Inilah Beberapa Keistimewaan Memelihara Ikan Hias Koi Di Jepang



 pasang iklan


 pasang iklan

Ada banyak sebab orang tertarik pada ikan hias koi, salah satu alasanya ialah ikan koi memang menawan. Warna-warni tubuh dan gerakannya yang anggun mampu membuat si empunya betah berjam-jam memandangnya. Dalam buku The Lates Manual of Nishikigoi buah karya takeo Kuroki disebutkan sedikitnya ada 10 alasan yang membuat para hobiis di jepang tertarik dengan ikan koi. Berikut adalah beberapa keistimewaan ikan koi.


Koi Merupakan Karya Seni Allah Dari Jepang
Koi di Jepang mempunyai sejarah panjang sebagai ikan peliharaan. Ikan ini diimpor ke Jepang dari tempat asalnya di Asia Tengah lewat China dan Korea. Ikan koi yang berwarna warni dilahirkan dari ikan emas berwarna hitam yang biasa untuk lauk lewat mutasi. Seperti halnya ikan-ikan lain, setelah matang kelamin ikan koi pun dipijahkan (kawin). Itulah suatu seni yang biasa dilakukan oleh orang jepang. Mereka akan berusaha menghasilkan koi secantik atau lebih cantik dari induknya. Ratrata orang jepang mempunyai kolam taman di halaman rumahnya dan tak syak lagi mereka memilih koi untuk menghuni kolamnya tersebut.

Raja Ikan Hias Air Tawar
Koi merupakan ikan hias air tawar terbesar dan merupakan ikan yang bergengsi. Kepalanya besar dengan dihiasi sepasang kumis. Mereka berenang bagaikan seorang raja dan sesekali akan melompat keluar air memamerkan sosoknya yang menawan. Ikan koi adalah raja ikan hias air tawar. Jika seseornag menempatkan ikan koi di kolam tamannya, merekan akan dapatkan sebuah kesukaan yang besar.

Ikan koi tumbuh sangat pesat. Sebagai gambaran pada tahun pertama koi akan tumbuh sekitar 10-20 cm, pada tahun kedua 24-30 cm, dan pada tahun ketiga 37-40 cm. Jika kita pelihara terus dengan baik, makan pada tahun kesepuluh dapat mencapai ukuran 55-70 cm. Yang pernah tercatat ada seekor ikan koi yang panjangnya mencapai 1-53 meter dengan berat 45 kg.

Disebut Ikan Samurai
Ikan koi terkenal sebagai ikan pemberani dan tidak takut terhadap apapun sampai mereka dibantai. Oleh karenanya, ikan koi di Jepang disebut sebagai ikan samurai. Masa hidup ikan koi umumnya sampai sekitar 70 tahun. Namun ada beberapa yang hidup bisa mencapai 200 tahun. Karena usia hidupnya bisa seperti burung bangau dan kura-kura, ikan koi juga dinamakan sebagai ikan pesta.

Di Jepang, dikabarkan ikan koi dapt berenang mendaki air terjun.Oleh karenanya ikan ini juga dianggap sebagi simbol kebangkitan di dunia. Koi juga dihidangkan pada jamuan makan malam, karena dipercaya sebagai pembawa keberuntungan.


Ikan Koi Lemah Lembut dan Jinak
Tidak terdapat bos dalam kelompok ikan koi, dan tidak ada seekor pejantan kasar yang mengganggu koi betina. Sebagai penghuni lama, ikan koi tidak akan menyiksa koi pendatang baru. Ikan koi sangat lemah lembut. Ikan koi juga jinak, jika kita memiliki ikan koi dan telah terbiasa akrab dengannya, kita bisa memberinya pakan dengan tangan kita secara langsung. Koi akan menghampiri dan menyantap pakan yang kita sodorkan tanpa tergesa-gesa. Bahkan jika kita berikan pakan agak ke sebelah atas permukaan air, ikan koi peliharaan mau mengeluarkan moncongnya untuk menyantap makanan tersebut. Koi peliharaan akan mendekat jika dipanggil namanya. Bahkan ada ikan koi yang mau meminum kopi dari pemiliknya.

Ketika kita sedang dirundung suatu masalah, baik di kantor ataupun dengan anggota keluarga, kita bisa meluangkan waktu sejenak untuk mengamati dan bercanda dengan ikan koi peliharaan. 

Tidak Memilih Perawat
Memelihara ikan koi dapat memberikan kebahagiaan seluruh anggota keluarga  Bahkan tidak jarang keluarga menganggap koi juga sebagai anggota keluarganya. Dengan demikian masalah pakan dan kebersihan kolam akan sengat diperhatikan seluruh anggota keluarga.

Seekor koi yang dipelihara si anak atau si ibu dapat menjadi kesenangan si ayah atau saudara mereka. Masing-masing koi dapat hidup damai dalam kolam yang sama. Anak, istri, dan ayah akan saling merawat dan menjaga koi kesayangannya bersama-sama. Dan ini tentunya akan menjadi kebahagiaan seluruh anggota keluarga.

Mudah Menerima Pakan 
Salah satu sebab mengapa ikan koi mudah dipelihara adalah karena ikan koi juga cukup mudah dalam menerima pakan apa saja. Koi mau menerima berbagai jenis makanan baik berasal dari hewan ataupun bahan nabait atau tumbuh-tumbuhan. Ikan koi mau menerima daging, ikan, sayur-sayuran, bahkan roti. Namun demikian untuk mendapatkan koi yang sehat dengan warna memikat kita perlu memberi ikan koi peliharaan dengan pakan buatan yang bergizi. Pakan buatan itu merupakan campuran berbagai bahan nabati dan hewani ditambah vitamin. Pakan buatan sangat positif untuk pertumbuhan warna tubuh ikan koi.

Selain pakan buatan, ikan koi juga memerlukan pakan alami yang berasal dari alam seperti udang-udangan, cacing tanah, kepiting, dan siput. Tentu jenis pakan alami tersebut cukup dengan kebutuhan dan bukaan mulut ikan koi, atau tidak diberikan dengan ukuran besar. Perbandingan bahan nabati sayuran dengan hewani berkisar 6 : 4.

Mudah Menyesuaikan Diri
Koi gampang sekali untuk menyesuaikan diri ditempat lingkunganya yang baru. Ikan ini bisa menempati hampir semua tempat. Pada saat pemindahan, jangan sampai ikan koi mengalami perubahan media air secara mendadak yang dapat mengakibatkan ikan koi stress, hendaknya saat pemindahan di lingkungan baru, penyesuaian suhu air menjadi amatan utama agar koi mudah beradaptasi dilingkungan barunya.



Beberapa peminat biasanya berkecil hari ketika akan memelihara ikan koi, karena mereka tidak memiliki cukup lahan di perkarangan. Ini keliru, karena koi tidak membutuhkan tempat terlalu besar. Lahan seluas 3.3 m sudah cukup untuk memelihara ikan koi. Malahan ada beberapa yang menempatkan ikan koi pada kolam di balkon atau lantai atas sebuah loteng. Pemeliharaan ikan koi di kolam kecil butuh perawatan air yang mumpuni seperti filtrasi dan pergantian yang terkontrol dengan baik.

Murah Namun Indah
Ikan koi yang memenangkan kontes dijepang bisa terjual dengan harga hingga lebih dari 10 juta yen atau sekitar 120 juta rupiah. Pada umumnya orang beranggapan bahwa koi sebagai ikan hias yang harganya mahal. Kendati demikian, seekor ikan koi yang baru menetas hanya dijual sekitar 5 atau 6 yen atau sekitar 80 rupiah, sedangkan yang lebih besar bisa 100 - 1000 yen. 

Kita dapat memilih ikan koi yang bagus andai kita mempunyai mata yang cukup jeli. Sebagaimana halnya pemijahannya yang gampang, pemeliharaannya pun juga mudah. Dan dalam tempo singkat kita bakal dapat menikmati keindahan-keindahannya. Pilihlah anakan yang bagus dan kita akan mendapatkan ikan koi yang hebiat yang bukan tidak mungkin bakal memenangkan kontes.

Warna-warninya Beragam
Ikan koi mempunyai corak warna yang sangat beragam. Setiap pola warna koi sangat berbeda antara satu dan koi yang lain, sehingga cukup alasan bagi pemiliknya untuk selalu bangga dengan koinya. Secantik apapun sebuah lukisan, ia benda yang statis. sedangkan ikan koi adalah makhluk hidup yang dinamis. Kita bisa menikmati kedinamisan sekumpulan koi yang berwarna-warni sebaik kita menikmati seekor koi dalam kolam kita. Corak warna koi bervariasi seiiring dengan perkembangan waktu sehari-hari, masa, dan musim.

Bisa Menjadi Teman Seumur Hidup
Sekitar 25 tahun yang lalu sangatlah sulit mempertahankan hidup ikan koi di daerah empat musim. Memasuki musim dingin biasanya koi akan berguguran karena tidak tahan dengan perubahan suhu yang mencapai beberapa derajat di bawah titik nol. Koi mudah mati sehingga tidak dapat dijadikan hewan peliharaan yang bisa bertahan sepanjang waktu.


Banyak diantara para pemelihara koi berusaha mempelajari agar ikan koi peliharaan mereka dapat bertahan hidup panjang. Beberapa problem yang sulit pun mulai bisa diatasi, sehingga kini mereka dapat memelihara dan mempertahankannya agar dapat hidup panjang. Usaha yang serius pada pembudidayaan ikan koi memungkinkan kita untuk memiliki koi yang berumur panjang. Kincinya membersihkan kolam seperti menjaga kebersihan lingkungan, dan merawat ikan koi peliharaan sebaik merawat diri sendiri.

Demikian ulasan mengenai beberapa keistimewaan memelihara ikan hias koi di jepang. Dimuat dari sumber buku dengan judul "KOI" karangan Heru Susanto, Penebar Swadaya, Jakarta, 2002. Gambar dimuat berdasarkan pencarian google gambar dengan kata kunci "ikan koi, jenis ikan koi, varietas ikan koi, ragam jenis keistimewaan ikan koi, ikan hias koi yang cantik. Semoga bermanfaat! terimakasih.



 pasang iklan


No comments: