Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Udang Serta Manfaat Mengkonsumsinya



 pasang iklan


 pasang iklan

Udang adalah salah satu dari kekayaan laut yang banyak terdapat di Indonesia. Udang sangat nikmat di masak dalam berbagai jenis menu masakan. Diolah dengan cara apa saja, seperti digoreng, dikukus, dibakar, maupun dijadikan salad, udang memang tetap enak untuk dikonsumsi. Selain itu, udang juga dapat diolah menjadi bahan makanan lain, seperti terasi dan juga kerupuk. 


Walaupun berukuran kecil, namun ternyata nutrisi yang terdapat di dalam udang cukup banyak, mulai dari protein, kalsium, yodium, sampai asam lemak omega-3. Bila dibandingkan dengan makanan laut lainnya, kandungan merkuri dalam udang juga tergolong rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain nikmat rasanya, udang juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas.  

Salah satu manfaat mengonsumsi udang ialah kandungan proteinnya yang rendah lemak. Dalam takaran 3 ons atau kira-kira 15 hingga 16 udang besar hanya mengandung 19gram protein, 101 kalori, dan 1,4 gram lemak total. Dalam daging udang juga terkandung kalsium, potassium dan juga fosfor yang merupakan sumber vitamin A dan E yag baik untuk tubuh.  

Selain itu, lemak yang terdapat pada udang merupakan sumber lemak tak jenuh yangmana bagus untuk tubuh. Lemak tak jenuh bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam darah. Udang pun juga merupakan sumber makanan laut yang memiliki kandungan asam lemak omega 3. Lemak omega 3 alami ini diketahui dapat mengurangi resiko peradangan dan penyakit jantung.

Protein untuk Pembentukan Sel Tubuh.
Kandungan protein yang ada di dalam udang termasuk rendah lemak. Dalam 3 ons udang atau kira-kira 15-16 ekor udang besar, mengandung 101 kalori, 19 gram protein, namun hanya terdapat 1,4 gram lemak total. Protein dalam udang ini bermanfaat untuk membentuk sel tubuh. Selain itu, asupan protein juga diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memproduksi enzim, hormon, dan zat kimia lainnya dalam tubuh. Karena tubuh tidak memiliki persediaan protein, maka kamu perlu memenuhi kebutuhan protein setiap harinya melalui makanan.  

Kebutuhan protein tiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin dan usia. Remaja pria dan pria dewasa yang aktif, misalnya, membutuhkan sekitar hampir 200 gram protein sehari yang bisa dipenuhi dalam tiga kali makan. Sedangkan remaja wanita, wanita dewasa aktif, dan kebanyakan pria pada umumnya membutuhkan 170 gram protein per hari yang bisa dipenuhi dalam dua kali makan. Anak-anak, kebanyakan wanita dewasa dan lansia hanya membutuhkan protein sebanyak 140 gram setiap harinya yang bisa dibagi dalam dua kali sajian.  

Yodium untuk Membantu Produksi Hormon  
Yodium merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh, namun hanya bisa didapatkan dari asupan makanan. Yodium berperan penting untuk mendukung kinerja kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon. Tanpa asupan yodium yang cukup, kamu berisiko mengalami penyakit gondok, ketidaksuburan, penyakit autoimun dan terkena beberapa jenis kanker tertentu. Selain garam, udang juga merupakan pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan asupan yodium.  

Kalsium untuk Kesehatan Gigi dan Tulang  
Di dalam udang juga terdapat kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Namun, enggak hanya itu saja, kalsium juga masih punya banyak manfaat lainnya, seperti memengaruhi kinerja otot, hormon, fungsi saraf dan kemampuan pembekuan darah. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa kalsium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan sindrom pramenstruasi dan baik untuk menurunkan berat badan. Orang berusia 9 tahun ke atas membutuhkan asupan kalsium sekitar 1000-1300 miligram per hari, sedangkan remaja wanita berusia 9-18 tahun hanya memerlukan sekitar 814 miligram saja setiap harinya.

Asam Lemak Omega-3 untuk Kesehatan Jantung
Sama halnya dengan ikan, udang juga merupakan makanan laut yang kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Nutrisi tersebut mampu menurunkan risiko sakit jantung dengan cara mengontrol kadar trigliserida. Selain itu, asam lemak juga bermanfaat untuk mencegah radang sendi, depresi, Alzheimer, asma serta baik untuk ibu hamil.

Bahaya Mengonsumsi Udang Kebanyakan
Meskipun mengandung protein yang baik untuk tubuh, udang juga mengandung kolesterol yang tinggi. Seporsi kecil 3,5 ons udang mengandung sekitar 200 mg kolesterol bagi tubuh dalam sekali santap. Bagi orang yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit jantung, angka ini sudah memenuhi jatah asupan kolesterol untuk sehari penuh. Sedangkan untuk orang lain, angka tersebut merupakan batas wajarnya.  

Udang juga merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan sodium cukup tinggi. Mengonsumsi udang dengan jumlah yang banyak sama dengan mengonsumsi sodium kebanyakan yangmana dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi dan osteoporosis.  

Selain itu, udang merupakan hasil kekayaan laut yang sering di ekspor-impor ke berbagai wilayah di belahan dunia, sehingga seringkali udang harus diawetkan dengan menggunakan bahan-bahan tertentu yang salah satunya adalah 4-heksilresorinol, pengawet ini dipakai untuk mencegah perubahan warna pada udang.

4-heksilresorinol ini sebenarnya mengandung zat xenoestrogen yang terbukti dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita dan juga mengurangi jumlah sperma pada pria. Sedangkan menurut sebuah studi yang diterbitkan di Environmental Health mengemukakan bahwa paparan lingkungan terhadap xenoestrogen terkait dengan beberapa bahaya penyakit kanker seperti kanker paru-paru, pancreas, ginjal dan otak.  

Demikian sedikit ulasan tentang kandungan gizi udang bagi kesehatan yang bisa kami sampaikan. Dari ulasan tersebut dapat kita ketahui bahwa mengonsumsi udang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, jika udang di konsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak justru bisa berbahaya bagi tubuh. Tulisan berdasarkan https://infishta.com/blogs/kandungan-gizi-udang-bagi-kesehatan & https://www.halodoc.com/inilah-nutrisi-dan-manfaat-yang-terkandung-dalam-udang. Gambar di comot dari pencarian google gambar dengan kata kunci "Udang, Manfaat mengkonsumsi udang, kandungan gizi udang". Semoga bermanfaat!! Terimakasih.



 pasang iklan


No comments: