Mengenal Beberapa Jenis Ikan Louhan Populer



 pasang iklan


 pasang iklan

Bagi masyarakat tertentu ikan louhan ini dipercaya sebagai pelindung bagi siapa saja yang memeliharanya. Kecantikan warna sisik dan keunikan bentuk dahinya membuat banyak orang yang menyukai ikan hias yang satu ini. Satu hal yang paling unik dan fenomenal dari ikan louhan ini adalah sisiknya yang terkadang terdapat motif berupa huruf latin/mandarin/angka yang unik. Tak heran motif-motif unik ini dijadikan dasar kepercayaan bahwa ikan louhan ini tak lain adalah ikan pembawa “hoki” bagi si pemiliknya.


Beberapa jenis-jenis ikan louhan yang mungkin bisa dikatakan terbaik didunia, di antaranya adalah jenis Ikan louhan Kamfa (Golden Flower), Cencu (Zenzhu), Super Red Texas (SRT), Golden Red, Rainbow King, Strom, Super Red Synspillum (SRS) dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa jenis ikan louhan :

Ikan Louhan Kamfa 

Salah satu jenis ikan louhan yang sangat populer dikalangan pecinta ikan hias air tawar adalah ikan louhan kamfa, di masa keemasannya ikan louhan kamfa dewasa harganya bisa mencapai 10 jutaan. Bentuk tubuhnya yang elegan di padu dengan warna yang cantik pada tubuhnya menjadi faktor utama tingginya harga ikan ini, Thailand adalah negara pertama yang memperkenalkan ikan louhan kamfa.


Ciri – Ciri Ikan Louhan Kamfa

Warna mata ikan louhan kamfa pada umumnya kuning keputihan, namun untuk yang kualitas super warna matanya merah terang. Sangat langka memang mendapatkan anakan louhan kamfa yang bermata merah terang, sekalipun dapat harganya pasti mahal. Bentuk mata ikan louhan kamfa agak cekung kedalam dan berukuran kecil.

Ukuran anakan ikan louhan kamfa lebih panjang dari ukuran anakan ikan louhan lainnya dan bentuk badannya agak persegi. Ciri lainnya ukurun sirip ikan louhan kamfa melebar dan lebih panjang.

Ukuran sisik ikan louhan kamfa lebih tebal dan besar dibanding ikan louhan jenis lainnya, dan ini merupakan salah satu faktor yang menjadikan nilai ikan louhan kamfa lebih tinggi dari louhan jenis lainnya. Ditambah pola corak warnyanya yang menyerupai bunga yang tertata rapih dan lebih besar dari pola corak ikan louhan jenis lainnya.

Bibir ikan louhan kamfa sangat mudah untuk dikenali, karena bentuk bibir louhan kamfa sama besar antara bibir atas dan bibir bawahnya. Sangat berbeda dengan ukuran bibir ikan louhan jenis lainnya, yakni bibir bawah rata-rata lebih besar dari bibir atas.

Saat masih anakan, ikan louhan kamfa memiliki warna dasar merah dan hijau kekuningan, warana dasar ini hampir sama dengan ikan louhan cencu.

Ikan louhan kamfa umumnya terbagi menjadi 4 kelas, yakni king kamfa, kamfa klasik, kamfa modern dan kamfa thailand. Berikut adalah ciri-ciri dan harga ikan louhan kamfa tersebut.

Louhan King Kamfa


Ikan louhan king kamfa dewasa harganya mencapai 4,5 juta, sedangkan yang masih anakan ikan louhan king kamfa dibandrol kisaran 600ribu. Hal ini menjadikan ikan louhan king kamfa sebagai jenis louhan termahal di antara jenis kamfa lainnya. Terlebih yang sudah sering memenangi kontes harganya bisa puluhan bahkan ratusan juta. Ciri khas dari louhan king kamfa adalah tonjolan atau jenong pada kepalanya berwarna merah dan cenderung lebih besar dibanding louhan jenis lainnya, mutiara di sekujur tubuhnya lebih rapih dan lebih besar, sampai-sampai ikan ini terlihat berwarna silver, karena hampir sekujur tubuhnya tertutup bintik-bintik mutiara yang sangat banyak.

Louhan Kamfa Modern

Ikan louhan kamfa modern memiliki ukuran tubuh lebih kecil begitu juga dengan tonjolan (jenong) pada kepalanya lebih kecil jika dibanding dengan ikan lohan jenis kamfa klasik, sedangkan warna tubuh louhan kamfa modern hampir sama dengan ikan louhan kamfa klasik.walaupun ukuran tubuh dan tonjolan pada kepalanya lebih kecil, namun harga ikan louhan kamfa modern lebih mahal dibanding dengan louhan kamfa klasik, sebab louhan kamfa modern tergolong langka, dan memiliki corak warna yang paling cantik dibanding dengan louhan kamfa lainnya. Dipasaran ikan hias louhan kamfa modern ukuran dewasa dibandrol sekitar 4 jutaan sedangkan ukuran anakan pasarannya kisaran 500 ribuan.

Louhan Kamfa Klasik

Ikan louhan kamfa klasik pada bagian tengah tubuh hingga ekornya berwarna silver agak putih sedangkan pada bagian kepala hingga tengah tubuhnya berwarna merah, kedua warna tersebut merupakan ciri khas ikan louhan kamfa klasik. Walau terkadang ada juga yang warnanya merah dan kuning. Pola corak bintik-bintik silver atau mutiara pada kamfa klasik hanya terdapat pada bagian tengah hingga ekornya saja, selain itu ukuran mutiaranya pun lebih kecil. Anakan ikan louhan kamfa klasik di pasaran harganya kisaran 400ribuan sedangkan yang dewasa di bandrol sekitar 3 jutaan perekor

Louhan Kamfa Thailand

Ikan louhan kamfa thailand dewasa bisa di beli dipasaran dengan harga kisaran 2,5 jutaan. Sedangkan yang masih anakan harga ikan louhan kamfa dibandrol sekitar 200 ribuan. Nama kamfa thailand diambil dari tempat asal jenis louhan ini dibudidayakan. Kamfa thailand adalah hasil persilangan ikan louhan cencu dengan ikan louhan kamfa. Louhan kamfa thailand memiliki benjolan (jenong) yang tidak terlalu besar pada kepalanya. Merah pudar adalah warna tubuh ikan louhan kamfa thailand. Dengan marking pola bunga hitam dari benjolan kepala sampai ekornya. Sebab warnanya yang pudar dan benjolannya yang lebih kecil menjadikan ikan ini paling murah dibanding ikan louhan kamfa jenis lainnya.

Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Ikan Louhan SRD atau Ikan Louhan Super Red Dragon adalah jenis louhan hasil budidaya peternak asal thailand. Warna merahnya yang tajam dan terang dari kepala hingga bagian tengah tubuhnya merupakan ciri khas ikan louhan jenis ini. Efek perpaduan bintik-bintik silver (mutiara) dengan warna merahnya sangat kontras sehingga memberi kesan warna merah pada tubuhnya semakin menyala, selain itu kecantikan louhan SRD bertambah nilainya dengan tambahan motif bunga berwarna hitam (marking) di sepanjang tubuhnya. Tidak sampai disitu, umumnya louhan jenis ini benjolan (jenong) dikepalanya sangat bagus, yakni bulat dan besar atau dalam istilah ikan louhan bentuk kepala louhan SRD tergolong jenis water head.


Louhan SRD sangat familier dikalangan pecinta ikan louhan Asia, baik di Malaysia, Singapore dan Indonesia, bahkan louhan SRD juga sangat populer di kalangan pecinta ikan louhan di eropa. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya situs luar negri yang membahas dan memposting louhan SRD. Dengan sederet nilai plus dan popularitas yang dimiliki Louhan SRD tak heran jika louhan jenis ini tergolong jenis louhan yang bergengsi sekaligus berkelas, tidak berlebihan jika dipasaran harganya pun tergolong mahal, untuk anakan ikan louhan SRD harganya sekitar 1-2 juta sedangkan yang dewasa dibandrol kisaran 4-5 juta, dengan catatan semakin besar benjolan (jenong) dikepalanya maka harganya cenderung lebih mahal.

Ikan Louhan Cencu

Ikan louhan cencu bisa dipastikan terdapat marking dikepalanya, sebab leluhur utama louhan cencu adalah amphilophus trimaculatus. Oleh sebab itu marking pada kepala bisa dibilang menjadi ciri khas ikan louhan cencu yang paling utama.


Ikan lohan cencu memiliki sirip yang lunak, keindahan siripnya akan semakin terlihat saat bertambah panjang dan agak lebar. Sirip louhan cencu akan mengalami perubahan pada siripnya yakni menjadi sedikit kuncup pada saat usianya bertambah tua, mirip ikan cupang (betta fish).

Agak sulit untuk bisa mengetahui kelamin louhan cencu. Namun ada beberapa cara pengamatan yang bisa dilakukan agar kita bisa mengetahui jenis kelamin louhan cencu. Misalkan dengan cara melihat sirip bagian atasnya , jika ada spot hitam pada sirip bagian atasnya bisa disimpulkan itu adalah louhan cencu betina (leluhur amphilophus trimaculatus). Namun untuk louhan cencu marking ganda (double grade) hal ini tidak berlaku juga pada louhan chinghwa. Karena kedua louhan tersebut merupakan hasil perkawinan silang yang berbeda dengan louhan cencu.

Pembagian kelas juga berlaku pada louhan cencu, umumnya di kenal dengan grade A,B dan C. Pembagian grade ini di nilai berdasarkan garis marking pada bodi. Jika marking yang dimiliki sepanjang badan, yakni dari ekor sampai pipi maka louhan cencu tersebut masuk kedalam grade A, untuk grade B marking yang dimiliki hanya setengah badan sedangkan grade C hanya memiliki 1 atau 2 marking pada tubuhnya.

Ikan Louhan Cencu Modern


memiliki mutiara yang dominan disekujur tubuhnya hingga ke pipi, untuk yang kualitas tinggi bahkan mutiara juga terdapat pada benjolan di kepalanya (jenong). Bentuk tubuhnya persegi, mutiara sudah terlihat pada saat louhan cencu modern berukuran 3cm sedangkan benjolan pada kepala (jenong) mulai muncul ketika ukuran cencu modern 10cm++. Tipe benjolan kepala (jenong) Water Head, dinamakan demikian karena banyak unsur air pada jenongnya. Jika kondisi tak sesuai jenongnya dapat mengempis.

Ikan Louhan Cencu Klasik

Mutiara pada louhan cencu klasik tidak dominan, pesonanya terdapat pada warna merahnya yang cerah dan dominan, bentuk tubuh cencu klasik umumnya elipse atau agak membulat. Benjolan pada kepalanya (jenong) type sturktur tulang (bone head) dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Keunggulan louhan cencu klasik antara lain, ukuran tubuhnya bisa lebih besar dari louhan cencu modern, selain itu siripnya juga tidak mudah layu.

Ikan Louhan SRM (Super Red Magma)


Ikan Louhan SRM atau Ikan Louhan Super Red Magma tampangnya sangat mirip dengan Louhan SRD (Super Red Dragon) sedikit perbedaan yang terdapat pada 2 jenis ikan louhan ini, yang pertama benjolan dikepala (jenong) ikan louhan SRM (Super Red Magma) umumnya lebih besar dibanding Louhan SRD (Super Red Dragon). Selain itu mutiara pada tubuh louhan SRM (Super Red Magma) lebih baik dibanding Louhan SRD (Super Red Dragon) besar kemungkinan Louhan SRM ini merupakan turunan atau persilangan dari Louhan SRD (Super Red Dragon).

Ikan Louhan Bonsai

Ikan louhan bonsai adalah salah satu jenis ikan louhan yang bertubuh unik dan berwarna cantik. Sesuai dengan namanya jenis ikan louhan bonsai bagaikan pohon yang dibonsai tubuhnya tidak bisa besar seperti ikan louhan lainnya. Namun kondisi tubuh Ikan louhan bonsai yang tidak dapat membesar disebabkan oleh keunikan genetik sejak louhan bansai lahir.


Kondisinya yang unik ini merupakan daya pikat tersendiri yang menjadikan banyak pecinta ikan hias yang kepincut dan berlomba untuk menjadikan hewan peliharaanya. Jenis ikan louhan bonsai beraneka ragam seperti ikan louhan bonsai cencu, ikan louhan bonsai kamfa, ikan louhan bonsai SRD dan yang paling terkenal serta banyak dicari orang adalah jenis ikan louhan bonsai blue super dragon. Seperti namanya ikan louhan bonsai blue super dragon tubuhnya dominan berwarna biru, louhan bonsai jenis ini merupakan hasil persilangan dari louhan bonsai srd dengan ikan louhan blue. Harga anakan ikan louhan bonsai super dragon di pasaran ikan hias sekitar 200 ribu, sedangkan yang dewasa dibandrol kisaran 2 juta rupiah.

Louhan Golden Base

Louhan jenis yang satu ini memiliki ciri khas pada tubuhnya yang terdapat warna merah agar keemasan an tidak memiliki bintik hitam pada tubuhnya. Perpaduan dari warna kuning dan juga merah di bagian hampir seluruh tubuhnya itu menjadikan ikan ini sangat menarik dan juga cocok untuk di koleksi.


Ikan louhan yang satu ini hampir sama dengan jenis ikan louhan pada umumnya. Namun yang membedakannya adalah warnanya yang lebih merata dan tidak memiliki bintik hitam. Itu semua membuat ikan louhan Golden Base ini menjadi terlihat sangat kontras di bandingkan dengan yang lainnya.

Louhan Rainbow King

Louhan Rainbow king ini memiliki warna tubuh yang beragam seperti namanya sendiri, dan warna tubuhnya itu mirip dengan pelangi, karena terdapat kurang lebih ada lima warna yang berbeda yang terdapat pada tubuhnya.


Nah, keunikan pada warnanya itulah membuat ikan ini banyak dicari dan memiliki harga yang mahal, dan perlu kalian ketahui, ikan ini juga banyak sekali menjuarai kontes Internasional karena warnanya yang mempesona.

Louhan Kemalau

Perlu kalian ketahui jika kalian pecinta ikan louhan, bahwa ikan ini merupakan jenis ikan louhan yang langka, padahal peminatnya banyak sekali loh. Bahkan ikan ini tidak kalah cantik dan unik dibandingkan kebanyakan ikan louhan lainnya. Ikan ini juga memiliki harga jual yang sangat tinggi sekali bahkan sampai ada yang menjual sampai puluhan juta rupiah.


Ikan louhan kemalau ini memiliki ciri sebagai berikut:
  • Memiliki corak mutiara yang membentang di tubuhnya dari kepala sampai ekor
  • Memiliki kombinasi warna yang menarik
  • Jenong dan kepalanya memiliki warna merah tua
  • Tubuh sampai ekor memiliki warna merah muda
Ikan ini juga memiliki keunikan lain yaitu pada mutiara pada tubuhnya yang biasanya belum terlihat saat masih kecil. Dan nantinya ketika ikan ini bertambah besar sampai 5-6 cm, maka mutiara tersebut akan mulai bermunculan.

Saat ini terdapat 5 jenis ikan louhan lokal Indonesia, ke-5 jenis ikan louhan yang berhasil di budidayakan oleh peternak indonesia yakni louhan cencu, louhan kamfa, louhan SRD, louhan kemalau dan louhan bonsai. Namun jumlah jenis ikan louhan lokal tidak menutup kemungkinan akan semakin bertambah, hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya breeder yang terus bereksperimen mengawin-silangkan louhan untuk mendapatkan louhan jenis baru dengan kualitas unggulan.



Referensi :
https://ikan-ikan.com/jenis-ikan-louhan/
https://bahasikan.com/ikan-louhan-kamfa/
http://sikpas.blogspot.com/2015/10/morfologi-dan-klasifikasi-ikan-lou-han.html
https://www.hobinatang.com/2018/04/jenis-ikan-louhan-dan-harganya.html



 pasang iklan

No comments: