Sekilas Cara Pembuatan Nugget Ikan Kakap



 pasang iklan


 pasang iklan

Nugget adalah produk olahan daging beku. Nugget ini memiliki daya simpan yang lama apabila disimpan pada freezer dapat bertahan sampai 2 minggu lamanya. Nugget merupakan salah satu lauk yang cepat saji dan populer, makanan berbalut tepung roti ini awalnya dikenal di Amerika serta negara maju lainnya. Nugget mulai berkembang di Indonesia sejak tahun 1990 an, perkembangan pasar untuk produk nugget di Indonesia ini sangat cepat, sehingga banyak produsen nugget dengan aneka jenis merk nugget bermuculan karena memang nugget ini banyak disukai sebagai lauk pauk atau pun sebagai cemilan yang enak. Dari berbagai kalangan menyukainya mulai dari anak – anak, remaja dan orang tua serta dari kalangan atas sampai menengah bawah. Sehingga peluang usaha dari nugget bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijalankan. 


Anda bisa membuat usaha nugget dari aneka jenis bahan baku salah satunya ialah menggunakan bahan baku ikan kakap yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh apalagi untuk anak – anak. Tentunya nugget ikan kakap lebih menyehatkan dan bisa menghasilkan nugget yang gurih dan enak. Pada saat mengolah nugget ini bahan baku daging harus digiling terlebih dahulu. Hal ini supaya memudahkan untuk membentuk nugget pada tahap lanjutan. 

Nugget dapat dibuat dari aneka jenis bahan baku daging seperti daging sapi, daging ayam, daging ikan dan masih banyak lagi lainnya. Namun kita akan membahas tentang usaha pembuatan nugget ikan kakap, dengan menggunakan daging ikan ini tekstur dari nugget akan sesuai dengan keinginan sebab ikan memiliki kandungan protein miofibril. 

Cara membuat serta bahan yang digunakan untuk membuat nugget ikan kakap ini sangat mudah kita jumpai. Untuk bahan baku pembuatan nugget ikan ini tentu saja adalah ikan kakap. Bahan pendukung lainnya yang digunakan untuk membuat nugget ini ialah air, garam, emulsifier, bahan pengisi atau filler dan aneka jenis bumbu – bumbu lainnya. Beberapa fungsi dari bahan – bahan ini ialah seperti air sebagai pemberi sifat berair serta meningkatkan rendemen. 

Garam berfungsi sebagai peningkat kelarutan sebab protein miofibril yang terdapat pada daging ikan ini hanya larut dengan larutan garam saja. Bumbu – bumbu seperti bawang putih merica ini digunakan untuk memberikan bau serta rasa yang membuat nugget semakin khas, bahan ini juga mampu memberikan umur panjang penyimpanan yang cukup lama. Bahan emulsifier dan pengisi yang digunakan untuk membuat nugget ikan ini ialah berupa kuning telur dan tepung tapioka yang berguna untuk mengikat lemak ataupun air. 

Berikut ini akan kita bahas mengenai bahan serta peralatan yang perlu digunakan dalam membuat nugget ikan kakap ini, yaitu : 

Bahan : 
  • 500 gr ikan kakap giling 
  • 75 gr tepung tapioka 
  • 25 gr tepung bumbu 
  • 5 – 7.5 gr bawang putih (haluskan) 
  • 4 – 5 gr merica halus 
  • 5 – 7,5 gr garam 
  • 3 butir telur 
  • 100 gr air (susu cair) Tepung panir 
Alat – alat : 
  • Pisau 
  • Penggorengan 
  • Waring 
  • blender 
  • Wadah plastik atau loyang 
  • Spatula Plastik 
Proses Pembuatan Nugget Ikan Kakap 

Proses Pengolahan Ikan 
Ikan dicuci terlebih dahulu lalu disiangi dengan membuang sisik, insang serta isi perut. Ikan dicuci bersih menggunakan air dingin, lalu ambil bagian daging ikan kakap dengan cara memfilet. Letakanlah ikan pada posisi miring kemudian dengan pisau tajam potong daging ikan ini dimulai dari pangkal insang sampai dengan tulang. Lalu daging ikan ini disayat – sayat sampai ke ekor sampai daging ikan terlepas dari tulangnya (supaya daging ikan tidak banyak terbuang maka penggunakan pisau agak ditekan). 

Baliklah ikan lalu sayat daging dari bagian pangkal ekor menuju ke arah kepala. Sisa daging yang terdapat pada pangkal tulang belakang ini bisa dikerok menggunakan pisau atau pun sendok. Pisahkan kulit serta bagian daging yang berwarna kehitaman dari daging ikan ini. Filet ikan yang didapatkan ini dicuci dari darah dan kotoran yang merekat menggunkan air yang diberi tambahan es batu. Potong filet ikan tadi dengan ukuran yang kecil – kecil supaya mudah untuk dilumatkan. Cuci lagi potongan – potongan ikan tadi untuk membersihkan kotoran dan darah yang masih menempel, kemudian tiriskan. Lumatkan potongan daging ikan tadi menggunakan mesin meat separator (pelumatan ini bisa diulang 2 sampai dengan 3 kali agar serat dari daging ikan serta duri ikan terpisah) 

Proses Pembuatan Nugget 
Gilingan ikan yang sudah halus tadi dicampur menggunakan bumbu – bumbu yang telah dihaluskan. Adonan yang sudah tercampur tadi ratakan dan tempatkan pada sebuah loyang dengan tebal 1 cm, yang sudah dialasi dengan plastik, adonan ini lalu diratakan dan ditutupi dengan menggunakan plastik lalu dikukus kira – kira 30 sampai dengan 45 menit, setelah dikukus kemudian dinginkan dan potong – potong sesuai dengan ukuran selera yang diinginkan. 

Nugget yang sudah dipotong – potong ini dimasukan di putih telur lalu gulingkan pada tepung panir, hal ini digunakan supaya dapat membentuk permukaan nugget menjadi adonan yang bagus. Nugget yang sudah dihasilkan bisa disimpan pada freezer jika tidak ingin segera digoreng, hal ini untuk membuat nugget lebih tahan lama serta tekstur nugget menjadi lebih renyah. Untuk menyajikan nugget cukup dengan menggoreng nugget menggunakan minyak makan yang dipanaskan secukupnya, goreng nugget hingga matang, kemudidan sajikan dengan saus sebagai tabahan penyedap rasa.

Demikian artikel singkat tentang cara pembuatan nugget ikan kakap, semoga bermanfaat!!



 pasang iklan


No comments: