Kandungan Gizi Ikan Tongkol dan Beberapa Bentuk Olahannya



 pasang iklan


 pasang iklan

Ikan tongkol merupakan salah satu ikan yang termasuk kedalam ikan tuna kecil, yang memiliki badan memanjang, tidak memiliki sisik dan juga mempunyai sirip punggung yang sangat keras. Ikan tongkol ini termasuk kedalam famili scombridae dengan genus euthynnus yang memiliki ukuran yang lumayan besar, dengan panjang sekitar 50-60 cm dan juga berwarna abu-abu serta memiliki daging debal berwarna merah tua. Komponen kimia utama dari daging ikan adalah air, protein dan lemak yang mencapai 98 % dari total berat daging. Selain itu, komponen ini juga sangat mempengaruhi terhadap nilai nutrisi, sifat fungsi, kualitas sensori dan stabilitas penyimpanan pada daging. Kandungan komponen kimia lainnya itu berupa karbohidrat, vitamin dan mineral berkisar 2 % yang sangat memiliki peran penting dalam biokima didalam jaringan ikan yang sudah mati. 


Kandungan gizi ikan tongkol ini berupa kadar air 71.00-76.776 %, protein 21.60-26.30 %, lemak 1.30-2.10 %, mineral 1.20-150 % dan abu 1.45-3.40 %. Secara umum bagian ikan yang dikonsumsi berkisar antara 45 – 50 %. 

Pengolahan ikan tongkol berawal dari nelayan, nelayan merupakan produsen.yang menyediakan ikan tongkol dan kemudian nelayan menjual komsumen, tetapi kebanyakan nelayan menjual hasil tangkapnya kepada punggawa dengan harga yang ditentukan oleh punggawa dan selanjutnya punggawa tersebut menjual kepada pedagang besar atau pengepul dan selanjutnya pengepul tersebut menjual kepada pedagang kecil , dan pedagang kecil tersebut menjual kepada konsumen akhir dengan harga yang cukup tinggi. 

Berikut ini merupakan beberapa olahan dari ikan tongkol yang ada di Indonesia pada umumnya: 

Abon ikan Tongkol 

Abon merupakan makanan ringan atau lauk yang siap saji. Produk olahan tersebut sudah lama dikenal oleh masyarakat umum dan bahan dasar pada pembuatan abon tersebut. Kriteria daging yang baik untuk dipakai pada pembuatan abon yaitu memiliki serat yang kasar dan tidak mengandung banyak duri. Jenis ikan yang memiliki kriteria tersebut diantaranya tuna, cakalang, tongkol, dan lain –lain. 

Ikan asin Tongkol 

Ikan asin merupakan hasil olahan dari ikan bentuk segar yang di awetkan dengan cara pemberian garam dalam jumlah tertentu dan di diamkan selama satu malam kemudian keesokanya dilakukan pengeringan di bawah sinar matahari maupun menggunakan mesin pengering khusus.  

Ikan Tongkol asap
Ikan asap adalah ikan yang diawetkan dengan panas dan asap yang dihasilkan dari pembakaran kayu keras yang banyak menghasilkan asap dan lambat terbakar. Asap mengandung senyawa fenol dan formal dehida, masing-masing bersifat bakterisida (membunuh bakteri). 

Kombinasi kedua senyawa tersebut juga bersifat fungisida (membunuh kapang). Kedua senyawa membentuk lapisan mengkilat pada permukaan ikan. Panas pembakaran juga membunuh mikroba, dan menurunkan kadar air ikan. Pada kadar air rendah bahan lebih sulit dirusak oleh mikroba. Ikan tongkol adalah salah satu ikan yang banyak di olah dengan cara di asap.  

Olahan dapur berbahan ikan tongkol 

Ada banyak olahan dapur berbahan ikan tongkol yang sering di masak. Contohnya: ikan tongkol rica-rica, ikan tongkol bumbu kuning, ikan tongkol pepes, dan masih banyak lagi. Pengelolahan merupakan salah satu untuk meningkatakan harga jual ikan tongkol dalam penjualan dan serta pengolahan berfungsi untuk menggawet ikan baik dalam pengemasan, maupun dari pengolahan baik usaha ekpor dan di gunakan sebagai kuliner masakan yang mempunyai nilai jual yang tinggi.

Demikian ulasan singkat mengenail kandungan gizi ikan tongkol dan beberapa bentuk olahannya. Tulisan dimuat dari beberapa situs website berdasarkan pencarian google dengan tema olahan ikan tongkol. Gambar di comot dari pencarian gambar google dengan kata kunci "olahan ikan tongkol, ikan tongkol asap, ikan asin tongkol, abon ikan tongkol". Sekian, Semoga menjadi bacaan yang bermanfaat!! Terimakasih.



 pasang iklan


No comments: