Mengenal Ikan Hias Black Ghost (Afteronotus albifrons) Si Hitam Penghuni Akuarium



 pasang iklan


 pasang iklan

Ikan Black Ghost (Afteronotus albifrons, Linneaus) merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai peluang bisnis yang potensial. Ikan jenis ini belum banyak dikenal oleh masyarakat tetapi saat ini beberapa pengusaha ikan hias memproduksi benih sebagai komoditas lokal maupun ekspor. 
 
 

”Black Ghost” berasal dari sungai Amazon, Amerika Selatan merupakan ikan pendamai, yang ukurannya dapat mencapai 50 cm, tubuhnya memanjang dan pipih dengan warna tubuh hitam. Ikan ini digolongkan kedalam ikan pisau (Knifefishes), karena secara keseluruhan bentuk tubuhnya menyerupai pisau melebar dari bagian kepala dan badan kemudian melancip dibagian perut. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati dengan keragaman spesies ikan hias, baik ikan hias air laut maupun air tawar. Ikan hias air laut sekitar 650 spesies, sudah teridentifikasi 480 spesies dan diperdagangkan sekitar 200 spesies. Sedangkan jumlah spesies ikan hias air tawar Indonesia diperkirakan sekitar 400 spesies dari 1.100 spesies ikan hias yang ada di seluruh dunia. Ikan hias air tawar yang dibudidayakan di Indonesia tidak hanya komoditas ikan hias lokal saja tetapi ikan hias air tawar asal impor salah satunya adalah ikan Black Ghost (Apteronotus albifrons).

Ikan Black Ghost, atau ikan hantu (ikan setan) demikian sebutannya di Indonesia, merupakan ikan hias yang berasal dari sungai Amazon, Brazil, Amerika Selatan. Ikan ini memiliki bentuk tubuh pipih dengan panjang antara 26 cm hingga 48 cm, warna tubuh biru/ungu tua hingga kehitaman. Keunikan terdapat pada goresan warna putih yang terdapat sepanjang bagian dorsal (dimulai dari bagian kepala hingga dorsal tengah) serta dua garis berwarna putih pada bagian ekornya dan bersatunya sirip dada dan sirip perutnya. Bersatunya sirip dada dan sirip perut ini menyebabkan pada saat berenang dan terdapat arus air, siripnya akan berkibar-kibar sehingga menjadi daya tarik bagi ikan ini. 

Klasifikasi Ilmiah :
Kingdom : Pisces 
Filum : Chordata 
Subfilum : Vertebrata 
Superklas : Agnatha (jawless fishes) 
Kelas : Osteichthyes (bony/teleost fishes) 
Subklas : Actinopterygii (spiny-rayed fishes) 
Super Ordo : Teleostei 
Ordo : Cypriniformes (Carp)
Sub Ordo : gymnotoidei (electric eels) 
Famili : Ateronotidae 
Genus : Apteronotus 
Species : Apteronotus albifons (black ghost knifes fishes) 
 
 

Morfologi Ikan Black Ghost
Morfologi ikan black ghost berbeda dengan ikan hias yang lain. Karakteristik ikan black ghost dapat dikatakan unik, dimana tubuh ikan black ghost seperti perpaduan ikan dan belut, ikan black ghost memiliki ciri – ciri dengan tubuh yang panjang seperti belut, sirip anal dan perut menjadi satu. Black ghost merupakan ikan yang memiliki rahang dan berduri banyak. Warrna tubuh yang hitam pekat membuat ikan ini disebut black ghost. Ciri yang lainnya adalah terdapat beberapa goresan atau garis putih pada bagian ekornya dan garis putih dari dahi hingga ke dagu (leher). Bersatunya sirip dada dan sirip perut ini, pada saat berenang dan terdapat arus air akan menyebabkan siripnya berkibar – kibar sehingga menjadi daya tarik ikan ini. Sirip tersebut membuat black ghost berenang maju maupun mundur dengan menyesuaikan arah gelombang sirip.

Black ghost memiliki tubuh yang memanjang dan pipih dengan warna tubuh hitam. Ikan ini digolongkan ke dalam ikan pisau (Knife fishes), karena secara keseluruhan bentuk tubuhnya menyerupai pisau melebar dari bagian kepala dan badan kemudian melancip dibagian perut.

Ikan ini memiliki sirip dada dan sirip perut menyatu, Sirip yang menyatu ini memanjang dari dada sampai ke pangkal ekor Ketika sedang berenang di air, sirip black ghost akan berkibar-kibar seperti bendera sehingga menimbulkan daya tarik tersendiri dari ikan ini. Black ghost memiliki sirip ekor yang mengeras seperti lidi dan terdapat garis-garis berwarna putih dengan jumlah 1 – 3 pada bagian ekor dengan bentuk tubuhnya tampak seperti lembaran daun pisang muda.

Ikan betina dan jantan dewasa memiliki perbedaan bentuk badan terutama dapat dilihat dari panjang dagunya (jarak antara ujung mulut dengan tutup insang). Pada ikan jantan, dagunya relatif lebih panjang dibandingkan dengan ikan betina. Ikan jantan relatif lebih langsing dibandingkan dengan ikan betina yang mempunyai bentuk perut yang gendut. Garis punggung pada jantan sedikit pendek dari betina, Selain itu, sirip ekor pada betina lebih sempit dari jantan. Pada induk jantan dewasa, terdapat cairan putih (sperma) apabila diurut bagian perutnya. Induk Black Ghost dapat matang telur setelah berumur sekitar satu tahun dengan panjang ± 15 cm. 

Ikan black ghost (Apteronotus albifrons) memiliki bentuk yang unik, keunikan ini dilihat dari sirip pektoral yang memanjang dan menyatu dengan sirip anal sehingga memberi kesan unik tersendiri bagi orang – orang yang melihatnya, selain itu keunikan lain yang dimiliki ikan black ghost yaitu dari warna,mikan black ghost memiliki warna dasar hitam gelap berpadu dengan warna kebiruan serta keunguan serta memiliki garis putih pada pangkal ekor dan bersifat nocturnal atau aktif pada malam hari. Disamping itu keunikan yang jelas tampak dari ikan ini yaitu dari caranya berenang, gerakan ikan black ghost saat berenang menyerupai daun yang melayang di dalam perairan, dan gerakannya pun tidak sama dengan gerakan berenang ikan – ikan pada umumnya.

Ikan black ghost berenang dengan gerakan vertikal dan sesekali berenang dengan gaya horisontal, umumnya ikan ini dapat tumbuh sampai sekitar 50 cm. Ikan ini tergolong ke dalam jenis knife fish karena bentuknya yang menyerupai pisau, selain itu ikan ini juga digolongkan ke dalam less electric fish yaitu ikan berdaya listrik lemah. Maksud dari ikan berdaya listrik lemah di sini yaitu ikan black ghost memiliki organ listrik di bagian tubuhnya, tepatnya berada pada pangkal ekor yaitu antara dua garis putih pada bagian ekor, organ listrik tersebut biasa digunakan untuk melakukan komunikasi dengan sesama jenis ikan less electric fish, keunikan lainnya yaitu letak lubang genitalnya berada tepat di belakang rahang bawahnya.  

Tingkah Laku Makan
Ikan ini tergolong ke dalam ikan nocturnal dan karnivora. Begitu aktiv pada malam hari untuk mencari makan, ikan ini biasanya makan serangga – serangga kecil, cacing sutera, cacing tanah, serta bloodworm. Ikan ini biasanya diberi makan naupli artemia pad umur 4 hari, yaitu ketika egg yolk atau kuning telur sebagai cadangan makanannya telah habis. Kemudian pemberian pakan akan dapat diselingi dengan pemberian moina atau kutu air. Pemberian makan ikan black ghost biasa dilakukan pada pagi hari jam 6 pagi kemudian diberikan pada sore hari jam 5. 

Larva ikan black ghost yang baru menetas tidak perlu diberi pakan karena masih mempunyai persediaan pakan berupa egg yolk. Pemberian pakan pada larva ikan blck ghost dilakukan setelah ikan berumur 7 – 8 hari, ikan dapat diberi pakan berupa cacing rambut. Pada umur tersebut kondisi bagian warna tubuh larva sudah berwarna hitam dan sebagian masih transparan. Ikan black ghost termasuk karnivora sehingga dapat diberikan makan berupa cacing darah ataupun jentik nyamuk. Pemberian pakan berupa cacing darah dan jentik nyamuk dapat meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan.

Ketika ikan black ghost telah berusia ± 1 tahun atau berukuran panjang minimal 15 cm maka dapat diberikan makan berupa cacing tanah sebagai makanan sehat untuk memberikan manfaat pada pembentukan sel telur yang berkualitas. Karena pemberian pakan berupa cacing darah dan jentik nyamuk dapat meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan. 

Tingkah Laku Pemijahan 
Black ghost matang gonad apabila telah mencapai umur 1 tahun atau panjang tubuh mencapai sekitar 15 cm. Dalam waktu 3 hari telur yang elah dibuahi akan menetas. Telur yang bagus yaitu berwarna kuning cerah dan diselimuti lendir. Larva black ghost yang baru menetas berwarna putih dan pada usia 7 hari warna ikan akan berubah menjadi hitam, perubahan juga diikuti dengan menghilangnya lendir.
 
 

Pembenihan ikan black ghost bisa dilakuan secara massal maupun berpasangan, pembenihan secara massal dapat dilakukan dengan memasukkan 7 ekor indukan dengan perbandingan jantan dan betina 3 : 4 kemudian dimasukkan ke dalam akuarium ukuran 60x40 cm sebagai media pemijahan. Untuk pemijahan set 1 : 1 bisa dilakukan pada akuarium ukuran lebih kecil. 

Habitat
Ikan Black ghost mempunyai sifat yang tenang, baik, dan tidak suka mengganggu ikan lain. Habitat asli ikan ini yaitu di sungai Amazon dimana ikan ini pada siang hari lebih suka bersembunyi di bebatuan, daun – daunan, akar tanaman, atau benda lainnya di dasar sungai. Ikan black ghost senang bersembunyi pada benda dengan warna yang gelap karena ikan ini tidak menyukai warna – warna cerah. Warna yang terang atau cerah tidak disukai oleh ikan ikan ini sebab ikan black ghost memiliki penglihatan yang tidak terlalu kuat untuk menahan sinar maupun warna – warna cerah. Ikan black ghost hidup dengan pH ideal sekitar 6,6 tetapi ikan ini masih berkembang dengan baik pada pH 6 – 7, suhu air optimal untuk pemeliharaan ikan black ghost berkisar 22 – 26₀C tetapi fluktuasi suhu tidak boleh terjadi di atas 5oC. Fluktuasi suhu di atas 5oC akan sangat membahayakan ikan yang sedang dibudidayakan karena dapat mengganggu metabolisme dan fisiologis ikan. 

Demikian pembahasan singkat tentang mengenal ikan hias black ghost (Afteronotus albifrons) si hitam penghuni akuarium. Dimuat berdasarkan sumber dari "https://www.academia.edu/4070489/ Tingkah_Laku_Ikan _Hias_Black_Ghost_ Apteronotus_albifrons_ & http:// eprints.umm.ac.id/53144/3/BAB%20II.pdf. Gambar dari sarch google picture "ikan black ghost, mengenal ikan balck ghos, klasifikasi ikan black ghost". Semoga bermanfaat, bisa menambah bacaan dan wawasan kita!! Terimakasih.



 pasang iklan

No comments: