Inilah Beberapa Kelompok atau Golongan Ikan Berdasarkan Jenis Tipe Makannya



Jenis ikan dapat digolongkan menjadi tujuh kelompok menurut jenis makanannya, walaupun harus juga diingat bahwa beberapa jenis pola makannya berubah sesuai dengan perubahan umur, musim dan ketersediaan makanan. Perbedaan golongan ikan menurut jenis makanannya ini berkaitan antara satu golongan dengan golongan lain. 


Penggolongan berdasarkan jenis makanannya yaitu : 
  • a. Herbivora. Ikan golongan ini makanan utamanya berasal dari bahan-bahan nabati misalnya ikan tawes (Puntius javanucus), ikan nila (Osteochilus hasseli), ikan bandeng (Chanos chanos).
  • b. Karnivora. Ikan golongan ini sumber makanan utamanya berasal dari bahan-bahan hewani misalnya ikan belut (Monopterus albus), ikan lele (Clarias batrachus), ikan kakap (Lates calcarifer).
  • c. Omnivora. Ikan golongan ini sumber makanannya berasal dari bahan-bahan nabati dan hewani, namun lebih menyesuaikan diri dengan jenis makanan yang tersedia misalnya ikan mujair (Tilapia mossambica), ikan mas (Ciprinus carpio), ikan gurami (Ospronemus goramy).
  • d. Pemakan plankton. Ikan golongan ini sepanjang hidupnya selalu memakan plankton, baik fitoplankton atau zooplankton misalnya ikan terbang (Exocoetus volitans), ikan cucut (Rhinodon typicus).
  • e. Pemakan detritus. Ikan golongan ini sumber makanannya berasal dari sisa-sisa hancuran bahan organik yang telah membusuk dalam air, baik yang berasal dari tumbuhan maupun hewan misalnya ikan belanak (Mugil sp.).

Selain penggolongan ikan seperti tersebut sebelumnya, Kottelat, et al. (1993) membedakan ikan berdasarkan jenis makanannya menjadi tujuh golongan. Ketujuh kelompok ikan tersebut yaitu :
  • a. Herbivora A (endogenus). Golongan ikan yang memakan bahan tumbuhan yang hidup di air atau di dalam lumpur, misal alga, hifa jamur, alga biru. Ikan golongan ini tidak mempunyai gigi dan mempunyai tapis insang yang lembut sehingga dapat menyaring fitoplankton. Ikan ini tidak mempunyai lambung yang benar yaitu bagian usus yang mempunyai jaringan otot yang kuat, mengekskresi asam, mudah mengembang, dan terdapat di bagian muka alat pencernak makanannya. Bentuk usus ikan golongan ini panjang berliku-liku dan dindingnya tipis.
  • b. Herbivora B (eksogenus). Golongan ikan yang memakan bahan makanan dari tumbuhan yang jatuh ke dalam air, misal buah-buahan, biji-bijian, daun. Bahan makanan ini sangat penting bagi ikanikan di sungai. Oleh sebab itu hilangnya vegetasi di sepanjang tepi sungai sangat berpengaruh bagi komunitas ikan secara umum.
  • c. Predator 1 (endogenus). Golongan ikan yang memakan binatang-binatang air kecil, misal
  • nematoda, rotifera, endapan plankton dan invertebrata lain berupa detritus di dalam lumpur atau pasir.
  • d. Predator 2 (endogenus). Golongan ikan yang memakan larva serangga atau binatang air kecil lainnya.
  • e. Predator 3. Golongan ikan yang memakan binatang air yang lebih besar, misal udang, siput, kepiting kecil yang umumnya berada di dasar air.
  • f. Predator 4. golongan ikan yang memakan ikan-ikan lainnya.
  • g. Omnivora. Golongan ikan yang memakan bahan makanan yang berasal dari binatang dan
  • tumbuhan. Ikan golongan ini mempunyai sistem pencernakan antara bentuk herbivora dan karnivora.

Menentukan jenis makanan ikan tertentu secara langsung tidaklah mudah, karena usus ikan kadang-kadang kosong. Namun, pengamatan terhadap panjang usus dan hubungannya dengan panjang badan dapat membantu untuk mengetahui jenis bahan makanan yang dimakannya. Ikan herbivora, umumnya memiliki usus yang panjangnya 4-10 kali panjang badannya. Ikan predator memiliki panjang usus yang lebih pendek atau sama panjang dengan badannya. Selain penggolongan ikan berdasarkan jenis makanannya, ikan dibedakan juga berdasarkan spesialisasi dari makanannya yaitu :
  • a. Monophagus : ikan hanya mengkonsumsi satu jenis makanan
  • b. Stenophagus : ikan mengkonsumsi makanan yang terbatas jenisnya
  • c. Euriphagus : ikan mengkonsumsi bermacam-macam atau campuran jenis makanan. 

Umumnya ikan-ikan yang ada di alam termasuk ke dalam euriphagus ini. Jenis bahan makanan dan ketersediannya juga menentukan ditribusi ikan-ikan diperairan. Umumnya, semakin besar ukuran sungai semakin besar pula jumlah dan keanekaragaman ikannya; dan proporsi biomassa ikan yang bergantung kepada tumbuhan air dan tumbuhan darat semakin meningkat.

Demikian ulasan singkat tentang beberapa kelompok atau golongan ikan berdasarkan jenis makanannya. Dimuat berdasarkan sumber buku dari :
Effendie, M.I. 1997. Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusatama, Yogyakart
Kottelat, M., A.J. Whitten, S.N. Kartikasari & S. Wirjoatmodjo. 1993. Fresh Water Fishes of Western, Indonesia and Sulawesi. Periplus Editions Limited, Jakarta.
Gamabr dimuat berdasarkan penelusuran google gambar dengan kata penelusuran "jenis kelompok ikan, jenis makanan ikan, kebiasaan dan tingkah laku makan ikan, behavior ikan". Sekian, semoga dapat menjadi bahan bacaan yang bermanfaat! Terimakasih.





No comments: