidaklah menarik tetapi jika sahabat dapat merasakan rasa gurih yang ada pada amplang pasti akan ketagihan. Amplang paling cocok dimakan bersama dengan nasi, sayur dan lauk di meja makan. Nafsu makan sahabat akan semakin bertambah apabila amplang ada di samping.


Amplang terbuat dari daging ikan yang digiling halus dengan campuran tepung sagu. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tenggiri, gabus (haruan), atau belida (ikan pipih). Setiap jenis ikan tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Jenis ikan yang dianggap terbaik adalah ikan belida karena rasa gurihnya yang lebih enak dan tekstur daging yang lembut saat dihaluskan.

Proses pembuatan kerupuk ini relatif sederhana, tetapi sentuhan yang berbeda dari setiap pembuatnya menciptakan kekhasan tersendiri dari setiap produsen. Langkah pertama, ikan yang telah dibersihkan dari sisik dan duri digiling hingga halus. Daging yang telah halus diberi garam, bumbu-bumbu, serta air hingga rata. Lalu, dimasukkan tepung sagu dan diuleni hingga kalis. Adonan tersebut kemudian direbus atau dikukus selama kurang lebih satu jam, lalu dijemur agar menghasilkan amplang yang bagus saat digoreng.

Tahap selanjutnya adalah pemotongan dan penggorengan amplang. Adonan yang masih berbentuk gumpalan besar tadi diiris tipis, lalu dipotong memanjang atau berbentuk dadu dengan ketebalan sekitar 0,5-1 centimeter. Potongan-potongan ini digoreng dengan minyak panas hingga mengembang dan berwarna kuning kecokelatan. Setelah ditiriskan, amplang dapat disimpan dalam wadah tertutup agar tetap renyah dan tahan lama.

Seiring waktu, setiap produsen memiliki cara tersendiri dalam berinovasi dengan produk amplang buatannya. Di antaranya ada yang mengemas amplang dalam plastik aluminium foil yang membuatnya terlihat lebih elegan. Ada pula yang menambahkan rasa artifisial seperti barbecue, ayam bawang, lada hitam, serta rasa-rasa lainnya. Apapun inovasinya, kerupuk ini memang layak menjadi suguhan favorit bagi rekan dan kerabat di kampung halaman. Berikut sekilas bahan dan cara pembuatan kerupuk amplang :

Bahan dalam membuat kerupuk amplang ikan :
  • 1 kg Daging Ikan Tenggiri/ gabus/ belida
  • 2 kg Tepung Tapioka
  • Air 750 ml
  • 4/5 ons Garam
  • Bumbu penyedap secukupnya
  • 5 siung Bawang Putih
  • Tambahkan Cita Rasa seperti Udang ebi, keju, pedas, atau yang anda sukai.
  • Minyak goreng

Cara Membuat Kerupuk Amplang Ikan :
  • Pertama adalah haluskan atau giling daging ikan yang sudah anda siapkan di atas.
  • Setelah itu campurkan daging ikan yang sudah anda haluskan tadi dengan tepung, air, garam serta penyedap yang anda inginkan. Kemudian aduk semua bahan tadi secara merata.
  • Bentuk adonan di atas dengan bentuk memanjang atau sesuai keinginan anda.
  • Potong adonan yang sudah anda bentuk tadi sesuai keinginan anda.
  • Kemudian goreng kerupuk yang sudah anda potong tadi dalam minyak yang panas dan banyak selama 30 menit hingga kerupuk mengering dan mengapung. Untuk menghindari gosong atau hangus, sebaiknya anda terus mengaduknya ketika anda sedang menggoreng agar terhindar dari gosong tersebut.
  • Angkat kerupuk amplang yang sudah anda goreng tadi dan tiriskan hingga kering dan tidak tersisa minyak agar nantinya bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.
  • Amplang sudah siap untuk dihidangkan atau dikemas.

Amplang merupakan salah satu cemilan yang banyak digemari orang selain rasanya enak pembuatannya cepat dan praktis sebab tidak perlu melalaui proses penjemuran yang panjang seperti kerupuk umumnya, Saat lebaran menjadi cemilan lebaran tanpa oven dan praktis karena ini adalah cemilan lebaran yang digoreng saja.

Amplang yang enak ditentukan bahan utamanya yaitu daging ikan yang digiling halus, mutlak diperlukan daging ikan yang segar agar aroma ikannya tidak amis atau malah busuk, kwalitas ikan yang kurang segar juga berdampak pada cita rasanya.


Amplang Obic Produsen Ketapang
Kabupaten Ketapang merupakan salah satu daerah kunjungan wisata di Kalimantan Barat. Sebagai daerah kunjungan wisata, 'Bumi Kayong' tidak hanya memiliki keindahan dan pesona objek wisatanya saja yang molek dan menawan, melainkan juga kekhasan dari makanan daerahnya yaitu kerupuk amplang yang dapat dijadikan sebagai buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung.

kerupuk amplang memang banyak diminati masyarakat, baik masyarakat Ketapang sendiri maupun masyarakat luar. "Setiap orang yang datang berkunjung ke Ketapang sudah pasti akan mencari amplang untuk oleh-oleh sanak famili, kerabat, teman dan rekan kerja. Sekian artikel singkat tentang Kerupuk Amplang Ikan Cemilan Khas Dari Kalimantan, semoga bermanfaat!!




 pasang iklan

No comments: