Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Jenis Ikan Sepat Hias Cantik Untuk Mengisi Akurium dan Harganya

Ikan sepat termasuk dalam keluarga osphronemidae dan masih memiliki kekerabatan dengan ikan gurame. Ikan sepat merupakan salah satu jenis ikan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada pula beberapa jenis ikan sepat yang cantik dan unik yang biasanya diperdagangkan sebagai ikan hias. 

Ikan Sepat Hias

Ikan sepat memiliki tubuh yang pipih dengan mulut kecil yang runcing mereka memiliki sisik yang bersusun miring dengan beragam ukuran. ikan sepat memiliki ukuran tubuh maksimal sepanjang 20 cm dan mereka dapat hidup hingga enam tahun. Ikan sepat ini memiliki habitat asli di Indonesia Vietnam Thailand dan Malaysia. 

Ikan sepat ini memiliki kelemahan jika dibawa dalam perjalanan yang cukup jauh ikan ini akan sangat mudah stres bahkan hal terburuknya bisa mengalami kematian. Corak warna ikan ini cukup indah maka tidak heran jika hewan ini banyak dijadikan sebagai ikan hias. Bentuk sirip pada ikan ini seperti layaknya duri yang tipis dan sensitif, duri tersebut juga berguna untuk mendeteksi informasi dari lingkungan sekitar ikan ini berada.

Premix Aquavita Nutrisi Ikan
Perawatan ikan sepat tidaklah susah, ikan ini biasa dipelihara di akuarium dengan suhu air sekitar 24 hingga 27° Celcius. Ikan sepat memiliki sifat yang tenang dan dapat hidup damai dengan ikan jenis lain selain itu jika memelihara ikan ini dengan ikan jenis lain dalam akuarium yang sama maka sebaiknya pilih teman yang memiliki sifat tenang dan tidak agresif. Kamu juga dapat memberi tanaman air di dalam akuarium sebagai pelengkap ornamennya. 

Untuk makanan ikan sepat dapat diberi makan berupa pelet, cacing darah, Cacing kering, dan makanan ikan lainnya. Jika kamu salah satu yang ingin memelihara ikan hias ini berikut 6 jenis ikan sepat yang memiliki beragam corak yang cukup indah dan dapat mempercantik akuariummu. 

1. Ikan Sepat Siam


Jenis pertama yaitu ikan sepat siam yang mempunyai nama lain yaitu trichogaster pectoralis atau ikan air tawar sejenis dengan gurami. Ikan ini juga mempunyai nama lain yaitu Snake skin gurami atau gurami kulit ular dinamakan seperti itu karena ikan sepat siam ini mempunyai follower blank blank seperti ular pada sisi tubuhnya. Ikan ini mempunyai ukuran tubuh umumnya hanya mencapai 20 cm. Ikan sepat ini masih sering digunakan untuk konsumsi dan juga budidaya karena ikan sepat siam ini mempunyai harga yang sangat mahal apalagi jika sudah dibuat ikan sepat asin bisa mencapai Rp80.000 perkilonya.

2. Ikan Sepat Mutiara

Sepat Mutiara

Selanjutnya adalah ikan sepat mutiara yang termasuk dalam ikan sepat hias yang mempunyai pola warna berbintik hitam dan berwarna cerah dan ada garis hitam lurus di sisi tubuhnya. ikan sepat mutiara ini hidup di perairan rawa-rawa pada dataran yang rendah di Indonesia. Ikan mutiara biasanya banyak ditemukan di perairan Kalimantan dan Sumatera. Walaupun berhubungan dekat dengan jenis ikan sepat siam yang sering dikonsumsi, ikan sepat mutiara ini lebih disukai masyarakat sebagai ikan hias atau ikan peliharaan. Untuk harga ikan sepat mutiara ini cukup terjangkau yaitu berkisar 10.000 - 20.000 rupiah per ekornya.

3. Ikan Sepat Madu

Ikan Sepat Madu

ikan Sepat madu juga mempunyai nama lain yaitu gurami madu, mempunyai warna yang terang layaknya emas dan jika terkena cahaya dari lampu ekor ikan ini menjadi sangat bagus untuk menghiasi akuarium kamu. Ikan ini juga tidak agresif jadi bisa dicampur dengan jenis ikan lainnya. Harga ikan sepat madu ini sangatlah murah berkisar 3000 - 10.000 rupiah.

4. Ikan Sepat Biru

Ikan Sepat Biru

Seperti namanya ikan sepat biru ini mempunyai warna dominan biru yang sangat elegan dan juga sangat bagus untuk menghiasi akuarium kamu. Ikan ini mampu tumbuh mencapai 12 cm. Walaupun ikan ini biasa mencari makan sendiri di akuarium dengan memakan lumut namun kamu juga harus memberikan makanan tambahan agar ikan ini mampu bertahan hidup lebih lama. Harga ikan sepat biru ini sama dengan jenis ikan sepat lainnya yaitu 3.000 - 10.000 Rupiah perekornya

5. Ikan Sepat Ralis

Ikan Sepat Ralis

Sepat Ralis atau gurame Mini atau biasa disebut borgol rame dan juga gurame kerdil ini merupakan ikan jenis sepat hias yang cocok sekali jika dipelihara di akuarium atau Aquascape. Ada beberapa variasi warna untuk spesies jenis ini dari biru muda sampai merah cerah. Ikan sepat ralis merupakan ikan yang pemalu sehingga mereka akan cenderung memisahkan diri dari jenis ikan lain di akuarium. Ikan sepat ralis berasal dari perairan Bangladesh Pakistan dan India. Meskipun berada di perairan negara lain ikan sepat ini sudah banyak beredar di pasar ikan Indonesia. Mencari penjual ikan ini di toko-toko ikan hias  Indonesia gampang-gampang susah tergantung pada ketersediaannya. Harga ikan sepat ralis dibandrol mulai dari 10.000 Rupiah perekornya.

6. Ikan Sepat Padi / Rawa

Ikan Sepat Padi / Rawa


Jenis ikan sepat terakhir adalah ikan sepat padi, ikan ini sering dinamai juga dengan nama ikan sepat Ronggeng atau disebut juga dengan sepat rawa karena banyak di temukan di perairan rawa-rawa. Ikan ini mempunyai dua fungsi yaitu sebagai ikan hias dan juga sebagai ikan konsumsi. Harga ikan sepat padi ini berkisar 3.000 - 5.000 Rupiah atau kamu bisa mencarinya di sungai karena ikan jenis ini masih tergolong liar dan mudah untuk ditemukan

Demikian sedikit ulasan 6 jenis ikan sepat hias cantik untuk mengisi akuarium yang bisa kamu pelihara di rumah dan juga harganya. Ditulis dari sumber youtube video dengan judul jenis ikan sepat hias dan harganya oleh Nurazis Official. Gambar dari penelusuran google picture. Semoga bermanfaat, Terima kasih.


Tag Post : 5 jenis ikan sepat beserta harga jualnya, 5 jenis ikan sepat, 5 jenis ikan sepat beserta harganya, jenis ikan sepat, jenis ikan sepat hias, jenis ikan sepat hias air tawar, jenis ikan sepat dan harganya, jenis ikan sepat siam, jenis ikan sepat besar, jenis ikan sepat kecil, jenis ikan sepat hiasan, jenis ikan sepat malaysia, semua jenis ikan sepat, 5 jenis ikan sepat beserta harga jualnya, 5 jenis ikan sepat, 5 jenis ikan sepat beserta harganya, jenis ikan sepat termahal ikan sepat hias di akuarium, ikan sepat biru di akuarium, harga ikan sepat, harga ikan sepat hias, harga ikan sepat biru, harga ikan sepat siam per kg, harga ikan sepat siam, harga ikan sepat mutiara, berapa harga ikan sepat, harga ikan asin sepat, memancing ikan sepat, memancing ikan sepat siam, membuat perangkap ikan sepat, membedakan ikan sepat jantan dan betina, memelihara ikan sepat di aquarium, membuat umpan ikan sepat, membuat umpan ikan sepat siam, membuat bubu ikan sepat, memasak ikan sepat, memijahkan ikan sepat, membersihkan ikan sepat, membeli ikan sepat, ikan sepat hias di akuarium, ikan sepat hias besar, ikan sepat hias termahal, ikan sepat hias kuning, ikan sepat hias bertelur, ikan sepat hias biru, ikan sepat hias aquascape, ikan sepat hias kawin, ikan sepat hias galak, ikan sepat hias tanpa oksigen, ikan sepat hias makan apa, ikan sepat hias, ikan sepat hias aquarium, ikan hias sepat madu, jenis ikan sepat dunia perairan, blog dunia perairan, jenis jenis ikan blog dunia perairan, dunia perairan ikan sepat.


close