Peduli Petani Di Tengah Pandemic, Yayasan Bersama Berbagi Berkat Salurkan 200 Paket Bantuan Tahap Pertama





Di masa pandemic seperti ini tentu banyak orang mulai sadar akan kepedulian terhadap sesama, garda terdepan yang berjuang untuk terus memenuhi kebutuhan pangan seantero masyarakat di Indonesia salah satunya adalah petani. Petani menjadi salah satu garda terdepan yang terus memproduksi pangan dari berbagai macam komoditas, sudah selayaknya petani juga menjadi salah satu garda yang dipedulikan saat ini. 
 
https://kitabisa.com/campaign/jagapanganindonesia

Kendala selama adanya pandemic tentu saja menurunkan produktivitas hasil pertanian mereka, harga jual panen yang tidak stabil tentu membuat petani jangan semakin terpuruk disaat seperti ini. Para Buruh Petani yang juga kehilangan pekerjaan di sawah tentu menoreh perhatian kita untuk memberikan kepedulian moral dan material untuk membantu mendukung mereka di masa pandemic ini.

Saatnya satu sama lain untuk tergerak memberikan kepeduliannya untuk para petani, kini Yayasan Bersama Berbagi Berkat (YBBB) X dunia-perairan.com menyalurkan 200 paket bantuan tahap 1 untuk membantu petani dan buruh petani menghadapi masa pandemi, berisi item lengkap beras, minyak goreng, mie instant, hand sanitizer, serta Pupuk Organik Cair (POC), di wilayah Gresik (Kecamatan Cerme) dan Sidoarjo (Kecamatan Balongbendo & Tarik), Jawa Timur. 
 
Menggandeng Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gresik, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sidoarjo, serta Himpunan Kerukunan Petani Indonesia (HKTI), penyaluran sembako yang dibagi menjadi 2 kloter berlangsung lancar pada 21 dan 22 Mei 2020. Sebanyak 200 paket bantuan tuntas disalurkan secara terorganizir untuk memastikan penerima paket bantuan tepat sasaran. 
 
Penyaluran Paket Bantuan ini merupakan bagian dari campaign #JagaPanganIndonesia yang diinisiasi oleh Yayasan Bersama Berbagi Berkat (YBBB) bekerjasama dengan KitaBisa.com. Bentuk kepedulian yang mendalam terhadap jasa-jasa petani dan buruh petani selama masa pandemi mendorong penggalangan donasi yang lebih besar dan berdampak. Patungan publik tersebut akan digunakan untuk menyokong kebutuhan pokok petani dan buruh petani, sehingga mereka tetap memiliki asa untuk menanam. 
 
Selain Gresik dan Sidoarjo, YBBB juga sudah menarget wilayah-wilayah lain untuk penyaluran sembako selanjutnya. Dana hasil donasi di KitaBisa.com akan dicairkan secara bertahap dan langsung disalurkan kepada petani yang membutuhkan dengan melakukan kolaborasi pendistribusian dengan dinas terkait, komunitas, serta relawan 
 
Jaga Pangan Indonesia adalah campaign untuk seluruh masyarakat Indonesia. Tanpa petani, mau makan apa kita? Kalo selama ini tenaga kesehatan selalu digaungkan berdiri di garda terdepan kesehatan, jangan pernah lupa kita punya petani dan buruh petani yang berdiri di garda terdepan ketahanan pangan.”, jelas Scorpi Filia Setri, pimpinan YBBB ketika ditemui di tempat terpisah. Dengan target pengumpulan donasi sebesar Rp. 10 Miliar, diharapkan paket bantuan yang diberikan dapat menjangkau lebih banyak petani di seluruh wilayah Indonesia. 
 
Yayasan Bersama Berbagi Berkat (YBBB) percaya bahwa menjaga pangan Indonesia bukan hanya tugas pemerintah atau para petani dan buruh petani saja, namun juga tugas kita semua. Oleh karena itu, YBBB masih membuka kesempatan bagi siapa pun untuk turut bergabung di patungan publik membantu petani dan buruh petani selama masa pandemi ini.  
 
Bisa langsung salurkan donasi di link berikut ini :
 
Dokumentasi penyerahan donasi di Sidoarjo dan gresik 
 






No comments: